Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Cara Membuat Kuesioner Di Google Form


Google Forms terdiri dari dua komponen. Yakni formulir survei utama dan spreadsheet yang disinkronkan lewat akun Google yang secara otomatis mendaftar dan memformat data yang dikumpulkan. Dengan memindahkan data secara otomatis dari formulir ke spreadsheet, kesalahan administrasi dapat diminimalisir.



Yang membuatnya banyak diminati oleh orang adalah layanannya yang juga tersedia secara gratis. Aplikasi ini juga mudah untuk digunakan, dan kebanyakan orang pasti sudah memiliki akun Google sehingga tidak perlu mendaftar terlebih dahulu untuk memakainya.

Baca juga: Membuat Kuesioner Selain Dengan Google Form

Cara Menggunakan Google Forms

Seperti yang sudah dijelaskan, membuat kuesioner dengan Google Forms tidak sulit dan sederhana. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk bisa menyusun kuesioner sesuai kebutuhan. Sebelum bisa menggunakannya pastikan Anda sudah memiliki akun Google atau Gmail yang aktif dan bisa Anda pakai. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Buka situs Google Forms

Pertama-tama silakan buka situs https://docs.google.com/forms dengan web browser Anda. Bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox atau web browser lainnya. Jika belum login Anda akan diminta untuk login terlebih dahulu dengan memasukkan email atau username dan password.

Sesudah itu Anda akan melihat tampilan awal dari Google Form. Tampilannya kurang lebih seperti di bawah ini.