Cara Membuat Tulisan Melingkar Di Photoshop


Membuat Tulisan Melingkar Photoshop – Membuat desain grafis seperti logo, brosur, poster dan lain-lain bisa dengan menggunakan beragam software yang tersedia saat ini. Ada software berbayar hingga software gratis yang bisa kita manfaatkan. Salah satu software yang paling banyak digunakan adalah Adobe Photoshop.

Jika Anda senang melakukan edit foto atau membuat desain grafis sederhana pastinya sudah tidak asing dengan aplikasi berbayar milik Adobe ini. Dengan software Photoshop kita bisa mempercantik sebuah foto, melakukan rekayasa digital atau bahkan menambahkan elemen grafis di dalamnya. Kita juga bisa mendesain grafis dengan Photoshop. Salah satu yang bisa kita coba adalah membuat tulisan melingkar.

Kita sering menjumpai tulisan atau teks melingkar ini pada logo, stempel, poster dan lain sebagainya. Akan tetapi tidak sedikit pula yang mengetahui bagaimana cara membuatnya. Selain dengan memakai Corel Draw, kita juga bisa menggunakan Photoshop yang sudah terpasang pada PC. Lalu bagaimana caranya? Berikut adalah tutorial selengkapnya yang bisa Anda pelajari. Sebelumnya kita bahas apa saja kegunaan tulisan melingkar.

Baca juga: Cara Membuat Poster Di Photoshop

Kegunaan Tulisan atau Teks Melingkar

Tulisan melingkar bisa kita gunakan untuk beberapa keperluan. Seperti untuk membuat desain stempel, membuat font lebih unik dan cantik, hingga untuk menyesuaikan font dengan gambar. Berikut kami jelaskan masing-masing kegunaan tersebut.

Membuat Desain Stempel

Mungkin tidak banyak yang tahu bagaimana desain stempel dibuat. Ketika ingin membuat stempel, kita perlu membuat gambar atau desain dari stempel yang diinginkan. Kita bisa menggambarnya di atas kertas atau memanfaatkan bantuan software desain.

Kebanyakan desain stempel yang ada saat ini selalu memiliki tulisan atau teks yang dibuat melingkar. Maka dari itu penting untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya.

Mempercantik Tulisan

Umumnya sebuah tulisan ditulis secara horizontal atau mendatar. Jika berbicara soal desain grafis, maka kita bisa memvariasikan bentuk tulisan tersebut. Salah satunya adalah dengan membuatnya melingkar. Dengan proporsi yang tepat kita akan mendapatkan tulisan melingkar yang menarik.

Selain itu tulisan melingkar juga bisa dipakai untuk semacam pengingat atau mempertegas isi pesan. Misalnya pada brosur kita buat tulisan melingkar dengan tulisan “gratis tidak dipungut biaya” atau “harga termurah khusus periode xxx”.

Menyesuaikan Font dengan Gambar

Terkadang tidak semua gambar bisa disisipi tulisan. Sebab area yang tersedia terbatas sehingga tidak memungkinkan untuk ditambahkan tulisan mendatar. Untuk menyiasatinya kita bisa menggunakan tulisan melingkar, sehingga tulisan yang ingin disisipkan bisa pas ke dalam gambar tersebut.

Membuat Tulisan Melingkar di Adobe Photoshop

Setelah mengetahui apa saja kegunaan dari tulisan melingkar, pada tahap selanjutnya kita praktekkan bagaimana cara membuat teks melingkar di Photoshop. Sebelumnya pastikan Anda sudah menginstal Adobe Photoshop di PC. Versi yang digunakan bebas. Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop CS, atau bahkan Adobe Photoshop CC 2018. Dan yang tak kalah penting pastikan Photoshop bisa berjalan dengan baik pada PC atau notebook Anda.

Dalam membuat tulisan melingkar kita bisa menggunakan tools yang sudah terpasang pada Photoshop. Sehingga kita tidak membutuhkan tools tambahan lagi. Ada dua cara yang dapat dimanfaatkan, yakni dengan memakai Ellipse Tool dan Pen Tool. Berikut kami jelaskan satu per satu.

Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop dengan Ellipse Tool

Pertama-tama kita bahas cara membuat teks melingkar dengan bantuan Ellipse Tool. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka software Photoshop yang terinstal pada PC atau laptop Anda.
  • Setelah terbuka tekan tombol Ctrl + N pada keyboard atau buka File dan klik opsi New untuk membuat file baru. Pada kotak dialog New Document kita diminta untuk menentukan nama, dimensi, resolution, hingga background. Sebagai contoh isilah kolom-kolom yang tersedia sesuai gambar berikut.

  • Jika sudah silakan klik tombol OK atau Create.
  • Buat dua garis bantu horizontal dan vertikal. Caranya klik menu View dan pilih New Guide. Anda bisa mengisi bebas pada bagian position. Pada contoh ini kita isi bagian Position dengan 50% baik pada orientasi Horizontal maupun Vertical.

  • Dengan demikian kedua garis tersebut akan saling bersimpangan dan kita bisa mengetahui titik pusatnya. Tampilannya akan seperti berikut.

  • Silakan pilih Ellipse Tool yang berbentuk lingkaran. Lalu pada pojok kiri atas klik opsi Path.

  • Arahkan pointer mouse ke titik pusat kanvas yang merupakan perpotongan garis horizontal dan vertikal, lalu klik titik tersebut. Maka akan muncul kotak dialog Create Ellipse. Silakan isi kolom Width dan Height sesuai keinginan. Pada contoh ini kita isi 200 px pada keduanya. Setelah itu klik tombol OK. Di samping cara itu Anda juga bisa tekan tahan tombol Shift di keyboard, lalu drag mouse ke arah sembarang hingga terbentuk lingkaran baru. Jika sudah lepaskan tombol keyboard maupun mouse.

  • Sebuah path dengan bentuk lingkaran akan terbuat.
  • Langkah selanjutnya adalah mengetik teks yang diinginkan. Caranya pilih Horizontal Type Tool.

  • Jika ingin membuat teks yang kita ketik memiliki bentuk melengkung atau melingkar, arahkan pointer di atas path lingkaran yang kita buat tadi dan klik di perpotongan antara garis bantu vertikal dan path lingkaran.
  • Selanjutnya ketikkan teks atau tulisan yang diinginkan. Secara otomatis teks tersebut akan mengikuti bentuk path lingkaran.

  • Jika sudah buat lagi path berbentuk lingkaran yang lebih besar dan menyamai tinggi teks yang kita ketik sebelumnya. Caranya sama seperti saat membuat path lingkaran di atas. Untuk width dan height sebagai contoh dibuat 250 px.
  • Kita bisa mengubah ukuran lingkaran tersebut, baik diperbesar maupun diperkecil. Caranya klik kanan mouse pada lingkaran tersebut dan pilih Free Transform Path. Maka akan muncul garis bantu persegi.
  • Sesudah itu tekan dan tahan tombol keyboard Shift + Alt, klik salah satu sudut dari path lingkaran tersebut dan drag atau tahan dan geser untuk memperbesar maupun memperkecil ukurannya.

  • Teks yang ingin dibuat melengkung atau melingkar tidak harus diletakkan di sisi atas lingkaran. Anda bisa meletakkannya di samping ataupun di bagian bawah. Apabila teks terbalik, silakan klik atau pilih Path Selection Tool, atau klik tombol A pada keyboard. Kemudian klik tab Path dan sorot atau aktifkan kedua path yang ada. Di tengah teks yang terbalik akan muncul titik hitam. Arahkan pointer ke titik tersebut, klik dan drag ke atas atau ke arah dalam untuk membalik tulisannya.

Baca juga: Ukuran Kertas A4 Di Photoshop

Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop dengan Pen Tool

Pen Tool memungkinkan kita untuk membuat bentuk yang beragam, tidak harus lingkaran. Sehingga alur teks bisa lebih beragam. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buat kertas baru dengan ukuran sesuai standar atau sesuai keinginan.
  • Selanjutnya klik tombol Pen Tool atau tekan tombol P pada keyboard.

  • Buat garis baru sesuai keinginan, bisa melingkar, lalu sambungkan poin pertama ke poin lainnya.

  • Klik tool Horizontal Type Tool, lalu arahkan kursor ke bagian garis yang kita buat tadi. Silakan ketikkan teks yang diinginkan.



Leave a Comment