Cara Membuat Denah Rumah Dengan Skala


Membuat Denah Rumah – Memiliki rumah yang nyaman adalah idaman bagi kita semua. Hal ini bisa memacu semangat kita untuk berangan-angan seperti apa desain rumah yang kita inginkan. Selain itu ide-ide mengenai gambaran rumah bisa dituangkan dalam bentuk denah.

Hanya saja tidak semua orang paham soal denah rumah. Padahal memahami cara membuat denah rumah bisa memudahkan Anda untuk menentukan dengan tepat bagaimana tampilan rumah Anda nantinya dengan memanfaatkan tanah yang ada.

Tidak hanya itu, dengan adanya denah rumah ini Anda bisa lebih mudah berkomunikasi dengan arsitek atau desainer jasa yang Anda gunakan saat ingin membangun rumah. Tak perlu bingung, pada artikel ini kami bahas bagaimana cara membuat denah rumah dengan benar. Langsung simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Denah Rumah

Sebelum membahas cara membuat denah, terlebih dahulu kita kenali apa itu denah rumah. Denah rumah atau floor plan merupakan skala diagram suatu ruangan atau bangunan tampak atas.

Denah rumah menggambarkan seluruh bagian bangunan dalam bentuk satu lantai bangunan maupun satu ruangan. Di dalam gambarnya denah mencakup ukuran bangunan, perabotan atau hal-hal lain yang dibutuhkan untuk memenuhi rancangan.

Baca juga: Cara Menghitung RAB Bangunan

Membuat Denah Rumah dengan Benar

Dengan menggambar denah rumah, kita bisa mendapat gambaran akurat mengenai tata letak ruang rumah kita nantinya. Sehingga kita bisa mengaturnya sedemikian rupa sehingga nantinya rumah kita nyaman dan memiliki pencahayaan maupun sirkulasi udara yang memadai. Bahkan Anda juga bisa mengatur letak furnitur rumah Anda.

Hanya saja Anda juga harus memahami bagaimana cara membuat denah rumah yang benar. Berikut adalah tahapan dalam menyusun denah rumah.

Memilih Model Rumah

Kita perlu menentukan seperti apa model rumah kita nantinya. Sebab hal ini bisa mempengaruhi gambaran denah rumah secara langsung. Tidak hanya mempengaruhi gambaran denah rumah saja, model rumah juga akan memudahkan preferensi Anda terhadap sketsa rumah secara menyeluruh.

Misalnya jika memilih model rumah satu lantai, maka Anda bisa menggabungkan ruangan dalam satu ruangan saja. Sedangkan jika ingin rumah Anda mempunyai dua lantai, maka Anda perlu menentukan denah rumah dengan dua ruangan yang berbeda.

Membuat Daftar Aktivitas

Anda bisa mengawali pembuatan denah rumah dengan membuat daftar aktivitas yang nantinya dilakukan oleh Anda dan anggota keluarga lain di ruangan. Contohnya jika Anda sering menonton TV maka Anda bisa mengatur ruang keluarga senyaman mungkin dengan adanya sofa. Atau jika hobi masak Anda bisa membuat denah dapur yang nyaman dan memadai untuk seluruh peralatan dapur rumah Anda.

Untuk tahap ini Anda perlu mengeliminasi atau menggabungkan beberapa fungsi dan aktivitas. Dengan catatan jika hal tersebut memang dibutuhkan untuk efisiensi denah karena luas tanah yang terbatas.

Mempelajari Standar dan Kebutuhan Setiap Ruang

Anda juga perlu mengetahui kebutuhan ruangan. Mulai dari standar ukuran setiap jenis ruangan hingga berbagai kebutuhan mendasar. Cermati dan pastikan bahwa ruang di denah rumah Anda sudah sesuai dengan standar dan tidak mengganggu ruangan lainnya.

standar denah rumah

Menentukan Jumlah Ruangan

Yang tak kalah penting dalam membuat denah rumah adalah menentukan jumlah ruangan rumah Anda. Termasuk jumlah lantai di rumah impian Anda. Jika sudah ada bangunannya, maka Anda hanya perlu melakukan survei dan membagi ruangan sesuai dengan kebutuhan.

Akan tetapi jika bangunan rumah belum ada maka Anda perlu menggambar denah berdasarkan ukuran lahan dan lokasi yang akan dibangun.

Mengukur Bangunan dan Lahan

Jika Anda membangun rumah dari nol atau di lahan yang kosong, maka Anda harus memastikan bahwa total area sesuai dengan tempat yang akan dibangun. Sedangkan jika sudah ada bangunan rumah, ukur dinding, pintu dan furnitur yang ada pada rumah tersebut. Tujuannya untuk mendapatkan denah rumah yang lebih akurat.

Anda bisa melihat bangunan lain  yang ada di daerah tersebut sebagai referensi tambahan. Tujuannya untuk perkiraan hasil denah yang akan dibuat nantinya.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Bangunan

Membuat Zonasi dan Korelasi Setiap Ruang

Berikutnya Anda perlu menghubungkan kebutuhan ruang yang satu dengan ruang lainnya. Contohnya adalah dengan mengatur letak kamar tidur berdekatan dengan kamar tidur. Lalu menempatkan dapur dekat dengan ruang makan dan lain sebagainya.

desain denah rumah

Sesudah itu langkah selanjutnya adalah memberikan zonasi pada diagram hubungan antar ruang tersebut. Misalnya bagian mana yang menjadi area privat, publik ataupun servis. Yang perlu Anda catat, jangan membuat zona yang saling tumpang tindih dan mengganggu kenyamanan antar ruangan.

Membuat Denah Dasar

Jika zonasi sudah selesai, maka berikutnya adalah membuat zonasi dan diagram hubungan antar ruang tersebut menjadi sebuah denah dasar. Komponen dari denah dasar ini hanya berupa garis-garis sederhana yang tujuannya adalah untuk menggambarkan seperti apa denah nantinya.

denah rumah dasar

Cara membuat denah dasar adalah dengan memainkan tebal dan tipis garis. Walaupun tampak sederhana, denah rumah dasar sangat berguna untuk memperoleh gambaran kasar bagaimana bentuk struktur rumah Anda.

Menggambar dengan Spesifik

Langkah terakhir adalah membuat gambar pintu dan jendela secara spesifik. Pastikan arah denah Anda sudah benar. Di samping itu beri nama pada setiap denah di ruangan supaya Anda tidak kebingungan saat melihatnya.

detail denah rumah

Anda juga bisa menambahkan keterangan bahan dan ukuran. Misalnya ketebalan dinding, simbol material, lambang bukaan pintu, jendela dan lain sebagainya. Sedangkan dimensi ruangan, hingga ketinggian lantai bisa Anda lengkapi beserta detail-detail arsitektural lainnya.

menggambar denah rumah

Membuat Beberapa Alternatif Denah Rumah

Sebagai tips tambahan buat beberapa alternatif denah rumah dari denah dasar yang sudah Anda buat. Sehingga nantinya Anda memiliki beberapa kemungkinan denah rumah lainnya.

Dengan adanya beberapa alternatif ini Anda bisa mendapatkan denah rumah terbaik. Itulah kenapa membuat beberapa alternatif denah rumah menjadi hal yang tak kalah penting dari beberapa hal di atas.

Memakai Aplikasi Desain Rumah

Anda bisa melakukan simulasi terhadap denah rumah buatan Anda dengan bantuan aplikasi. Anda tidak harus memiliki PC untuk menggunakan aplikasi tersebut. Sebab cukup dengan smartphone saja Anda sudah bisa menjalankan aplikasi desain rumah.

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda coba. Antara lain Planner 5D, Home Design 3D: My Dream Home, Floor Plan Creator, dan 3D Small House Design. Hanya saja ada beberapa aplikasi yang tidak benar-benar gratis. Sehingga Anda perlu membayar untuk menggunakan fitur-fitur tertentu pada aplikasi tersebut.

Cara Membuat Skala pada Denah Rumah

Membuat skala pada denah rumah tidaklah sulit jika kita tahu bagaimana caranya. Berikut ini adalah cara membuat skala untuk denah rumah:

  1. Ukur panjang ruangan sebenarnya di dalam rumah Anda. Biasanya panjang ruangan ini dinyatakan dalam satuan meter. Anda bisa mengubahnya menjadi cm. Contohnya dari 4 m menjadi 400 cm.
  2. Ukur panjang denah kamar dalam satuan cm.
  3. Langkah selanjutnya bandingkan panjang ruangan pada denah dengan panjang ruangan pada keadaan sebenarnya. Misalnya jika panjang ruangan sebenarnya 400 cm dan panjang ruangan pada denah 4 cm, maka skala denah tersebut adalah 4:400 atau bisa disederhanakan menjadi 1:100.


Loading...

Leave a Comment