Cara Membuat Pangkat Di Word HP Dan PC


Membuat Pangkat Di Word HP Dan PC – Mengetik dengan Microsoft Word adalah hal yang terbilang cukup mudah. Sebab software ini sangat populer dan banyak digunakan oleh orang dengan berbagai latar belakang. Mulai dari siswa, mahasiswa, pekerja, guru, dosen, ataupun pegawai di instansi pemerintahan.

Maka tak heran jika kebanyakan orang begitu familiar dan dapat mengoperasikan program yang satu ini. Hanya saja bagaimana jika ingin membuat rumus atau soal yang berhubungan dengan matematika di Word? Hal ini bisa jadi tantangan tersendiri.

Sebab menuliskan rumus atau bilangan tertentu tidak bisa hanya dengan ditulis seperti halnya mengetik sebuah kata. Ada cara tersendiri agar kita bisa memasukkan bilangan atau rumus dengan karakter tertentu seperti pangkat.

Maka dari itu kami tertarik untuk membahasnya pada artikel ini. Jika masih belum pernah membuat bilangan berpangkat mungkin akan kesulitan untuk mempraktekkannya. Akan tetapi jika sudah terbiasa maka Anda bisa membuatnya dengan cepat.

Cara ini bisa Anda praktekkan pada Microsoft Office versi berapa saja. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukannya pada Office Mobile atau Microsoft Word khusus untuk smartphone. Langsung saja simak pembahasan lengkap di bawah ini.

membuat pangkat

Baca juga: Cara Membuat Pangkat Di Excel

Membuat Pangkat di Word PC

Pertama-tama kita bahas bagaimana membuat pecahan di Word untuk PC atau komputer. Ada dua cara yang bisa dimanfaatkan, yakni dengan memanfaatkan menu superscript/subscript dan equation tool. Berikut akan kami jelaskan satu per satu. Untuk diketahui, pada tutorial ini kami gunakan Microsoft Word 2019.

Dengan Superscript dan Subscript

Silakan buka aplikasi Word yang terinstal pada perangkat Anda. Atau buka dokumen yang ingin Anda sisipkan rumus atau bilangan khusus. Sesudah itu ikuti panduan berikut:

  • Langsung ketikkan angka yang ingin Anda masukkan. Misalnya Anda ingin mengetikkan 3 pangkat 3, maka tuliskan 33 terlebih dahulu.

  • Seleksi angka kedua atau angka mana saja yang ingin Anda jadikan pangkat.
  • Klik tab Home, lalu klik menu superscript yang dilambangkan dengan X2. Atau Anda juga bisa menekan tombol Ctrl + Shift + + pada keyboard.

  • Secara otomatis angka yang Anda seleksi akan berubah menjadi pangkat atau ditulis di atas dengan ukuran yang lebih kecil.

Anda juga bisa menggunakan cara di atas untuk membuat pecahan. Caranya sebagai berikut:

  • Tulis pembilang, garis miring sebagai pembagi, dan penyebut terlebih dahulu.
  • Blok pembilang lalu ubah menjadi superscript seperti cara di atas. Sedangkan penyebut diubah menjadi subscript. Anda juga bisa menekan tombol Ctrl + = untuk mengubahnya menjadi subscript dengan cepat.

Dengan Menu Equation

Cara di atas digunakan untuk memasukkan rumus atau bilangan yang formatnya sederhana. Seperti bilangan berpangkat, pecahan, dan lain sebagainya yang tidak membutuhkan karakter khusus. Lalu bagaimana jika ada tambahan karakter atau simbol khusus yang tidak terdapat pada keyboard?

Khusus hal tersebut kita gunakan tool Equation yang sudah tersedia pada Word. Simak panduan di bawah ini:

  • Pada dokumen Word, silakan klik tab Insert dan klik Equation. Biasanya menu ini ada di sisi kanan.

  • Muncul sebuah text box dengan tulisan Type equation here. Pada kotak ini kita pakai untuk mengetikkan rumus yang diinginkan.

  • Ada banyak sekali menu yang tersedia. Dan kita bisa mengetikkan rumus sesuai kebutuhan. Beberapa format atau struktur yang bisa digunakan adalah fraction, script, radical, integral, large operator, function, dan lain sebagainya.
  • Masing-masing struktur tersebut mempunyai beberapa format yang dapat digunakan oleh pengguna.
  • Misalnya jika ingin mengetikkan tanda pangkat maka kita gunakan struktur Script. Maka kita akan melihat ada beberapa bentuk yang dapat dipilih.

  • Silakan pilih salah satu.
  • Format yang dipilih akan muncul pada text box yang ada di dalam dokumen. Selanjutnya tinggal memasukkan angka atau huruf yang diinginkan ke dalamnya. Contohnya adalah sebagai berikut.

Tips

  1. Jika Anda ingin membuat gabungan dari beberapa struktur sekaligus, maka Anda bisa memasukkannya satu per satu. Contohnya jika ingin membuat pecahan dengan angka-angka berpangkat, maka Anda masukkan Fraction terlebih dahulu. Baru berikutnya masukkan Script ke dalam kotak titik-titik pada struktur yang Anda pilih.
  2. Jika Anda klik tombol dropdown di samping rumus, maka Anda akan menjumpai beberapa menu. Anda bisa mengatur justification, atau membuat rumus bisa berada dalam baris yang sama dengan teks yang Anda ketikkan.

Membuat Pangkat di Word HP

Lalu bagaimana cara membuat pangkat di Word untuk smartphone? Pada dasarnya cara yang perlu dilakukan tidak berbeda. Kita bisa memanfaatkan cara superscript/subscript maupun dengan equation.

Yang jelas pastikan ponsel Anda sudah terinstal aplikasi Office atau Microsoft Word. Sebab pada kebanyakan perangkat aplikasi ini tidak terinstal sehingga Anda harus mengunduhnya secara manual. Akan tetapi tenang saja, aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis pada Play Store atau Apps Store.

Dengan Superscript

Untuk membuat bilangan berpangkat dengan superscript, silakan ikuti tutorial berikut:

  • Buka aplikasi Office atau Microsoft Word yang terinstal pada perangkat Anda. Pada contoh ini kami gunakan aplikasi Office.
  • Setelah tampilan aplikasi muncul, klik menu plus (+) yang ada di sisi tengah bawah layar.
  • Ada tiga opsi yang bisa dipilih. Klik menu Word, Excel, PowerPoint.
  • Selanjutnya klik menu Dokumen kosong atau Blank Document.

  • Aplikasi akan membuka dokumen baru yang bisa Anda gunakan untuk mengetik.
  • Langsung ketikkan angka yang ingin Anda dan juga angka pangkatnya. Misalnya 3 pangkat 3 maka tulis 33.
  • Blok angka yang akan dijadikan pangkat.
  • Tekan tanda panah yang ada di sisi kanan bawah. Menu tambahan akan muncul.
  • Pastikan Anda berada di tab Beranda, lalu cari dan klik menu Pemformatan Font, dan pilih Superskrip.

  • Secara otomatis angka tersebut berubah format menjadi pangkat.

Dengan Equation Tool

Selain cara di atas Anda juga bisa menggunakan Equation di Word HP. Hanya saja caranya berbeda dengan versi PC. Ikuti langkah berikut:

  • Tuliskan angka yang ingin Anda jadikan bilangan berpangkat. Jangan lupa untuk menambahkan tanda ^ sebelum angka yang akan dijadikan pangkat. Misalnya a^2 + b^2.
  • Tap atau seleksi pada tulisan tersebut lalu tekan kursor untuk memunculkan menu tambahan. Silakan tap atau tekan menu Opsi Matematika.

  • Pilih Profesional.

  • Secara otomatis angka tersebut akan berubah menjadi pangkat.

Pada dasarnya menu equation atau persamaan pada Word HP akan mengubah format yang kita masukkan menjadi struktur baru yang sesuai dengan ketentuan matematika. Berbeda dengan versi PC yang memungkinkan kita memasukkan berbagai simbol sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cara Menghitung Akar Pangkat 3

Sebagai tambahan, Microsoft memang menyediakan dua versi Word pada versi Android. Yakni Office yang memuat satu paket aplikasi Office dan Microsoft Word. Keduanya memiliki fitur yang sama saja. Dan yang paling menarik Anda bisa mengunduhnya secara gratis.

Semoga pembahasan di atas bermanfaat untuk Anda. Sehingga Anda bisa membuat bilangan berpangkat di word dengan mudah. Baik pada PC ataupun HP.



Loading...

Leave a Comment