Cara Membuat Struktur Organisasi Yang Menarik


Membuat Struktur Organisasi – Struktur organisasi adalah media visual yang menjelaskan garis komando ataupun garis koordinasi pada sebuah struktur tim, departement, devisi dalam suatu organisasi ataupun lembaga.

Pada umumnya pihak internal organisasi maupun lembaga akan menyediakan struktur organisasi yang secara sederhana bisa membantu untuk memahami alur komando dan alur koordinasi pada masing-masing anggota tim, departement, atau devisi.

Cara Membuat Struktur Organisasi

Sementara itu, pihak eksternal dalam hal ini akan membantu mereka untuk mengetahui dengan siapakah mereka nantinya harus melakukan kontak pada saat ingin menjalin kerja sama atau hal penting lainnya.

Maka dari itu, karena organisasi memiliki peran yang sangat penting tentunya Anda harus paham bagaimana cara membuat bagan atau struktur organisasi.  Namun jika Anda sekarang ini sedang ditugaskan untuk membuat bagan atau struktur organisasi tetapi masih bingung bagaimana cara membuatnya, Anda bisa simak tutorial kali ini.

Baca juga: Cara Membuat Bagan Di Microsoft Word

Sebenarnya dalam hal ini Anda tidak perlu menguasai software pengolah gambar seperti Corel Draw ataupun Adobe Photoshop, sebab Anda bisa membuat struktur organisasi dengan mudah hanya menggunakan Microsoft Word.

Dengan menggunakan Microsoft Word maka bisa semakin memudahkan pekerjaan Anda dengan hasil yang lebih maksimal. Disamping itu, Anda juga bissa memilih bentuk bagan atau  struktur organisasi dengan kebutuhan. Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat bagan atau struktur organisasi di Microsoft Word dan berbagai kemudahan yang bisa Anda dapatkan.

Fungsi Struktur Organisasi
Fungsi Struktur Organisasi

Sebelum masuk ke pembahasan inti, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai fungsi struktur organisasi, yaitu:

  • Kejelasan Tanggung Jawab, setiap anggota organisasi sudah pasti memiliki tanggung jawab dan apa sajakah yang harus dipertanggungjawabkan. Setiap anggota diharuskan memiliki tanggung jawab terhadap atasan yang sudah memberikan kewenangan, sebab untuk pelaksanaan atau implementasi kewenangan ini penting untuk dipertanggungjawabkan.
  • Kejelasan Kedudukan, dengan adanya struktur organisasi maka akan terlihat dengan jelas apakah kedudukan dari setiap anggota yang dimana hal ini bisa semakin memudahkan mereka untuk melakukan koordinasi dan hubungan.
  • Kejelasan Uraian Tugas, hal ini akan sangat membantu pihak pimpinan untuk melakukan pengawasan serta pengendalian. Disamping itu, untuk bawahan bisa lebih berkonsentrasi dalam menjalankan suatu tugas atau pekerjaan yang diberikan karena uraian yang jelas.
  • Kejelasan Jalur Hubungan, kejelasan mengenai jalur hubungan dalam melakukan pekerjaan dan tanggung jawab masing-masing anggota dalam suatu organisasi. Sehingga dalam jalur penyelesaian suatu pekerjaan atau tugas ini bisa lebih efektif daan bisa saling memberikan keuntungan.

Kemudahan Menggunakan Microsoft Word
Kemudahan Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word selama ini hanya dikenal secara khusus sebagai program pengolah kata. Padahal Microsoft Word dapat digunakan untuk membuat diagram (grafik) dan bahkan bagan (struktur). Program keluaran dari Microsoft ini memiliki banyak sekali fitur yang akan membantu Anda untuk menyusun struktur organisasi.

Berbeda halnya dengan Adobe Photoshop ataupun Corel Draw, pembuatan struktur organisasi dengan Microsoft Word memang jauh lebih mudah. Sebab, Microsoft Word sudah menyediakan fitur khusus untuk membuat struktur organisasi yang mudah dan menarik. Namun jika ingin melakukan pengeditan pada struktur yang sudah dibuat agar sesuai kebutuhan memang terlalu sulit.

Supaya lebih mudah dalam membuat bagan atau struktur organisasi di Microsoft Word, Anda bisa menggunakan fitur SmartArt. Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih memilih untuk menggunakan fitur SmartArt, karena memang jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan lainnya seperti shapes.

Tutorial Cara Membuat Bagan atau Struktur Organisasi

Penting untuk diketahui bahwa pada tutorial kali ini kami akan menjelaskan cara membuat struktur organisasi di Microsoft Word hanya menggunakan Fitur SmartArt. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa alasan utama mengapa kami menggunakan fitur SmartArt karena lebih mudah dan cepat.

Selain itu, fitur SmartArt sangat lengkap karena didalamnya memiliki bentuk-bentuk grafis sederhana, termasuk model Herarki yang banyak digunakan untuk membuat bagan organisasi. Sebagai informasi tambahan, sebelum membuat struktur organisasi kami sarankan untuk memilih kerangka terlebih dahulu di kertas ataupun lainnya. Hal ini nantinya akan mempermudah Anda dalam membuat struktur organisasi. Baiklah mari langsung saja simak tutorial untuk membuat bagan organisasi di bawah ini.

  1. Insert SmartArt

Pada dokumen Microsoft Anda, silahkan klik tab Insert lalu pilih SmartArt untuk membuka SmartArt Graphic Menu. Silahkan klik Hierarchy kemudian pilih Organizational Chart.
Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

  1. Masukan Deskripsi Struktur Organisasi

Ketika Anda klik toggle yang letaknya di bagian sisi kiri organisasi pada dokumen Microsoft Word Anda, maka akan tampil jendela menu SmartArt Text yang memungkinkan Anda untuk mengedit teks yang ada di dalam struktur tersebut. Klik kolom text kemudian isikan langsung deskripsi jabatan pada struktur yang dibuat.
Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

  1. Menambahkan Hirarki

Dalam struktur organisasi yang kompleks pastinya memiliki banyak sekali anggota yang masing-masing sudah tergantung dalam setiap devisi yang ada di sebuah organisasi. Apabila Anda ingin menambahkan struktur hirarki dalam organisasi Anda, Anda bisa melakukannya dengan mudah menggunakan SmartArtText.

Silahkan Anda klik salah satu jabatan pada SmartArt Text, jika a Anda ingin menambahkan anggota tepat dibawah jabatan tersebut maka sebagai contoh dalam tutorial kali ini kami akan menambahkan anggota dari Divisi 3.

Selanjutnya klik tombol Plus pada SmartArt Text maka secara otomatis Anda sudah menambahkan hirarki baru di bawah Divisi 3. Tinggal Anda masukkan nama atau jabatan pada struktur yang baru dibuat tersebut.
Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

  1. Mengubah Warna Struktur

Anda bisa melakukan perubahan pada warna, ukuran font dan struktur organisasi yang dibuat di Microsoft Word dengan menggunakan SmartArt Design. Silahkan klik struktur organisasi tersebut dan Anda akan melihat tab SmartArt Design di bagian atas dan klik langsung tab tersebut.

Pada SmartArt Design, silahkan Anda klik ikon Change Colors dan kemudian akan terbuka menu pilihan warna yang bisa dipilih.
Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

Klik warna sesuai keinginan dan secara tidak langsung warna akan diterapkan pada struktur organisasi Anda.
Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

Baca juga: Cara Membuat Diagram Di Word

  1. Mengubah Format Struktur

Dengan SmartArt Design ternyata Anda juga bisa mengubah format struktur yang sudah dibuat. Seperti misalnya jika Anda ingin melakukan perubahan pada struktur organisasi dengan menggunakan konsep lainnya tetapi tetap menggunakan SmartArt.

Silahkan Anda klik SmartArt Design, lalu klik langsung toggle pada area format chart dan Anda akan melihat beragam format chart yang bisa dipilih.
Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

Setelah itu, bisa Anda scroll down kemudian cari area Hierarchy. Kemudian pilihan format struktur organisasi yang Anda inginkan. Pada tutorial kali ini kami memilih untuk mengubahnya menjadi Hierarchy.
Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

Selanjutnya tampilan bagan atau struktur organisasi tersebut akan berubah seperti contoh gambar di bawah ini.
Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai cara membuat bagan atau struktur organisasi yang mudah dan menarik. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Terima kasih sudah berkunjung di situs caraharian.com!



Loading...

Leave a Comment