Cara Membuat Portofolio Online


Membuat Portofolio Online – Di jaman yang sudah semakin maju seperti sekarang ini, semua kegiatan sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui online seperti belanja, bekerja, promosi, dan lain sebagainya.

Bagi mereka yang melakukan pekerjaan melalui online, pastinya mereka harus bisa membuat portofolio dengan tampilan yang menarik supaya klien nantinya menjadi semakin tertarik untuk menggunakan jasanya.

portofolio online

Namun sayangnya, masih banyak sekali orang yang tidak tahu bagaimana cara membuat portofolio online karena berbagai alasan. Seperti tidak bisa desain, tidak paham bagaimana cara membuat, tidak memiliki ide sama sekali untuk membuat, dan berbagai alasan yang lainnya.

Padahal portofolio memiliki peran yang cukup penting. Semakin baik dan menarik tampilan suatu portofolio, maka dapat dipastikan bahwa akan semakin banyak juga klien yang akan tertarik nantinya.

Baca juga: Cara Membuat Sertifikat Di Word

Profesional dengan Online Portofolio

Profesional dengan Online Portofolio

Portofolio memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung dari keinginan pembuatnya. Bisa dalam bentuk album, jurnal, binder, scrapbook, dan juga online. Mungkin untuk portofolio online masih terdengar asing di telinga Anda. Portofolio online merupakan suatu koleksi hasil kerja yang dibuat, disimpan, dan dibagikan secara online di sebuah website pribadi.

Portofolio memang memiliki peran yang sangat penting untuk karir Anda. Apalagi portofolio juga digunakan sebagai tolak ukur HRD dalam merekrut karyawan. Dengan adanya portofolio maka HRD sudah bisa mengetahui tentang diri Anda, sehingga Anda tidak perlu susah payah untuk meyakinkan HRD.

Portofolio online memang akan lebih efisien karena link website Anda dapat dihubungkan di semua media sosial. Selain perusahaan yang dituju, perusahaan lain juga bisa melihat hanya dengan satu kali klik. Anda pun tidak perlu bingung untuk membuatnya karena sudah banyak sekali tutorial cara membuat portofolio online yang bisa Anda cari di internet.

Manfaat Memiliki Portofolio

Manfaat Memiliki Portofolio

Member dari Forbes Coaches Council, pada sebuah artikel yang memiliki judul Nine Advantages Of Developing Your Own Professional Portfolio menyebutkan bahwa ada beberapa manfaat mempunyai sebuah portofolio, diantaranya:

  1. Dinilai Lebih Terpercaya

Manfaat yang paling dirasakan jika memiliki sebuah portofolio adalah dapat menaikan level kreadibilitas. Portofolio dapat dijadikan sebagai bukti atas semua yang telah diucapkan kepada klien, kolega, atau calon atasan.

Keahlian dan potensi pada portofolio akan terangkum dan bisa membantu mereka untuk mencari bagian yang paling tepat untuk diisi oleh keahlian Anda.

  1. Meningkatkan Kesempatan untuk Mendapat Banyak Pelanggan

Kebanyakan konsumen tidak ingin repot untuk memikirkan jangka waktu produksi dan jumlah biaya yang perlu disisihkan. Dengan adanya portofolio maka konsumen sudah bisa mengidentifikasi sekilas mengenai jasa atau produk yang telah ditawarkan.

Dr. Shekina Farr Moore dari Eroom Marketing Group menyebutkan bahwa konsumen biasanya akan tetap setia dengan produk atau jasa yang pernah digunakan. Maka dari itu, membangun suatu relasi juga sangat penting. Kedekatan hubungan tentunya akan membantu konsumen untuk memberi keputusan.

  1. Portofolio Online akan Membuat Anda Berbeda dengan Pesaing

Portofolio online akan membedakan Anda dengan pesaing lainnya, yang pastinya mempunyai jenis usaha atau dalam bidang pekerjaan yang sama. Portofolio online dianggap lebih efektif bagi Anda yang sedang aktif ataupun pasif dalam mencari pekerjaan.

Mengingat tren dalam mencari pekerjaan sekarang ini, dimana perusahaan yang lebih aktif mencari karyawan untuk perusahaannya, dan bukan lagi para pencari kerja yang mengirimkan CV ke banyak perusahaan, portofolio online merupakan solusi yang paling tepat, efektif dan efisien. Maka dari itu, Anda harus benar-benar paham bagaimana cara membuat portofolio yang baik dan benar.

Langkah Membuat Portofolio Online

Selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat portofolio online yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Mulai dari yang berbayar sampai gratis, simak langkahnya berikut ini

  1. Mulai dari Mengakurasi Berbagai Karya Terbaik

cara membuat portofolio online

Ketika ingin membuat sebuah portofolio online, Anda harus mempunyai karya terlebih dahulu. Jika Anda memiliki beberapa proyek yang sudah selesai, Anda bisa memilih yang terbaik dan pastinya dapat menunjukkan kemampuan terbaik Anda. Setidaknya Anda harus menyediakan lima karya terbaik untuk nantiya di pajang di portofolio.

  1. Menggunakan Foto atau Gambar Berkualitas Tinggi

cara membuat portofolio online

Apabila Anda sudah memiliki karya yang ingin dipajang, jangan lupa untuk melengkapi foto terbaik dari proyek dan karya yang sudah dikerjakan. Foto menjadi elemen yang paling penting dalam portofolio online yang akan dilihat pertama kali oleh klien dan perekrut. Maka dari itu, pastikan bahwa kualifikasi ini ada dalam foto yang Anda cantumkan.

Disamping itu, pastikan juga bahwa Anda menggunakan foto atau gambar yang beresolusi tinggi. Bahkan Anda bisa tes terlebih dahulu dengan cara melakukan pembesaran hingga beberapa kali sebelum mengunggah foto atau gambar tersebut di situs dan media sosial.

  1. Bagikan Cerita di Balik Layar Pada Setiap Deskripsi Proyek dan Karya

cara membuat portofolio online

Selain judul proyek dan foto, calon klien nantinya juga akan membutuhkan deskripsi dari setiap karya yang sudah dibuat. Anda harus menyertakan jawaban atas pertanyaan 5W1H pada setiap proyek yang akan dipajang pada portofolio online.

Bisa Anda jabarkan dalam sebuah paragraf yang tentunya harus efektif dan efisien untuk tata bahasanya. Jangan sampai bertele-tele karena akan sangat membingungkan. Singkat, padat dan jelas merupakan kuncinya.

Baca juga: Cara Membuat Kuesioner Penelitian

  1. Situs Portofolio Gratis dan Media Sosial

cara membuat portofolio online

Setelah menyiapkan konten, Anda sudah bisa mulai untuk membuat portofolio online. Ada dua cara yang bisa dipilih, cara yang pertama adalah cara yang gratis, mudah, dan cepat. Namun cara ini akan memberikan dampak yang tidak signifikan.

Sedangkan cara kedua mungkin jauh lebih rumit, tetapi akan memberikan dampak besar. Sebenarnya Anda bisa melakukan keduanya, namun simak terlebih dahulu cara mudahnya berikut ini.

Berbasis Visual

Untuk membuat portofolio online secara gratis dapat dilakukan dengan membuat akun di media sosial atau bisa juga di sebuah situs khusus portofolio seperti Dribble dan Behance. Kedua situs ini dapat digunakan untuk mempromosikan suatu karya dalam bentuk visual.

Berbasis Tulisan

Jika Anda merupakan seorang penulis, Anda bisa memanfaatkan blog gratis seperti WordPress.com dan Medium. Keduanya dapat digunakan untuk menuliskan opini, analisa, ataupun catatan penting yang lainnya tanpa dipungut biaya.

  1. Membuat Situs Portofolio Online Sendiri

cara membuat portofolio online

Cara membuat portofolio online lainnya yaitu dengan membuat sebuah situs sendiri. Untuk membuat situs, Anda akan membutuhkan dua komponen penting, yaitu domain dan juga hosting.

Domain adalah alamat situs yang digunakan (contoh: namasitus.com). Sedangkan Hosting merupakan cloud yang disewa khusus sebagai rumah untuk situs. Kedua komponen utama tersebut tidak dapat dipisahkan ataupun dipilih salah satu.

  1. Detail Penting Lainnya

cara membuat portofolio online

Jika Anda sudah memilih paket Domain dan Hosting yang cocok, ada beberapa detail penting lainnya yang harus diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah biodata dan kontak, disini Anda harus mencantumkan data diri.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan desainnya, usahakan untuk menggunakan desain yang efisien tetapi masih tetap enak dipandang. Terakhir, jangan sampai lupa untuk perbarui secara berkala. Paling tidak satu bulan sekali Anda harus mengubah beberapa informasi yang menurut Anda sudah tidak relavan atau mengganti karya yang lama dengan karya baru.



Loading...

Leave a Comment