Cara Membuat Label Undangan 103 Di Word


Label Undangan 103 – Pernahkah Anda diminta untuk mengetikkan nama dan alamat yang nantinya dipasang pada selembar undangan? Biasanya hal ini berhubungan dengan undangan pernikahan. Dan umumnya tamu yang akan diundang berjumlah banyak, bisa ratusan atau bahkan ribuan.

Tentu akan sangat merepotkan dan membutuhkan waktu lama jika menulisnya dengan tangan satu per satu. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan Microsoft Office untuk mempermudah pekerjaan Anda. Di samping itu Anda juga membutuhkan kerta label.

Kerta stiker label adalah kertas khusus yang memang ditujukan untuk pembuatan label seperti label undangan. Praktisnya Anda hanya perlu mencetaknya dan label siap untuk direkatkan pada undangan tanpa perlu lem lagi.

Sebenarnya ada banyak jenis label yang bisa kita beli. Akan tetapi untuk undangan yang biasa digunakan adalah label 103. Anda bisa membelinya di toko buku terdekat. Jika ingin mencetak nama dan alamat pada label tersebut, kita perlu membuat format label terlebih dahulu di Microsoft Word.

Akan tetapi sebelum itu jangan lupa untuk membuat daftar nama penerima undangan beserta alamatnya terlebih dahulu. Penasaran seperti apa langkah-langkah yang perlu dilakukan? Berikut kami jabarkan cara membuat label undangan 103 dengan bantuan Microsoft Word.

Membuat Daftar Nama Undangan di Excel

Saat ingin mencetak label undangan, maka kita sudah pasti harus memiliki daftar nama beserta alamat tamu-tamu yang akan diundang. Maka dari itu kita bisa memasukkan nama beserta alamat tersebut di Microsoft Excel.

Mengetikkan nama ini tidak harus selalu dikerjakan di awal. Anda bisa membuat label terlebih dahulu di Word. Terserah mana yang lebih mudah bagi Anda. Tahap-tahapnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Microsoft Excel yang terpasang pada PC atau laptop Anda. Kemudian buat file baru.
  • Masukkan nama dan alamat undangan ke dalam worksheet. Anda bisa memberikan judul tabel nama dan alamat supaya lebih mudah untuk membacanya. Atau Anda juga bisa menambahkan informasi lain selain nama dan alamat. Sehingga didapat format seperti berikut ini.

  • Jika sudah selesai jangan lupa simpan daftar tersebut dengan nama terserah. Anda bisa memberinya nama daftar undangan, tamu undangan dan lain-lain. Simpan di lokasi yang Anda mudah untuk mencarinya kembali nanti.

Baca juga: Cara Membuat Label Undangan 121

Membuat Label di Word

Tahap selanjutnya adalah membuat label 103 di Microsoft Word. Perlu diketahui, umumnya dalam 1 lembar kertas label terdapat 12 label yang bisa Anda gunakan. Sehingga 1 lembar ini bisa Anda gunakan untuk mencetak 12 nama sekaligus.

Untuk membuatnya Anda bisa menggunakan Microsoft Word versi 2007, 2010, 2013, 2016 ataupun Microsoft 365. Pada dasarnya caranya sama saja. Lebih jelasnya berikut langkah-langkah membuat label di Word:

  • Buka Microsoft Word Anda. Lalu klik ribbon Mailing, pilih Labels. Kemudian klik menu Options pada jendela Envelopes and Labels.

  • Jendela Label Options atau Envelopes and Labels akan muncul. Langkah berikutnya silakan klik tombol New Label.

  • Berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan detail label sesuai dengan yang Anda gunakan. Misalnya pada tutorial ini kita gunakan label tipe 103. Maka detailnya adalah sebagai berikut.

Keterangan:

  1. Label name: merupakan isian untuk nama label. Anda bisa bebas mengisinya. Contohnya kita isi dengan nama Label 103.
  2. Top margin: merupakan batas jarak dari pinggir atas kertas hingga pinggir label bagian atas.
  3. Side margin: adalah batas jarak dari pinggir samping kertas sampai dengan pinggir label bagian samping.
  4. Vertical pitch: bagian ini merupakan ukuran tinggi label ditambah jarak vertikal antara label satu dengan label berikutnya.
  5. Horizontal pitch: berbeda dengan vertical pitch, horizontal pitch adalah ukuran lebar label ditambah jarak horizontal antara label satu dengan label berikutnya.
  6. Label height: merupakan ukuran tinggi dari masing-masing label.
  7. Label width: adalah ukuran lebar dari masing-masing label.
  8. Number across: sesuai dengan namanya, merupakan jumlah kolom label.
  9. Number down: adalah jumlah baris label.
  10. Page size: merupakan ukuran kertas label secara keseluruhan.
  11. Page width: adalah ukuran lebar kertas label secara keseluruhan.
  12. Page height: sesuai dengan namanya, page height adalah ukuran tinggi kertas label secara keseluruhan.
  • Jika semua kolom telah terisi, silakan klik tombol OK pada jendela Label Details dan Label Options. Maka Anda akan dibawa kembali ke jendela Envelopes and Labels. Cermati pada bagian label dan pastikan yang terpilih adalah label yang kita buat sebelumnya. Setelah itu klik tombol New Document.

  • Setelah itu dokumen baru akan terbuka sesuai dengan template yang kita buat sebelumnya. Pada langkah ini kita sudah berhasil membuat label di Microsoft Word.

Memasukkan data Excel ke Label

Lantas bagaimana cara memasukkan data dari Microsoft Excel ke label yang ada di Microsoft Word? Untuk menjawab pertanyaan tersebut silakan simak langkah-langkah berikut ini:

  • Pada Word Anda, silakan klik ribbon Mailing > Select Recipients > Use Existing List….

  • Pilih file Excel yang memuat daftar undangan tadi.
  • Pada jendela Select Table, pilih sheet di mana Anda mengetikkan nama dan alamat tamu undangan. Contohnya jika data tersebut ada di Sheet 1 maka pilih Sheet1$. Setelah itu klik OK untuk memasukkannya.

  • Langkah selanjutnya letakkan kursor pada kolom pertama atau sudut kiri atas label yang ada di Microsoft Word Anda. Kemudian klik ribbon Mailings > Insert Merge Field > pilih dropdown Nama. Menu dropdown ini memuat judul kolom sesuai dengan yang Anda ketik pada Microsoft Excel.

  • Dalam label akan muncul tulisan «NAMA». Anda bisa menekan tombol enter dan memasukkan kata Di, lalu tekan enter kembali dan klik ribbon Mailings > Insert Merge Field > pilih dropdown Alamat untuk memasukkan alamat. Formatnya akan menjadi seperti berikut.

  • Berikutnya copy isian tersebut ke kolom selanjutnya. Akan tetapi pada kolom selanjutnya kita perlu menambahkan format.
  • Caranya klik sisi kiri «NAMA», lalu klik ribbon Mailings > Rules > Next Record. Tujuannya agar kolom kedua dan seterusnya data yang ditampilkan adalah data selanjutnya secara berurutan.

  • Sehingga sebelum isian «NAMA» terdapat tulisan «Next Record».

  • Berikutnya salin isian dari kolom kedua ke kolom selanjutnya. Kita bisa mengatur penataan teks, jenis teks hingga ukuran sesuai keinginan. Contohnya seperti berikut ini.

  • Selanjutnya kita masukkan nama dan alamat dari Excel ke dalam label tersebut. Caranya klik ribbon Mailings > Edit Individual Documents dan pilih All kemudian tekan tombol OK. Opsi ini akan menampilkan seluruh data yang ada dalam tabel Excel.

  • Tunggu proses hingga selesai. Setelah itu label siap untuk dicetak.

Baca juga: Membuat Denah Lokasi Undangan Yang Bagus

Tips Pencetakan Label

Tidak menutup kemungkinan label yang tercetak nanti tidak sesuai dengan label yang Anda miliki. Maka dari itu jangan lupa untuk memastikan bahwa ukuran di atas sudah sesuai dengan ukuran label yang Anda gunakan.

Berdasarkan pengalaman beberapa merek memiliki ukuran yang berbeda meskipun tipe labelnya sama. Gunakan penggaris untuk mengukur setiap bagian yang ada pada label yang Anda gunakan. Setelah itu coba cetak satu halaman untuk memastikan pencetakan sudah pas.



Loading...

Leave a Comment