Cara Membuat Kop Surat Di Word Yang Benar


Cara Membuat Kop Surat Yang Benar – Kop surat adalah bagian yang sangat penting dari sebuah surat. Tanpa adanya kop, sebuah surat bisa dianggap tidak memadai dan bahkan tidak sopan. Di beberapa instansi tertentu, mengirim surat tanpa dilengkapi kop bisa membuat surat tersebut tidak diterima.

Cara Membuat Kop Surat Di Word



Maka dari itu, karena kop surat memiliki peran yang sangat penting tentunya Anda harus paham bagaimana membuat kop surat. Namun bagi Anda yang masih belum tahu cara membuat kop surat inilah saatnya untuk belajar. Pengetahuan umum seperti ini nantinya akan sangat berguna dimanapun Anda berada baik itu ketika di universitas, lingkungan kerja ataupun di lingkungan masyarakat.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara membuat kop surat yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Namun sebelum membahas lebih jauh kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian kop surat, fungsi dan juga bagian-bagiannya supaya Anda semua bisa semakin paham.

Pengertian Kop Surat

Pengertian Kop Surat

Kop surat atau yang biasa disebut dengan kepala surat merupakan format baku yang digunakan sebagai penanda otentik (khas) surat dari sebuah instansi. Pada umumnya bagian kop surat berada di bagian paling atas dari sebuah surat, atau lebih tepatnya sebelum bagian isi.

Bagian penting dari sebuah surat ini memiliki fungsi sebagai penunjuk identitas pengirim. Selain itu, kop surat juga memiliki fungsi lain yaitu untuk dapat meningkatkan tingkat formalitas dan derajat kepentingan surat yang dikirim.



Baca juga: Cara Membuat Surat Resmi

Jenis-Jenis Kop Surat

Berdasarkan tujuan penggunaannya, kop surat dibagi menjadi dua macam jenis, yaitu kop surat resmi dan tidak resmi. Untuk kop surat resmi umumnya berada di bagian atas tengah, dilengkapi dengan identitas dan juga logo instansi pengirim.

Sementara itu, kop surat resmi biasanya dikirim secara perorangan. Dalam hal ini pengirim kop surat tidak resmi tidak harus menggunakan logi. Hanya tinggal mencantumkan nama pribadi dan juga identitas singkat. Untuk tata letaknya tidak begitu ketat, bisa di tengah atau bisa juga di tepi surat.

Secara umum, surat yang dikirimkan oleh sebuah instansi nantinya akan diatasnamakan langsung pada instansi yang terkait. Hal tersebut akan berdampak pada bagian kop surat yang juga memakai identitas instansi. Berbeda halnya dengan surat pribadi.

Kop surat ini biasa dibuat menggunakan identitas pengirim secara individu. Surat seperti ini sering digunakan sebgai surat rekomendasi atau surat permohonan kepada perorangan.



Apapun itu jenisnya, kop surat yang baik dan benar harus memiliki beberapa komponen penting. Adapun komponen yang kami maksud disini adalah (1) nama perusahaan, instansi, atau perseorangan, (2) logo perusahaan (jika misalnya ada), dan (3) alamat offine atau online. Semua komponen harus ditulis dengan benar dan lengkap.

Cara Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Pembuatan kop surat sebenarnya bisa dilakukan di semua program Microsoft Ofiice. Namun akan lebih mudah jika menggunakan Microsoft Word. Adapun langkah-langkah membuat kop surat di Microsof Word adalah sebagai berikut ini:

Langkah 1: Silahkan Anda buka terlebih dahulu program Microsoft Word yang ada di komputer atau PC Anda.  Untuk versinya, disini admin menggunakan versi Microsoft Word 2013.

Langkah 2: Supaya kop suratnya nanti terlebih rapi, Anda bisa menggunakan tabel. Dengan demikian kop suratnya nanti akan lebih mudah untuk dipindahkan dan diatur.

Membuat Kop Surat Di Microsoft Word



Langkah 3: Sekarang Anda sudah bisa menulis secara lengkap untuk nama lembaga, alamat, dan juga nomor telepon. Caranya adalah dengan menggunakan perataan tengah (text align : text) seperti pada contoh gambar berikut ini.

Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Langkah 4: Selanjutnya untuk menempatkan logo yang sudah disiapkan sebelumnya, silahkan Anda blok dulu tempat logo yang ingin diletakkan seperti pada contoh gambar berikut ini. Pada bagian tab Layout silahkan Anda pilih Merge Cells untuk dapat menggabungkan sel.

Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Langkah 5: Tempatkan logo ditempat yang sudah Anda siapkan. Disini Anda juga mengubah posisi gambar pada tabel. Caranya adalah dengan menggunakan pengaturan alignment yang di tab layout.

Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Langkah 6: Untuk dapat menghilangkan border yang ada di bagian tabel. Pada tab design, lebih tepatnya di bagian table style seperti gambar berikut ini silahkan Anda klik Clear.

Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Langkah 7: Jika sudah maka akan tampil seperti gambar berikut ini. Silahkan tambahkan garis dibawah kop suatu garis. Untuk caranya di bagian tab Insert silahkan pilih Shapes > Line.

Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Langkah 8: Untuk dapat mengatur ketebalan garis, silahkan Anda klik gambar garis tersebut lali pilih tab format. Pada bagian Shape Style, silahkan Anda pilih Shape Outline > Weight > pilih ukuran.

Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Langkah 9: Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut ini.

Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Contoh-Contoh Kop Surat

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh kop surat yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika ingin membuat desainnya di Microsoft Word. Berikut ini adalah beberapa contoh kop surat untuk berbagai jenis instansi dan juga perusahaan.

  1. Sekolah

kop surat sekolah

Untuk sekolah dibedakan menjadi dua, yaitu swasta dan negeri. Khusus untuk sekolah negeri diharuskan untuk mencantumkan logo dinas pendidikan. Hal ini dikarenakan sekolah negeri berada dibawah pengawasan pemerintah.



Leave a Comment