Cara Membuat List Dropdown Di Excel


Membuat List Dropdown Excel – Dengan Microsoft Excel kita bisa membuat banyak hal, lebih dari sebatas membuat tabel. Salah satunya adalah membuat list dropdown atau combo box. Kita bisa membuat elemen ini pada lembar kerja Excel kita. Caranya adalah dengan memakai data validation.

Data validation merupakan salah satu fitur di Microsoft Excel yang tujuannya untuk membatasi isi suatu sel pada sebuah worksheet. Dengan demikian kita bisa terhindar dari kesalahan entry ataupun input data ketika memasukkan nilai ke dalam sebuah sel.



Tidak hanya berguna untuk membatasi isi sel dengan suatu nilai atau rentang nilai tertentu, kita juga bisa menggunakan fitur ini untuk membatasi isi sebuah sel dengan beberapa nilai angka, termasuk tanggal dan waktu maupun nilai teks yang bisa kita tentukan sendiri.

Untuk memudahkan pengguna dalam melakukan input data, nilai-nilai tersebut ditampilkan bentuk dropdown list. Dengan begitu kita bisa melakukan entry data dengan cepat dan praktis.

Penggunaannya bisa bermacam-macam. Misalnya kita bisa mengatur atau membatasi sel tersebut dengan isian jenis kelamin, pekerjaan, kota domisili dan lain sebagainya. Karena fungsinya yang tergolong penting dan bermanfaat, pada kesempatan kali ini kami bahas bagaimana cara membuat list dropdown di Microsoft Excel.

Membuat List Dropdown Sederhana di Excel

Untuk membuat list dropdown, ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan. Berikut beberapa tahapan yang perlu Anda ingat dan catat:

  • Lakukan seleksi pada sel atau range yang ingin kita jadikan list dropdown.
  • Kemudian pilih tab Data dan klik Data Validation, atau gunakan shortcat Alt + A + V + V. Maka akan muncul dialog box Data Validation.



  • Selanjutnya pada bagian Validation Criteria di tab Settings, klik dropdown Allow: dan pilih opsi List.
  • Dan di bagian Source: tuliskan daftar pilihan data yang diizinkan untuk dimasukkan dalam sel yang akan menjadi list dropdown. Gunakan tanda ; atau , untuk memisahkan pilihan satu dengan pilihan kedua dan selanjutnya.
  • Jangan lupa untuk mencentang opsi Ignore blank dan In-cell dropdown.
  • Anda juga bisa melakukan pengaturan pada tab Input Message dan Alert Message sesuai kebutuhan. Atau abaikan saja jika dirasa tidak perlu. Input Message berfungsi untuk mengatur pesan saat sel tervalidasi kita pilih. Sedangkan Alert Message merupakan menu untuk mengatur pesan yang ditampilkan ketika data yang dimasukkan salah atau tidak sesuai dengan yang telah diatur dalam data validasi.

  • Setelah selesai klik tombol OK.

Tampilan sel yang tadi kita atur akan berubah menjadi seperti gambar di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengurutkan Hari Dan Tanggal Di Excel

Membuat List Dropdown dengan Range Source Excel

Cara di atas lebih cocok digunakan jika data yang digunakan sedikit. Contohnya seperti opsi jenis kelamin, ya atau tidak, pekerjaan dan lain sebagainya. Akan tetapi cara tersebut akan kurang tepat jika digunakan pada data yang relatif banyak.



Contohnya data yang memuat nama pelanggan, kode barang, nama produk dan lain sebagainya. Apalagi jika data tersebut bisa berubah ke depannya. Tentu saja akan menyulitkan kita untuk membuat list dropdown.

Akan tetapi ada cara lain yang dapat kita manfaatkan. Kita bisa memakai referensi range yang mengarah ke list data yang kita buat. Anda bisa membuatnya pada sheet yang sama ataupun yang berbeda. Lebih jelasnya berikut cara membuat list dropdown dengan range source:

  • Pertama-tama buat atau siapkan daftar data yang akan digunakan untuk dropdown list. Anda bisa membuat daftar data ini dalam sheet yang sama dengan list dropdown ataupun dalam sheet yang berbeda. Contohnya kita buat produk sayur yang dijual di toko.

  • Selanjutnya silakan tentukan sel yang akan dijadikan list dropdown. Caranya hampir mirip dengan cara pertama. Yakni pilih tab Data dan klik Data Validation.
  • Setelah itu akan tampil kotak dialog Data Validation. Selanjutnya di bagian Validation Criteria di tab Settings, klik dropdown Allow: dan pilih opsi List.
  • Bedanya, pada isian Source: kita isi dengan referensi absolut yang mengarah pada range list data yang sudah kita buat.
  • Cara memilihnya klik terlebih dahulu text box Source:, selanjutnya tekan tahan sel ujung atas atau bawah yang menjadi daftar data, kemudian geser hingga seluruh daftar terblok atau terseleksi. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

  • Jika selesai klik tombol OK. maka tampilannya kurang lebih akan seperti berikut.



Mengubah List Dropdown di Excel

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika daftar pilihan yang kita buat kita edit atau ubah? Bagaimana cara mengedit list dropdown? Untuk hal ini silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih sel yang akan Anda ubah list dropdown-nya.
  • Berikutnya buka menu Data Validation dengan cara klik tab Data, dan klik Data Validation pada grup Data Tools.
  • Sesudah kotak dialog Data Validation tampil, lakukan perubahan pada daftar data yang Anda buat sebelumnya.
  • Jika selesai, centang opsi Apply these changes to all other cells with the same settings. Tujuannya untuk menerapkan perubahan pada seluruh sel atau range yang terpengaruh data validasi tersebut.
  • Klik tombol OK.

Menghapus List Dropdown di Excel

Setelah belajar cara membuat list dropdown, kini kita pelajari bagaimana cara menghapusnya. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Lakukan seleksi pada sel atau range yang akan kita hapus list dropdown-nya.
  • Buka tab Data, lalu klik Data Validation yang ada dalam grup Data Tools.
  • Jika ingin menghapus list dropdown untuk seluruh sel yang terkait atau memiliki pilihan yang sama, centang opsi Apply these changes to all other cells with the same settings. Sedangkan jika ingin menghapus sel-sel tertentu saja biarkan opsi ini dalam kondisi tak tercentang.
  • Selanjutnya untuk menghapus list dropdown silakan klik tombol Clear All.
  • Akhiri dengan klik tombol OK.

Baca juga: Cara Membuat Tabel Di Excel

Membuat Nama Range di Excel

Pada text box Source: di atas kita perlu memasukkan range data dengan cara klik tahan dan geser pada tabel yang akan dijadikan list dropdown. Akan tetapi kita bisa menggunakan menu define name untuk memudahkan pengisian dan meminimalisir kesalahan.



Leave a Comment