Cara Membuat Soal Ujian Online Berbasis Web


Membuat Soal Ujian Online Berbasis Website – Zaman sekarang banyak hal dapat dilakukan secara online. Terlebih karena sarana yang sudah memadai, seperti akses internet dan perangkat yang dipakai untuk membuka internet. Tidak hanya itu, sekarang kebanyakan orang sudah memiliki smartphone yang terhubung ke internet 24 jam per hari.

Oleh karenanya berbagai hal saat ini bisa kita lakukan hanya dengan menggunakan perangkat genggam. Mulai dari pesan makanan, belanja, bayar pajak, mengikuti pelatihan, bahkan sekolah ataupun mengikuti ujian. Pandemi covid-19  yang menjangkiti seluruh penjuru dunia menjadi tantangan tersendiri bagi kita, tak terkecuali guru, dosen, siswa, dan mahasiswa.

Pelajaran yang semula dilakukan dengan cara tatap muka mau tidak mau harus beralih menjadi online atau daring. Begitu juga dengan ujian. Siswa atau mahasiswa harus mengerjakan soal ujian dari rumah lewat PC atau bahkan ponsel.

membuat soal online

Lalu bagaimana cara membuat soal ujian online? Ada banyak cara yang bisa Anda pilih. Tergantung dari kebutuhan masing-masing pihak atau sekolah.

Jika ingin cara termudah, Anda bisa mencoba membuat soal ujian dengan bantuan Google Form. Anda yang memiliki smartphone Android pastinya memiliki setidaknya satu akun Google. Dan akun tersebut bisa Anda gunakan untuk login ke Google Form. Mari kita bahas lebih jauh.

Baca juga: Cara Mengurutkan Hari Dan Tanggal Di Excel

Membuat Soal di Google Forms

Google Forms sebenarnya adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dipakai untuk membuat sebuah formulir. Akan tetapi kita bisa memanfaatkannya untuk membuat soal ujian sekolah. Caranya ikuti panduan di bawah ini:

  • Buka https://docs.google.com/forms/ dan silakan login dengan akun Google Anda.
  • Nantinya Anda akan dibawa masuk ke halaman Google Forms.
  • Klik Blank atau Kosong dengan tanda plus (+) untuk membuat formulir baru.
  • Muncul tampilan seperti berikut.

  • Isi judul yang ada di bagian atas, lalu deskripsi sesuai dengan keinginan.
  • Kemudian buat soal pada formulir ini. Pada contoh kali ini kami buat soal pilihan ganda.
  • Caranya pastikan menu dropdown yang ada di kotak kedua sudah terpilih opsi Multiple choice atau Pilihan ganda.
  • Kemudian tulis pertanyaan sesuai keinginan.
  • Jika sudah jangan lupa untuk memberikan jawaban seperti A, B, C, D, E. Contohnya seperti berikut.

  • Untuk menambahkan soal Anda bisa klik ikon plus yang ada di sisi kanan kotak pertanyaan yang sudah Anda buat. Ulangi langkah ini setiap ingin menambahkan soal baru.

  • Jika sudah berikutnya kita atur formulir yang sudah dibuat sehingga dapat dijadikan soal ujian yang bisa dikerjakan oleh siswa. Caranya klik menu Settings dengan logo gerigi yang ada di pojok kanan atas.

  • Muncul jendela baru yang memuat tiga tab, yakni Umum, Presentasi, dan Kuis.

  • Silakan klik tab Kuis (Quizzes) dan klik opsi Make this a quiz atau Jadikan ini sebagai kuis. Jika sudah klik tombol Save atau Simpan yang ada di pojok kanan bawah.

Membuat Kunci Jawaban

Setelah membuat formulir tersebut menjadi sebuah kuis, kita bisa membuat kunci jawaban dari soal-soal yang telah kita buat. Tidak hanya itu saja, Google Forms juga bisa memberikan penilaian secara otomatis. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Setelah Anda mengaktifkan opsi kuis seperti yang sudah dijelaskan di atas, akan muncul tombol baru Kunci jawaban atau Answer key di setiap kotak pertanyaan yang sudah Anda buat.
  • Klik tombol tersebut, lalu pilih jawaban yang benar.

  • Jangan lupa tambahkan poin yang ada di samping pertanyaan. Anda bisa mengisinya berapa saja. Poin ini merupakan nilai jika siswa menjawab benar. Nantinya Google Forms akan menjumlahkan poin seluruh soal yang dijawab benar.
  • Jika sudah klik tombol Selesai atau Done.
  • Nantinya di samping jawaban yang Anda pilih akan terdapat tanda ceklis atau centang yang menandakan bahwa jawaban tersebut yang benar. Tenang saja, centang ini tidak akan muncul saat soal dibagikan kepada siswa.
  • Silakan ulangi langkah-langkah di atas untuk memberikan kunci jawaban pada soal-soal lainnya.

Sebagai tambahan Anda juga bisa mengaktifkan opsi Wajib diisi yang artinya soal tersebut harus diisi dan tidak boleh diilewati.

Membagikan Soal ke Siswa

Jika soal selesai dibuat maka Anda tinggal membagikannya kepada siswa. Simak panduan di bawah ini:

  1. Klik tombol Send atau Kirim yang ada di sisi kanan atas.
  2. Muncul kotak dialog baru. Ada beberapa opsi yang bisa dipilih, yakni mengirimkan soal via email, tautan, penyematan HTML, Facebook, dan Twitter. Silakan klik opsi Tautan atau Link.

membuat soal ujian online

  1. Anda bisa memperpendek tautan dengan centang Perpendek URL.
  2. Jika sudah silakan Copy atau salin tautan tersebut dan bagikan kepada siswa lewat email, SMS, atau media lainnya.

Dengan Google Forms Anda bisa mengembangkan langkah-langkah di atas sesuai keinginan. Misalnya membuat soal essay, menyematkan gambar ke dalam pertanyaan, menambahkan gambar pada header formulir, dan lain sebagainya.

Di samping itu nantinya Anda bisa melihat hasil pengerjaan para siswa atau bahkan mengekspor laporan tersebut dalam bentuk .csv.

Baca juga: Cara Membuat Kuesioner Di Google Form

Alternatif Lainnya

Google Forms tetap memiliki beberapa keterbatasan. Misalnya kita tidak bisa melihat apakah siswa tersebut membuka tab lain atau mencontek saat mengerjakan soal. Maka dari itu Anda bisa mencoba aplikasi atau penyedia layanan lainnya untuk membuat soal ujian. Berikut beberapa pilihan alternatif yang bisa dipertimbangkan:

  1. Testmoz: aplikasi berbasis web ini bisa dipakai secara gratis hingga 50 siswa. Fitur yang ditawarkan beragam, mulai dari pilihan ganda, benar/salah, esai, bank soal, dan lain sebagainya. -> https://testmoz.com/build
  2. Quizizz: penyedia layanan soal online yang satu ini juga mempunyai fitur yang tak kalah lengkap. Bahkan juga terdapat animasi dan tampilan yang menarik. -> https://quizizz.com/
  3. ProProfs: fitur menarik dari Pro Profs adalah adanya sertifikat untuk para siswa yang menyelesaikan soal berikut nilai yang diraih. Hanya saja untuk versi gratis dibatasi 10 siswa saja. -> https://www.proprofs.com/quiz-school/
  4. QuizStar: aplikasi ini menawarkan fitur pembuatan soal, administrasi siswa, penilaian, hingga soal dalam bentuk multimedia. Menariknya lagi Anda bisa memakainya secara gratis. -> http://quizstar.4teachers.org/
  5. e-ujian.com: aplikasi berbasis web buatan lokal ini menawarkan beragam fitur yang menarik. Seperti bank soal yang dapat ditelusuri berdasarkan materi, data pengajar dan peserta, manajemen sesi, webcam monitoring untuk mengawasi peserta ujian, fleksibilitas waktu, impor soal, soal audio, laporan hasil, hingga acak soal dan jawaban. -> https://www.e-ujian.com/web

Beberapa aplikasi berbasis web untuk membuat soal online yang kami berikan di atas disediakan oleh pihak ketiga sehingga kita langsung dapat menggunakannya tanpa perlu instalasi terlebih dahulu.

Selain opsi di atas juga ada yang menawarkan program soal ujian online yang bisa diinstal pada server yang ada pada sekolah. Sehingga nantinya guru maupun siswa dapat mengaksesnya langsung dari mana saja. Hanya saja Anda perlu mengeluarkan dana untuk membayar aplikasi tersebut. Sebenarnya juga ada versi gratis yang bisa Anda coba-coba sendiri.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat soal online. Semoga website ini memberikan manfaat untuk Anda, terutama tenaga pendidik yang ingin membuat soal ulangan atau ujian untuk para siswa.



Loading...

Leave a Comment