Cara Membuat Kolom Di Microsoft Word


Membuat Kolom Di Microsoft Word – Anda pasti pernah menjumpai sebuah tulisan dalam satu lembar kertas yang dibagi menjadi dua bagian, kiri dan kanan. Biasanya format tulisan semacam ini bisa kita jumpai di koran atau majalah. Selain itu tulisan yang dibagi menjadi beberapa kolom ini juga sering dijumpai di karya ilmiah atau jurnal.



Hal tersebut bisa kita buat dengan menggunakan Microsoft Word. Mungkin masih banyak yang belum familiar dengan alur atau langkah membuat kolom di Word. Untuk itu pada kesempatan ini izinkan kami memberikan tutorial bagaimana cara membagi suatu paragraf atau sederet tulisan menjadi dua kolom atau lebih.

Membuat Kolom

Untuk membuat kolom Anda perlu mempersiapkan beberapa hal. Pastikan pada perangkat Anda sudah terinstal Microsoft Office, khususnya Microsoft Word. Anda bisa menggunakan versi berapa saja, sebab tool yang kita pakai untuk membuat kolom merupakan fitur yang sudah lama ada pada aplikasi tersebut.

Di samping itu siapkan juga dokumen yang akan dibuatkan kolom. Jika sudah silakan ikuti panduan berikut:

  • Silakan buka dokumen Word Anda yang ingin dibuatkan kolom.
  • Setelah terbuka silakan tentukan orientasi kertas yang diinginkan. Secara default Word akan membuat dokumen dengan orientasi Portrait atau tegak lurus.
  • Jika ingin mengubahnya menjadi Landscape, silakan klik Page Layout atau Layout. Kemudian klik menu Orientation pada grup Page Setup. Ubah menjadi Landscape. Untuk mengembalikannya tinggal ulangi langkah di atas dan klik Portrait.
  • Anda juga bisa klik tanda panah ke samping yang ada di sebelah tulisan Page Setup untuk membuka kotak dialog Page Setup. Pada kotak dialog tersebut Anda juga bisa mengatur orientasi kertas.

  • Bahkan Anda juga bisa mengatur margin ataupun menentukan halaman mana saja yang akan menggunakan pengaturan yang Anda buat.

  • Untuk membuat kolom silakan seleksi atau blok tulisan yang diinginkan.
  • Klik tab Page Layout, kemudian klik Columns pada grup Page Setup.



  • Pada menu ini Anda bisa melihat ada beberapa kolom yang bisa dipilih secara langsung. Jika ingin lebih Anda bisa klik More Columns.
  • Silakan pilih sesuai kebutuhan.
  • Jika Anda memilih More Columns, maka akan muncul kotak dialog baru. Pada kotak dialog ini Anda dapat mengatur jumlah kolom yang diinginkan, lebar, spasi, hingga di bagian mana Anda ingin menerapkan pengaturan kolom yang Anda buat. Anda juga bisa melihat tinjauan atau preview di sisi samping kanan.

  • Jika sudah klik tombol OK.

Pada Word tulisan yang dibagi menjadi beberapa kolom dibuat mengalir dari atas sampai bawah, kemudian pindah ke kolom berikutnya. Akan tetapi Anda bisa saja menjumpai bagian atau judul tulisan berada di sisi paling bawah kolom. Anda bisa saja menggunakan tombol Enter untuk memindahkannya ke kolom berikutnya.



Leave a Comment