Cara Membuat Tinjauan Pustaka Yang Benar


Cara Membuat Tinjauan Pustaka – Tinjauan pustaka atau yang biasa disebut dengan studi literatur atau studi kepustakaan adalah bagian penting yang ada dalam sebuah susunan karya tulis, baik itu makalah, skripsi, laporan, penelitian, dan karya ilmiah.



Bahkan sekelas jurnal internasional juga selalu menggunakan tinjauan pustaka.

Membuat Tinjauan Pustaka

Perlu diketahui bahwa studi literatur ini umumnya mengambil referensi dari berbagai sumber. Maka dari itu, studi literatur harus dibuat dengan baik dan benar. Hal ini penting untuk diperhatikan supaya pembaca nantinya tidak mengalami kebingungan saat membaca bab ini.

Untuk memperjelas pemahaman kita mengenai tinjauan pustaka, kami disini akan menjelaskan bagaimana cara membuat studi kepustakaan yang baik dan benar. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu pembahasan mengenai pengertian, manfaat, dan fungsi tinjauan pustaka berikut ini.

Baca juga: Cara Menulis Footnote Dari Jurnal

Pengertian Tinjauan Pustaka

Pengertian Tinjauan Pustaka

Pengertian tinjauan pustaka adalah ringkasan komprehensif dari penelitian sebelumnya mengenai sebuah topik. Literatur sendiri bisa bersumber dari artikel ilmiah, buku, dan berbagai sumber lainnya yang pastinya relevan dengan bidang penelitian tertentu. Tinjauan pustaka tersebut diharuskan untuk menyebutkan, menjelaskan, merangkum, mengevaluasi dan memperjelas penelitian yang sebelumnya.



Tinjauan pustaka akan mengakui karya peneliti sebelumnya, dengan demikian secara tidak langsung juga akan meyakinkan  para pembaca bahwa karya Anda sudah dipahami dengan baik. Diasumsikan bahwa dengan menyebutkan karya sebelumnya dalam bidang studi, berarti penulis sudah membaca, mengevaluasi, serta mengamiliasikan pekerjaan tersebut ke dalam pekerjaan yang ada.

Tinjauan pustaka akan menciptakan “lanskap” kepada para pembaca, memberikan pembaca pemahaman sepenuhnya mengenai perkembangan yang terjadi di lapangan. Lanskap tersebut akan memberikan informasi kepada para pembaca bahwa penulis sudah hampir mengasimilasi semua, berbagai karya penting yang ada di lapangan ke dalam penelitiannya.

Fungsi Tinjauan Pustaka

Fungsi Tinjauan Pustaka

Berikut ini adalah fungsi dari tinjauan pustaka dalam sebuah penelitian:



  • Untuk mencari serta mendapatkan informasi tentang dasar-dasar permasalahan yang dikaji.
  • Untuk dapat memberikan bantuan dalam masalah perancangan oleh beberapa prosedur penelitian.
  • Membantu dalam memberikan pemahaman tentang beberapa teori yang terkait.
  • Untuk menguapkan semua ide yang dimiliki secara sistematis dan kritis.
  • Untuk dapat terhindar dari adanya copy paste atau plagiat.
  • Sebagai jalan yang akan membantu untuk mengetahui berbagai penelitian terkait topik yang akan menjadi topik yang diteliti.

Manfaat Tinjauan Pustaka

Manfaat Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka juga memiliki beberapa manfaat penting. Berikut ini adalah manfaat tinjauan pustaka yang perlu Anda ketahui:

  • Menjelaskan variabel yang seharusnya dipertimbangkan kepada peneliti supaya tujuan dari studi atau penelitian bisa tercapai.
  • Memiliki manfaat sebagai suatu pembatas dari sebuah penelitian dengan menunjukkan variabel bebas yang relevan atau yang tidak relevan.
  • Sebagai bagi peneliti untuk mengartikan teknik analisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian.
  • Memberikan dasar pemikiran atau suatu alasan kepada para peneliti untuk mengambil kesimpulan hasil penelitian sesuai dengan tujuan (objektif) dari penelitian tersebut.

Cara Menulis Tinjauan Pustaka

Cara Menulis Tinjauan Pustaka



Leave a Comment