Cara Mudah Membuat Filter Data Di Excel


Cara Membuat Filter Data Excel – Anda mungkin sering dihadapkan dengan pekerjaan atau tugas yang mengharuskan Anda untuk menggunakan software spreadsheet seperti Microsoft Excel. Misalnya Anda perlu merekap data dalam sebuah tabel yang nantinya bisa Anda filter berdasarkan beberapa kondisi.



Untuk melakukannya kita bisa menggunakan fitur Autofilter. Fitur ini pada dasarnya merupakan fitur filter yang bisa kita jumpai pada Microsoft Excel. Fungsi dari Autofilter ini adalah untuk menyaring data atau menampilkan data yang diinginkan berdasarkan suatu kriteria.

Fitur ini tentu saja akan sangat berguna jika kita dihadapkan dengan data yang banyak. Sehingga kita bisa menganalisis dengan mudah dan menampilkan data berdasarkan yang kita butuhkan. Menu filter juga dapat digunakan sebagai media reporting sederhana, maupun untuk menampilkan data dengan pemfilteran satu atau multi variabel. Lantas bagaimana cara melakukan Filter pada Microsoft Excel?

Pada kesempatan ini kami bahas lebih jauh seputar cara memakai filter di Excel. Langsung saja berikut pembahasan selengkapnya yang bisa Anda pelajari.

Menggunakan Filter Data di Microsoft Excel

Untuk mengakses menu filter silakan klik tab Data. Anda bisa melihatnya dalam grup Sort & Filter seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. Seluruh tipe data, baik teks, angka, tanggal maupun jam pada Microsoft Excel bisa dilakukan pemfilteran. Akan tetapi kondisi untuk setiap tipe data akan berbeda.

Pada menu filter ada tiga ikon berbeda, antara lain:



  1. Clear: untuk mengembalikan data seperti semula sesudah data terfilter
  2. Reapply: bertujuan untuk memfilter ulang saat terjadi perubahan data
  3. Advanced: untuk memfilter data dengan kriteria yang kompleks

Untuk melakukan filter, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  • Sebelum data bisa difilter, jangan lupa untuk memberikan judul kolom atau header.
  • Setelah itu letakkan kursor pada area data.
  • Klik tab Data, lalu pilih menu Filter. Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + L pada keyboard.
  • Pastikan setiap judul kolom terdapat dropdown filter yang berupa kotak dengan tanda segitiga terbalik.

Langkah awal untuk filter data di Excel telah selesai. Berikutnya Anda bisa melakukan filter data  berdasarkan kondisi tertentu.

Baca juga: Cara Membuat Aplikasi Data Otomatis Excel

Memfilter Rentang Data

Kita bisa melakukan filter rentang data dengan suatu kriteria yang bisa kita atur sesuai kebutuhan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih sel apa saja dalam rentang.
  • Setelah itu pilih tab Data dan klik menu Filter.



  • Pilih panah header kolom yang akan difilter.
  • Pilih filter teks atau filter angka, kemudian pilih perbandingan, misalnya di antaranya.

  • Muncul kotak dialog baru yang bisa kita isi sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Jika sudah diatur silakan klik OK.

Memfilter Data dalam Tabel

Ketika Anda meletakkan data Anda dalam tabel, kontrol filter akan ditambahkan ke header tabel secara otomatis. Anda bisa melihat gambar di bawah ini.



Leave a Comment