Cara Membuat Tulisan Melengkung Di Corel Draw


Membuat Tulisan Melengkung Corel Draw – Saat ini keahlian desain grafis menjadi salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan. Sebab banyak sekali pekerjaan yang bersinggungan langsung dengan desain grafis. Mulai dari portal berita online, media televisi, perusahaan yang memasarkan produk-produk, hingga UMKM.



Desain grafis ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari desain produk, desain iklan, promosi dan lain sebagainya. Maka dari itu keahlian ini menjadi salah satu yang paling diminati oleh masyarakat luas, terutama generasi muda.

Berkat kemajuan teknologi yang pesat saat ini kita tidak kesulitan untuk mendapatkan software untuk membuat desain grafis. Cukup banyak sarana atau program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat desain grafis. Salah satu yang populer di Indonesia adalah Corel Draw.

Apa itu Corel Draw

Corel Draw adalah aplikasi desain grafik 2D dan 3D yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak Corel yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Editor grafik vektor ini menjadi satu dari sekian software yang paling sering digunakan oleh kreator.

Baca juga: Cara Mengatasi Corel Draw Tidak Bisa Save

Kelebihannya terletak pada kemudahan pengoperasiannya. Corel Draw sangat mudah untuk dipelajari dan dipahami oleh orang awam. Sehingga mereka akan cepat beradaptasi dengan tool-tool yang ada di dalam software ini.

Tidak hanya itu, tutorial menggunakan Corel Draw juga banyak bertebaran. Sehingga saat tidak tahu bagaimana cara membuat sesuatu dengan Corel Draw, kita bisa mencarinya di Google atau di situs berbagi video seperti Youtube jika ingin tutorial berupa video.



Membuat Tulisan Melingkar dan Melengkung di Corel Draw

Pada kesempatan kali ini caraharian akan menjelaskan bagaimana cara membuat tulisan melingkar atau melengkung di Corel Draw. Anda pasti sudah familiar dengan tulisan seperti ini. Biasanya tulisan melengkung atau melingkar ini dijumpai pada stempel atau bahkan logo-logo perusahaan.

Sebenarnya membuat tulisan melengkung bisa menggunakan software-software lain. Misalnya Adobe Illustrator atau Adobe Photoshop. Akan tetapi jika Anda familiar dengan Corel Draw dan sedang membuat desain grafis yang mengharuskan memasukkan teks melengkung, maka Anda bisa membuatnya langsung di Corel Draw.

Bagaimana cara membuatnya? Berikut tutorial selengkapnya untuk Anda.

  • Buka Corel Draw yang terinstal pada PC atau notebook Anda.
  • Buat lembar kerja baru atau buka file lain yang ingin ditambah teks melengkung.
  • Langkah selanjutnya buat garis berpola pada lembar kerja. Kita bisa menggunakan Bezier Tool atau lingkaran (ellipse tools), tinggal pilih sesuai kebutuhan saja. Misalnya pada contoh ini kita buat garis bergelombang dan satu lingkaran oval. Lalu jangan lupa untuk menambahkan tulisan yang ingin dibuat melengkung. Kurang lebih tampilannya akan seperti gambar berikut.



  • Kemudian klik teks yang akan diubah bentuknya.
  • Selanjutnya klik menu bar Text dan pilih opsi Fit Text to Path.

  • Kursor akan berubah menjadi anak panah kecil. Sorot ke pola atau garis yang Anda buat sebelumnya, kemudian klik kanan pada pola tersebut.

  • Ulangi langkah di atas jika ingin membuat teks dengan bentuk melingkar atau oval.
  • Kita bisa membuat teks melengkung ke atas, samping, ataupun ke bawah. Hanya saja jika kita klik bawah lingkaran, maka tulisannya akan menjadi terbalik. Tampilannya kurang lebih seperti gambar berikut.

  • Tidak perlu bingung, kita bisa mengaturnya dengan memanfaatkan tool yang ada di bar atas.

  • Seperti yang Anda lihat, bentuk teks akan mengikuti pola garis yang kita pilih. Setelah selesai Anda bisa menghilangkan garis pola tersebut. Caranya klik garis yang ingin dihilangkan, kemudian klik kanan kotak silang (X) atau kotak yang dicoret merah yang ada di menu color. Menu ini bisa Anda lihat di sisi samping kanan.





Leave a Comment