Cara Membuat Tulisan Melengkung Di Corel Draw


Membuat Tulisan Melengkung Corel Draw – Saat ini keahlian desain grafis menjadi salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan. Sebab banyak sekali pekerjaan yang bersinggungan langsung dengan desain grafis. Mulai dari portal berita online, media televisi, perusahaan yang memasarkan produk-produk, hingga UMKM.

Desain grafis ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari desain produk, desain iklan, promosi dan lain sebagainya. Maka dari itu keahlian ini menjadi salah satu yang paling diminati oleh masyarakat luas, terutama generasi muda.

Berkat kemajuan teknologi yang pesat saat ini kita tidak kesulitan untuk mendapatkan software untuk membuat desain grafis. Cukup banyak sarana atau program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat desain grafis. Salah satu yang populer di Indonesia adalah Corel Draw.

Apa itu Corel Draw

Corel Draw adalah aplikasi desain grafik 2D dan 3D yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak Corel yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Editor grafik vektor ini menjadi satu dari sekian software yang paling sering digunakan oleh kreator.

Baca juga: Cara Mengatasi Corel Draw Tidak Bisa Save

Kelebihannya terletak pada kemudahan pengoperasiannya. Corel Draw sangat mudah untuk dipelajari dan dipahami oleh orang awam. Sehingga mereka akan cepat beradaptasi dengan tool-tool yang ada di dalam software ini.

Tidak hanya itu, tutorial menggunakan Corel Draw juga banyak bertebaran. Sehingga saat tidak tahu bagaimana cara membuat sesuatu dengan Corel Draw, kita bisa mencarinya di Google atau di situs berbagi video seperti Youtube jika ingin tutorial berupa video.

Membuat Tulisan Melingkar dan Melengkung di Corel Draw

Pada kesempatan kali ini caraharian akan menjelaskan bagaimana cara membuat tulisan melingkar atau melengkung di Corel Draw. Anda pasti sudah familiar dengan tulisan seperti ini. Biasanya tulisan melengkung atau melingkar ini dijumpai pada stempel atau bahkan logo-logo perusahaan.

Sebenarnya membuat tulisan melengkung bisa menggunakan software-software lain. Misalnya Adobe Illustrator atau Adobe Photoshop. Akan tetapi jika Anda familiar dengan Corel Draw dan sedang membuat desain grafis yang mengharuskan memasukkan teks melengkung, maka Anda bisa membuatnya langsung di Corel Draw.

Bagaimana cara membuatnya? Berikut tutorial selengkapnya untuk Anda.

  • Buka Corel Draw yang terinstal pada PC atau notebook Anda.
  • Buat lembar kerja baru atau buka file lain yang ingin ditambah teks melengkung.
  • Langkah selanjutnya buat garis berpola pada lembar kerja. Kita bisa menggunakan Bezier Tool atau lingkaran (ellipse tools), tinggal pilih sesuai kebutuhan saja. Misalnya pada contoh ini kita buat garis bergelombang dan satu lingkaran oval. Lalu jangan lupa untuk menambahkan tulisan yang ingin dibuat melengkung. Kurang lebih tampilannya akan seperti gambar berikut.

  • Kemudian klik teks yang akan diubah bentuknya.
  • Selanjutnya klik menu bar Text dan pilih opsi Fit Text to Path.

  • Kursor akan berubah menjadi anak panah kecil. Sorot ke pola atau garis yang Anda buat sebelumnya, kemudian klik kanan pada pola tersebut.

  • Ulangi langkah di atas jika ingin membuat teks dengan bentuk melingkar atau oval.
  • Kita bisa membuat teks melengkung ke atas, samping, ataupun ke bawah. Hanya saja jika kita klik bawah lingkaran, maka tulisannya akan menjadi terbalik. Tampilannya kurang lebih seperti gambar berikut.

  • Tidak perlu bingung, kita bisa mengaturnya dengan memanfaatkan tool yang ada di bar atas.

  • Seperti yang Anda lihat, bentuk teks akan mengikuti pola garis yang kita pilih. Setelah selesai Anda bisa menghilangkan garis pola tersebut. Caranya klik garis yang ingin dihilangkan, kemudian klik kanan kotak silang (X) atau kotak yang dicoret merah yang ada di menu color. Menu ini bisa Anda lihat di sisi samping kanan.

Jika Anda ingin memisahkan objek dengan teks tulisan, Anda bisa mengklik menu Object dan klik opsi Break Text Apart.

Itu beberapa langkah sederhana untuk membuat tulisan melengkung dan melingkar di Corel Draw. Selain cara di atas masih ada cara lain yang bisa kita gunakan.

Keterangan Properties Bar

Corel Draw mempunyai properties bar yang bisa kita manfaatkan untuk mengatur beberapa hal dari desain yang kita buat. Saat membuat tulisan melengkung ataupun melingkar, porperties bar yang muncul adalah sebagai berikut.

Keterangan:

  1. Text orientation: fungsinya untuk menentukan bagaimana teks ditekuk untuk mengikuti jalur atau path.
  2. Distance from path: adalah menu yang dipakai untuk menentukan jarak antara teks dan jalur atau path.
  3. Offset: merupakan menu untuk mengatur posisi teks lebih dekat ke akhir atau awal jalur dengan menentukan nilai positif atau negatif. Nilai positif berarti teks diatur lebih dekat dari awal jalur, demikian pula sebaliknya.
  4. Mirror text horizontally: berfungsi untuk membalikkan teks dari kiri ke kanan.
  5. Mirror text vertically: berguna untuk membalikkan teks dari atas ke bawah.
  6. Tick snapping: gunanya menentukan kenaikan spasi untuk menjentikkan teks ke jalur

Membuat Tulisan Melengkung Mengikuti Objek di Corel Draw

Cara kedua ini tidak terlalu berbeda dengan cara di atas. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahuinya sehingga Anda bisa memutuskan mana yang lebih mudah menurut Anda. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Buka software Corel Draw.
  • Buat atau buka file Corel Draw yang ingin ditambah tulisan melengkung. Anda bisa menyesuaikan ukuran kertas ataupun unit. Biasanya dalam keadaan default Corel Draw memakai format unit mm. Anda bisa menggantinya menjadi cm, pixel ataupun inch.
  • Gunakan ellipse tools dan buat lingkaran di area kerja yang tersedia di Corel Draw.

 

  • Selanjutnya tambahkan text atau tulisan dan arahkan kursor di posisi titik kuadran sampai bentuk kursor berubah. Secara otomatis teks akan menempel di lingkaran yang kita buat tadi.

  • Anda hanya perlu menuliskan teks yang diinginkan.

  • Kita juga bisa mengatur tulisan supaya tidak terlalu menempel ke lingkaran. Caranya arahkan kursor pada titik merah di bawah tulisan, lalu tarik tulisan keluar lingkaran sesuai kebutuhan.

Baca juga: Membuat Tulisan Melingkar Di Photoshop

Itulah tutorial seputar membuat tulisan melingkar di Corel Draw yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Sebagai tambahan, Corel Draw merupakan software desain grafis berbayar. Artinya Anda perlu membeli lisensinya untuk bisa menggunakan software tersebut secara penuh.

Di tahun 2021 Corel Draw memiliki beberapa versi terbaru. Antara lain CorelDRAW Essentials 2021, Standard 2021, Graphics Suite 2021 dan Technical Suite 2021. Masing-masing versi ini memiliki target konsumen dan harga yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, khusus untuk CorelDRAW Graphics Suite 2021 hadir dengan sistem berlangganan. Lama durasinya adalah 365 hari atau satu tahun dengan harga US$399 per tahun. Sedangkan versi sekali beli dibanderol mulai US$155 sampai US$1.259.

Sebelum memutuskan untuk membeli jangan lupa untuk memastikan bahwa software CorelDraw yang Anda inginkan cocok dengan spesifikasi laptop atau PC Anda. Anda bisa mengecek system requirements untuk mengetahui apakah PC Anda sanggup menjalankan software tersebut atau tidak.

Solusi alternatifnya silakan gunakan versi trial yang disediakan oleh Corel sendiri yang bisa Anda unduh secara gratis di situs resminya.



Loading...

Leave a Comment