Membuat Header Di Excel Tiap Halaman

Cara Membuat Header Di Excel Tiap Halaman – Kebanyakan orang sudah sangat familiar dengan Microsoft Excel. Pada dasarnya software besutan Microsoft ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam pekerjaan yang berhubungan dengan tabel, angka dan manajemen data.

Jika diperhatikan, lembar kerja Microsoft Excel terdiri dari deretan baris dan kolom yang membuat kita lebih cepat untuk membuat sebuah tabel. Kita juga bisa menggunakan formula atau rumus Excel tertentu untuk mengolah data atau angka yang kita masukkan.

Data-data dan angka dalam tabel biasanya terdiri dari banyak halaman. Kondisi ini membuat halaman kedua dan seterusnya tidak terlihat header dari tabel tersebut. Baik saat dilihat di monitor maupun saat dicetak.

Akan tetapi kita bisa mengaturnya sehingga baris tertentu yang ada di sisi paling atas atau header tabel tidak ikut tergeser saat kita melakukan scrolling. Selain itu kita juga bisa mengatur agar header suatu tabel selalu ikut tercetak pada halaman kedua, ketiga dan seterusnya. Bagaimana cara melakukannya? Silakan simak panduan berikut ini.

Memunculkan Header Tabel pada Halaman Selanjutnya Saat Dicetak

Jika kita ingin header tabel di Excel selalu tercetak saat kita melakukan printing, ada beberapa cara yang perlu dilakukan. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktekkan:

  • Sebelumnya Anda harus memastikan bahwa dokumen Excel yang Anda buka memiliki lebih dari satu halaman.
  • Setelah dokumen dibuka, klik tab Page Layout dan pilih menu Print Title. Nantinya Anda akan melihat kotak dialog Page Setup.

  • Klik tab Sheet, dan klik di area kotak Rows to repeat at top.
  • Berikutnya klik bagian header tabel yang ada di lembar kerja Excel. Sehingga header tabel yang Anda pilih muncul garis putus-putus yang mengelilingi header tabel tersebut. Selain itu dalam kotak Rows to repeat at top akan muncul range data yang akan dijadikan header tabel.
  • Jika sudah selesai silakan tekan tombol OK.

Baca juga: Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Membuat Header Tabel Selalu Tampil di Lembar Kerja Excel

Biasanya jika kita memasukkan banyak data ke dalam tabel Excel, kita akan sedikit kesulitan untuk membaca nama kolom dari tabel yang kita buat. Sebab header tabel tersebut akan tergeser ke atas saat kita scroll ke bawah.

Hal ini tentu akan merepotkan, terlebih jika Anda membuat banyak tabel atau kolom. Akan tetapi tidak perlu bingung. Ada cara yang bisa Anda lakukan sehingga header tabel atau nomor urut yang ada di kolom samping tidak ikut bergeser saat Anda melakukan scroll. Caranya adalah dengan membekukan baris tabel header atau kolom nomor urut. Berikut cara yang dapat Anda lakukan.

Membekukan Baris Tabel di Excel

  • Tentukan baris yang ingin dibekukan atau freeze. Contohnya kita akan membekukan baris pertama dan kedua.
  • Pilih sel A3, lalu klik tab View.
  • Pilih menu Freeze Panes hingga muncul menu tambahan. Kemudian pilih opsi Freeze Panes.

Dengan pengaturan ini baris 1 dan 2 akan menjadi beku atau freeze. Sehingga saat Anda scroll ke bawah baris tersebut akan tetap terlihat. Untuk melakukan unfreeze, klik tab View, pilih Freeze Panes dan klik Unfreeze Panes.

Membekukan Kolom Tabel di Excel

Setelah mengetahui bagaimana untuk melakukan freeze panes, kini kita pelajari bagaimana cara membekukan kolom di Excel. Berikut tahapan-tahapan yang perlu Anda lakukan:

  • Misalnya kita ingin membekukan kolom A.
  • Klik tab View.
  • Pilih Freeze Panes dan klik Freeze first Column.

Jika ingin membekukan beberapa kolom sekaligus, langkahnya mirip dengan membekukan baris di atas. Contohnya jika ingin membekukan kolom A dan B, maka caranya:

  • Klik sel C3.
  • Klik tab View.
  • Pilih Freeze Panes dan klik Freeze Panes.

Dengan begitu kolom pertama dan kedua tidak akan ikut bergeser saat Anda scroll ke kanan. Untuk cara ini baris pertama dan kedua yang berada di atas sel C3 juga ikut beku. Bisa dilihat dari garis hitam yang membentang membagi kolom dan baris yang dibekukan dengan yang tidak.

Membekukan Kolom dan Baris Tabel di Excel

Membekukan kolom dan baris suatu tabel di Microsoft Excel juga tak jauh berbeda dengan cara di atas. Supaya lebih jelas berikut caranya:

  • Misalnya kita akan membekukan baris pertama dan kedua, serta kolom pertama. Maka klik sel B3.
  • Klik tab View.
  • Pilih menu Freeze Panes dan klik Freeze Panes.

Mencetak Judul Kolom dan Baris di Setiap Halaman

Jika Anda mencetak lembar kerja yang memiliki banyak halaman, Anda bisa mengaturnya supaya header tabel atau judul kolom dan judul baris ikut tercetak di setiap halaman. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik tab Page Layout.
  • Pada grup Sheet Options, centang opsi Print yang ada di bawah Headings.

  • Untuk melihat seperti apa tampilan lembar kerja saat dicetak nanti, pilih menu File dan klik Print. Anda bisa melihatnya pada preview pane.

Baca juga: Cara Membuat Huruf Kapital Di Excel

Mengulangi Baris atau Kolom Tertentu di Setiap Halaman yang Dicetak

Untuk lembar kerja yang memiliki lebih dari satu halaman untuk dicetak, Anda dapat memberi label data dengan menambahkan judul baris dan kolom yang akan muncul pada setiap halaman cetak. Label tersebut juga bisa disebut dengan istilah print titles. Cara menambahkan Print Titles atau judul cetak adalah sebagai berikut:

  • Pada lembar kerja yang akan dicetak, klik tab Page Layout.
  • Klik Print Titles yang berada di grup Page Setup.

  • Pada tab Sheet di bawah Print Titles Anda bisa melakukan salah satu atau kedua opsi di bawah ini.
    • Dalam kotak Rows to repeat at top, masukkan baris yang berisi label baris.
    • Dalam kotak Columns to repeat at left, masukkan kolom yang berisi label kolom.
  • Contohnya jika Anda ingin mencetak label kolom di sisi atas dari setiap halaman yang dicetak, ketikkan 1:$1 di kotak Rows to repeat at top.

Sebagai tambahan, Anda bisa menekan tombol Collapse Popup Window yang ada di sisi kanan boks Rows to repeat at top dan Columns to repeat at left untuk memilih baris atau kolom yang ingin diulangi di lembar kerja. Sesudah selesai memilih baris atau kolom, klik tombol Collapse Dialog lagi untuk kembali ke kotak dialog sebelumnya.

Jika pada lembar kerja Anda terdapat lebih dari satu lembar kerja yang dipilih, kotak Rows to repeat at top dan Columns to repeat at left tidak tersedia di kotak dialog Page Layout. Untuk membatalkan pilihan beberapa lembar, silakan klik lembar kerja manapun yang tidak dipilih. Jika tidak ada lembar tak terpilih yang terlihat, klik kanan tab lembar terpilih dan klik Ungroup Sheets yang berada di menu shortcut.

Demikian tutorial membuat header di Excel yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga cara-cara di atas bermanfaat untuk Anda dan Anda bisa mempelajarinya dengan mudah.

Loading...

Leave a Comment