Cara Membuat Kuesioner Penelitian Online


Membuat Kuesioner Penelitian – Saat ini perkembangan di dunia teknologi sangat cepat. Tentu saja hal ini berdampak baik terhadap kehidupan umat manusia. Salah satu contoh sederhananya adalah dalam urusan pekerjaan. Kini kita tidak memerlukan mesin ketik manual atau bahkan menulis tangan untuk menulis. Kita bisa memakai komputer untuk melakukannya dengan lebih cepat.



Tidak hanya itu saja, saat ini berbagai hal terhubung ke internet dan bisa diakses secara real-time. Salah satunya adalah kuesioner. Jika Anda sedang duduk di bangku perkuliahan atau bekerja di bagian tertentu seperti bagian pemasaran pasti Anda tidak asing lagi dengan kuesioner.

Dulu membuat dan menyebarkan kuesioner terlihat merepotkan. Sebab harus dilakukan secara manual. Akan tetapi dengan adanya internet kita bisa membuat kuesioner online dan menyebarnya secara online pula. Sehingga kita hanya perlu duduk di depan komputer untuk membuat, menyebarkan dan memantau kuesioner yang terkumpul.

Lalu bagaimana cara membuat kuesioner online? Berikut ini kami bahas secara singkat untuk Anda. Akan tetapi pertama-tama kita bahas terlebih dahulu hal-hal yang berhubungan dengan kuesioner.

Baca juga: Cara Menghitung Skala Likert

Pengertian Kuesioner

Apa itu kuesioner? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kuesioner adalah alat riset atau survei yang terdiri atas serangkaian pertanyaan tertulis, bertujuan mendapatkan tanggapan dari kelompok orang terpilih melalui wawancara pribadi atau melalui pos. Selain itu kuesioner juga dapat diartikan sebagai daftar pertanyaan.

Kumpulan pertanyaan tersebut ditujukan kepada responden. Responden sendiri merupakan seseorang yang menjawab pertanyaan dari kuesioner. Jika telah selesai dijawab, jawaban tersebut menjadi data yang dapat diolah untuk suatu tujuan. Misalnya untuk melakukan riset pasar, mengerjakan penelitian, survei dan lain sebagainya.



Kuesioner online sendiri juga berfungsi sama. Akan tetapi kuesioner online juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Misalnya untuk pendaftaran seminar, memperoleh data diri pembeli, atau bahkan untuk membuat kuis.

Kelebihan Kuesioner Online

Anda mungkin sudah bisa menggambarkan apa kelebihan kuesioner online. Agar lebih jelas, berikut kami jelaskan apa saja kelebihan dari kuesioner online yang bisa Anda dapatkan.

Pengeluaran Biaya Lebih Terukur dan Hemat

Kuesioner atau survei konvensional membutuhkan angket dan banyak petugas. Hal ini tentu saja berimbas pada biaya survei yang akan lebih mahal. Akan tetapi lain halnya dengan survei atau kuesioner online. Sebab kuesioner online di manajemen dengan baik sehingga akan lebih hemat waktu, biaya dan tenaga untuk mencari informasi penting.

Data Bisa Diolah secara Real-time

Karena memanfaatkan internet, kuesioner online dapat mengumpulkan informasi dengan sangat baik, dalam jumlah banyak dan tertarget dalam waktu yang singkat. Tidak hanya itu, hasil kuesioner dari responden dapat dianalisis langsung tanpa membutuhkan waktu tambahan. Sehingga hasil kuesioner bisa langsung digunakan.





Leave a Comment