Cara Membuat Kuesioner Penelitian Online




Membutuhkan Waktu yang Singkat

Target kuesioner yang banyak tidak akan menjadi masalah jika menggunakan kuesioner online. Sebab kuesioner online telah terintegrasi dengan spreadsheet dan program pengolah data statistik. Sehingga kita bisa melakukan riset, analisis data hingga menarik kesimpulan dengan lebih cepat dan tepat.

Margin of Error Bisa Diminimalisir

Kelebihan lain dari kuesioner online adalah kecilnya peluang margin of error. Tentu saja hal ini sangat penting. Sebab semakin besar margin of error bisa membuat pihak yang berkepentingan salah mengambil keputusan.

Responden Bisa Lebih Jujur

Kuesioner online bisa membuat responden lebih merasa nyaman untuk mengisinya dan menulis pendapat mereka. Responden bisa berkata dengan jujur karena tidak ada tekanan dari petugas survei.

5 Penyedia Kuesioner Online yang Menarik

Saat berbicara tentang kuesioner online, mungkin bayangan Anda langsung tertuju ke Google Forms yang sering digunakan oleh banyak orang. Padahal Google Forms bukan satu-satunya perusahaan yang menyediakan kuesioner online. Masih ada beberapa penyedia kuesioner online yang bisa Anda coba. Berikut 5 penyedia kuesioner online yang bisa Anda coba:

  1. Google Forms. Menjadi salah satu software yang populer dan termasuk dalam Google Drive Office Suite bersama dengan Google Documents, Google Sheets dan Google Slides. Google Forms tersedia dalanm dua versi, yakni Personal (gratis) dan Business (berbayar).
  2. Survey Monkey. Merupakan perusahaan survei online berbasis pada layanan cloudserver. Survey Monkey menawarkan desain yang menarik, profesional dan memiliki layanan perform deeper data analysis serta collaboration project.
  3. Zoho Survey. Zoho menawarkan fitur-fitur yang canggih, seperti multilingual support, branded surveys, advanced reporting, dan project collaboration. Di samping itu software ini juga terintegrasi dengan berbagai layanan, mulai dari Zoho CRM, Zoho Campaigns, Facebook, MailChimp, Google Spreadsheet, dan Google Apps Marketplace.
  4. SoGoSurvey. Menawarkan beberapa produk kuesioner andalan, seperti employee experience management surveys, customer experience management surveys, online survey tools, assessment tools. Hanya saja Anda perlu berlangganan untuk menggunakannya.
  5. Qualtrics. Ada beberapa produk yang ditawarkan oleh Qualtrics, seperti qualtrics customer XM, qualtrics product XM, qualtrics employee XM, qualtrics brand XM. Anda perlu membayar sekitar Rp 1,7 jutaan untuk menikmati paket Pro Qualtrics. Kelebihannya terletak pada fitur yang lengkap, mudah dan cepat.

Baca juga: Cara Membuat Halaman Di Word

Cara Membuat Kuesioner Online di Google Forms

Sebagai contoh, kita buat kuesioner online lewat Google Forms. Alasannya adalah proses pembuatan yang mudah dan mayoritas pengguna internet pasti memiliki email dari Google. Caranya ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka web browser Anda. Bisa memakai Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan lain-lain.
  • Buka https://docs.google.com/forms/ pada web browser Anda. Biasanya Anda akan diminta untuk login dengan akun Gmail.
  • Setelah sukses login, Anda akan dihadapkan dengan beberapa template untuk kuesioner. Anda juga bisa membuatnya dari awal dengan memilih Blank.



  • Anda akan menjumpai halaman rancangan Form.
  • Pada halaman ini Anda bisa menentukan jenis pertanyaan, metode pengisian, paragraf, waktu, pertanyaan singkat hingga judul pada tab Questions.

  • Silakan buat kuesioner sesuai dengan kebutuhan.
  • Tekan tombol Send yang ada di bagian kanan atas jika kuesioner sudah selesai dibuat.

  • Sesudah itu muncul kotak dialog yang meminta Anda untuk membagikan tautan dari formulir yang sudah Anda buat.
  • Anda bisa membagikan tautan tersebut kepada siapa saja sesuai dengan kebutuhan.

Fitur Google Forms

Dalam Google Forms Anda bisa menjumpai beberapa fitur yang menarik dan menunjang Anda dalam membuat survei atau kuesioner. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Palet: fungsinya untuk pemilihan tema formulir.
  • Gerigi: untuk melakukan pengaturan terhadap formulir. Anda juga bisa mengganti kuesioner menjadi kuis.
  • Mata: untuk melakukan pratinjau formulir yang Anda buat. Dengan kata lain kita bisa melihat kuesioner sebagai responden.
  • Tombol kirim: untuk mengirim formulir. Dapat langsung dikirim ke email tertentu. Anda juga bisa mengkopi tautan dari kuesioner Google Forms yang telah kita buat lalu disebar ke responden.
  • Tiga titik: untuk membuka pengaturan lebih lanjut.

Kuesioner di Google Form ada beberapa jenis pengisian. Antara lain Paragraph, Short Answer, Multiple Choice, Dropdown, Checkboxes, File Upload, Linear Scale, Multiple Choice Grid, Checkbox Grid, Date, sampai Time.





Leave a Comment