Cara Membuat Subtitle Video


Membuat Subtitle Video – Jika Anda suka menonton film atau drama, terutama film luar negeri maka Anda sudah pasti akrab dengan yang namanya subtitle. Subtitle seakan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari film.

Sebab subtitle biasanya berisi percakapan tokoh dalam film yang sudah diterjemahkan ke dalam suatu bahasa, misalnya bahasa Indonesia. Dengan demikian kita bisa memahami apa yang dibicarakan oleh tokoh-tokoh dalam film dengan lebih mudah.

Subtitle tidak hanya ada di dalam film atau drama saja, namun juga video hiburan atau edukasi lainnya yang dapat kita temui dengan mudah di platform streaming video seperti YouTube, Netflix dan lain sebagainya.

Adanya subtitle ini tentu akan membuat orang lain bisa menangkap informasi yang ada dengan mudah. Sehingga tidak ada kebingungan karena tidak mengerti bahasa yang disampaikan di dalam video atau film.

subtitle film

Anda juga bisa memberikan subtitle pada video buatan Anda. Atau memberikan subtitle pada video atau film lain. Ada beberapa teknik yang bisa Anda gunakan. Pada kesempatan kali ini kami akan bahas satu per satu sehingga bisa Anda pelajari dengan mudah.

Baca juga: Kata Baku Dan Tidak Baku

Membuat Subtitle dengan Notepad

Cara yang pertama adalah membuat subtitle dengan notepad. Cara yang satu ini dinilai lebih sederhana dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Sebab Notepad merupakan aplikasi editor teks sederhana yang sudah termasuk dalam paket pra instal saat Anda menginstal sistem operasi Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi lain Anda bisa memakai teks editor lainnya yang biasanya juga disertakan oleh pengembang.

Dengan memanfaatkan Notepad kita bisa membuat subtitle sederhana tanpa warna atau kustomisasi lainnya. Langsung saja berikut panduan selengkapnya:

  1. Buka aplikasi Notepad.
  2. Pada baris pertama ketikkan angka 1.
  3. Lalu pada baris bawahnya masukkan waktu subtitle dimulai dan berakhir. Ingat, tulis dengan format jam:menit:detik,milidetik. Contohnya 00:00:20,000.
  4. Kemudian di bawahnya masukkan teks subtitle yang ingin ditampilkan.
  5. Berikan jarak satu spasi sebelum Anda memasukkan subtitle berikutnya.
  6. Ulangi langkah-langkah di atas jika ingin memasukkan subtitle atau teks-teks selanjutnya.

Cara membuat subtitle dengan Notepad memang tidak membutuhkan software tambahan. Akan tetapi kita harus tahu kapan teks yang kita masukkan itu muncul. Sehingga kita perlu mencermati video atau film yang ingin kita buatkan subtitle-nya dan catat kapan subtitle itu muncul dan berakhir.

Jika sudah selesai, simpan subtitle yang kita buat dalam format .srt bukan .txt dan encoding UTF-8. Yang perlu Anda ingat, nama file subtitle yang telah Anda buat harus sama dengan judul film atau video. Maka dari itu pastikan nama subtitle dan file video atau film sama sehingga subtitle bisa muncul otomatis pada video tersebut saat diputar.

Selain itu subtitle dan vilm atau video juga harus diletakkan dalam folder yang sama.

Membuat Subtitle dengan Aegisub

Selain memakai Notepad, kita bisa menggunakan software khusus untuk membuat subtitle yang bernama Aegisub. Pada software ini kita bisa memberikan efek subtitle seperti perubahan warna, bentuk font, ukuran, tata letak dan lain sebagainya.

Menariknya lagi software ini bisa diunduh secara gratis dan tergolong ringan. Dengan aplikasi ini Anda bisa meninjau subtitle yang Anda buat sehingga kesalahan memasukkan teks bisa dikoreksi dengan lebih mudah. Berikut adalah cara membuat subtitle dengan Aegisub.

Buka Video

Setelah membuka software Aegisub, klik menu Video > Open Video. Berikutnya pilih video yang ingin Anda buat subtitle-nya. Untuk memasukkan audio dari video tersebut klik menu Audio > Open Audio from Video.

Atur Tampilan

Jika Anda ingin mengatur tampilan font, seperti warna atau ukuran teks, buka menu Subtitles dan pilih Styles Manager. Pada menu ini Anda bisa mengganti font sesuai keinginan. Ada banyak pilihan font style yang bisa Anda pilih. Di samping itu Anda juga bisa mengatur warna font ataupun mengatur ukuran teks dengan mudah.

Buat tampilan subtitle yang baru dan simpan di Storage Box. Ketika ingin menggunakannya pada subtitle yang sedang dibuat, copy style tersebut ke Current Script Box, lalu klik OK jika selesai.

Tulis Subtitle

Berikutnya adalah memasukkan subtitle. Silakan ketikkan subtitle sesuai dengan yang Anda harapkan. Anda hanya perlu mengetik dan menyesuaikannya dengan video yang hendak dibuatkan subtitle-nya.

Langkah mengetik subtitle tidak sulit. Pada Audio box klik pada awal subtitle ingin ditampilkan. Lalu klik kanan pada akhir subtitle tersebut. Sesudah itu tulis teks subtitle pada bagian Edit Box. Jika Anda ingin menampilkan dua baris teks, Anda harus menuliskan \N di awal teks baris kedua. Setelah selesai tekan Enter atau tombol Commit untuk menyimpan.

Atur Posisi Subtitle

Yang menjadi tantangan saat membuat subtitle adalah menyesuaikan teks dengan percakapan dalam video. Kita perlu memastikan bahwa subtitle yang kita buat sesuai dengan percakapan dalam video, tidak terlalu cepat ataupun terlalu lama. Untuk itu kita perlu mengatur posisi subtitle.

Aegisub memungkinkan pengguna untuk mengatur posisi yang berbeda-beda untuk setiap subtitle. Untuk mengatur posisi subtitle, klik Video Box dan pilih di mana posisi teks subtitle ingin ditampilkan. Pastikan durasi teks sesuai.

Simpan Subtitle

Setelah selesai membuat subtitle, langkah terakhir tentu saja menyimpan subtitle yang telah dibuat. Caranya dengan pilih opsi Save pada menu File atau menekan tombol Ctrl + S. Subtitle yang Anda buat akan disimpan dalam format .ass atau Advanced SubStation Alpha.

Membuat Subtitle di Smartphone Android

Jika menggunakan dua cara di atas, tentu saja Anda membutuhkan notebook atau PC untuk membuat subtitle. Lantas bagaimana jika kita hanya memiliki ponsel Android?

Tenang saja, Anda tetap bisa membuat subtitle dengan hanya bermodal HP Android. Selengkapnya silakan simak cara di bawah ini:

  1. Install aplikasi Easy Subtitles di Play Store
  2. Buka aplikasi setelah selesai terinstal.
  3. Masukkan video yang ingin diedit atau ditambahkan subtitle.
  4. Anda dapat langsung mengatur subtitle sesuai dengan keinginan.
  5. Selesai.

Menerjemahkan Subtitle Bahasa Asing

Jika Anda kerepotan untuk menulis subtitle untuk suatu film dari awal, Anda bisa memanfaatkan subtitle dari bahasa asing dan Anda terjemahkan sendiri ke bahasa Indonesia atau bahasa lain sesuai dengan keinginan Anda. Supaya lebih mudah disarankan untuk memakai subtitle dari bahasa Inggris.

Setelah itu gunakan bantuan Google Translate untuk menerjemahkan subtitle yang Anda dapatkan. Anda bisa mengakses situs resmi atau membuka aplikasi Google Translate lewat ponsel. Langkah selengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka file subtitle di Notepad.
  2. Copy seluruh teks yang ada di dalamnya.
  3. Buka Google Translate, lalu paste ke kolom terjemahan.
  4. Terjemahkan bahasa yang Anda inginkan lewat aplikasi Google Translate.
  5. Jika selesai salin atau copy hasil terjemahannya dan simpan di Notepad yang baru.
  6. Simpan file tersebut dengan format .srt dan encoding UTF-8.
  7. Jangan lupa mengganti save as type dari Text Document (*.txt) menjadi All Files.


Loading...

Leave a Comment