Cara Membuat Pangkat Di Excel Atas Bawah


Membuat Pangkat Excel Atas Dan Bawah – Selain Microsoft Word, kebanyakan orang sudah akrab dengan Microsoft Excel. Salah satu software yang masuk dalam bagian Microsoft Office Suite ini menawarkan banyak sekali fungsi yang berkaitan dengan perhitungan, analisis, ataupun statistik.

Program ini memang dikembangkan untuk menangani kebutuhan kita yang berkaitan dengan perhitungan. Dengan menggunakan software ini kita bisa melakukan perhitungan seperti rekapitulasi, menghitung nilai, menganalisis data yang didapat dengan mudah.

Masih ada banyak fungsi lain yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut. Salah satunya adalah menulis pangkat. Sebelumnya kami telah membahas bagaimana cara membuat angka berpangkat di Word. Lalu apakah hal ini juga bisa dilakukan di Excel?

pangkat excel

Jawabannya adalah iya. Dengan Microsoft Excel kita tidak hanya bisa melakukan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian saja. Akan tetapi juga menulis bilangan berpangkat dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda manfaatkan. Kami jelaskan cara-cara tersebut pada artikel ini. Sehingga Anda tinggal memilih mana yang menurut Anda paling mudah dan praktis. Langsung saja kita bahas caranya.

Baca juga: Cara Membuat Pangkat Di Word HP

Membuat Pangkat Atas

Pertama-tama kita bahas bagaimana cara membuat pangkat atas atau juga bisa disebut dengan superscript. Pangkat atas maksudnya membuat angka atau teks tertentu lebih kecil dari tulisan normal dan diposisikan sedikit di atas. Pada tutorial ini kami gunakan Microsoft Excel 2019. Anda yang menggunakan Excel versi lain juga tetap bisa mengikuti panduan berikut. Silakan simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka software Excel yang terinstal pada perangkat Anda. Anda juga bisa membuka dokumen yang ingin disisipkan bilangan berpangkat.
  • Ketikkan angka yang ingin dijadikan pangkat. Contohnya kami tuliskan 120 m2 pada salah satu sel yang ada di Sheet Excel.
  • Silakan blok angka atau huruf yang ingin diubah menjadi pangkat.
  • Kemudian klik kanan dan pilih menu Format Cells.
  • Muncul kotak dialog baru. Silakan centang opsi Superscript. Jika sudah klik tombol OK.

  • Angka atau huruf yang diseleksi akan menjadi pangkat secara otomatis.

  • Anda tetap bisa mengubah angka yang sudah diubah menjadi superscript ataupun menambahkan angka lain sesudah angka berpangkat tersebut.
  • Jika ingin menghapusnya Anda hanya perlu menghapus seperti biasa saja dengan menekan tombol backspace atau delete.

Membuat Pangkat Bawah

Dalam matematika atau kimia kita biasa menjumpai angka atau huruf pangkat bawah atau yang diletakkan di bawah angka atau huruf normal. Misalnya O2, H2O, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana caranya? Silakan simak tutorial berikut:

  • Seperti cara di atas, Anda bisa menuliskan terlebih dahulu angka atau huruf yang nantinya ingin diubah menjadi pangkat bawah. Misalnya Anda ingin mengetikkan H2O, maka ketikkan seperti biasa.

  • Setelah itu seleksi huruf atau angka yang ingin diubah menjadi pangkat bawah.
  • Klik kanan dan pilih Format Cells.
  • Muncul kotak dialog baru. Jika sebelumnya Anda memilih Superscript, maka pada langkah ini kita centang Subscript.

  • Kemudian klik tombol OK.
  • Teks atau angka yang diseleksi akan berubah menjadi pangkat bawah.

Selain cara di atas, Anda juga bisa memasukkan teks satu per satu. Misalnya untuk mengetikkan H2O dengan angka 2 yang diubah menjadi pangkat bawah, ketikkan angka H terlebih dahulu. Kemudian klik kanan dan pilih Format Cells, lalu centang opsi Subscript dan klik tombol OK. Kemudian ketikkan angka 2, diikuti dengan memasukkan huruf O.

Akan tetapi pastikan kursor sudah kembali normal saat akan mengetikkan huruf O. Sebab jika tidak maka angka atau huruf yang Anda masukkan akan menjadi pangkat bawah.

Membuat Pangkat dengan Shortcut Keyboard

Cara di atas mungkin sedikit rumit karena Anda perlu melakukan beberapa kali klik dengan mouse. Akan tetapi jika ingin yang lebih praktis Anda bisa memanfaatkan shortcut atau hotkey pada keyboard untuk mengubah huruf atau angka tertentu menjadi pangkat. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Ketikkan tulisan yang diinginkan. Misalnya kami ketikkan rumus Luas Persegi = Sisi2.
  • Selanjutnya kita ubah angka 2 menjadi pangkat. Caranya blok angka tersebut, lalu tekan Ctrl + Shift + F pada keyboard.
  • Kombinasi tersebut akan memunculkan kotak dialog Format Cells.
  • Langkah berikutnya klik atau centang Superscript atau Subscript sesuai kebutuhan dan klik tombol OK. Misalnya pada contoh tersebut kami ubah menjadi pangkat atas, maka pilih Superscript dan klik OK.
  • Jadinya akan seperti berikut.

Tips Tambahan

Dengan dua cara di atas Anda juga bisa membuat bilangan pecahan. Misalnya ½, ¼, ⅓, dan lain sebagainya. Caranya ketikkan angka tersebut seperti biasa dengan tanda garis miring (/) sebagai pembagi.

Kemudian ubah angka pembilang menjadi superscript, dan penyebut menjadi subscript. Sedangkan tanda garis miring tetap biarkan tanpa perubahan.

Solusi Gagal Mengubah Angka Menjadi Pangkat

Mungkin Anda menjumpai masalah gagal mengubah angka menjadi pangkat. Setiap kali Anda mengubah menjadi Superscript atau Subscript lalu menekan tombol Enter maka angka tersebut akan kembali seperti semula.

Hal ini dikarenakan format pada sel tersebut diatur secara otomatis menjadi general. Kita bisa mengubahnya menjadi teks sehingga angka yang kita masukkan akan dibaca sebagai teks. Caranya ikuti panduan di bawah ini:

  • Blok atau seleksi sel yang akan diubah formatnya.
  • Jika sudah klik kanan dan klik menu Format Cells. Pastikan Anda sudah berada di tab Number.
  • Setelah itu klik Text dan akhiri dengan menekan tombol OK.

  • Angka yang Anda masukkan akan dibaca menjadi teks yang ditandai dengan peletakan angka tersebut yang ada di sisi kiri sel.
  • Silakan coba lagi ubah teks yang diinginkan menjadi pangkat.

Perlu dicatat, secara default Microsoft Excel menetapkan format sel menjadi General. Sehingga kita perlu mengaturnya jika ingin angka yang diketikkan dibaca sebagai teks oleh sistem.

Membuat Pangkat untuk Rumus Excel

Kekurangan dari cara yang kami jelaskan di atas adalah angka berpangkat yang kita masukkan tidak dapat dipakai dipakai untuk perhitungan dengan rumus Excel. Apabila Anda ingin menuliskan bilangan berpangkat untuk fungsi Excel, maka caranya berbeda dengan cara di atas.

Dalam Microsoft Excel bilangan berpangkat ditulis dengan menambahkan tanda “^” tanpa tanda petik. Misalnya untuk dua pangkat dua maka penulisannya adalah 2^2.

Jika Anda ingin menerapkannya pada rumus jangan lupa menambahkan tanda sama dengan (=), diikuti dengan rumus yang diinginkan. Contohnya =2^2+6*10. Jika Anda klik tombol Enter maka hasilnya adalah 64.

Baca juga: Merubah Menormalkan Data Di Excel

Dengan beberapa cara yang kami sampaikan di atas Anda sudah bisa membuat bilangan atau rumus berpangkat dengan mudah di Excel. Anda juga bisa mengembangkan cara di atas sesuai dengan kebutuhan.

Selain cara di atas Anda juga bisa memanfaatkan tool Equation seperti yang terdapat pada Microsoft Word. Dengan tool tersebut Anda bisa memasukkan rumus matematika atau rumus tertentu dengan mudah ke lembar kerja Excel. Semoga tutorial yang kami sampaikan di atas bisa membantu Anda dalam membuat bilangan berpangkat.



Loading...

Leave a Comment