Cara Membuat Database MySQL Dengan Mudah


Cara Create Database MySQL – Sebuah website biasanya memuat banyak bagian penting, salah satunya adalah database. Database menyimpan seluruh data yang ada di dalam suatu website. Maka dari itu bagi web developer mempelajari database menjadi hal yang penting sekali. Tak heran jika database diajarkan kepada siswa atau mahasiswa yang masuk dalam jurusan teknik informatika.

Berbicara soal database, ada banyak sekali jenis database yang bisa kita gunakan. Jika berbicara soal mana yang paling populer, MySQL bisa menjadi jawaban yang tepat. Database MySQL menjadi salah satu relational database management system (RDBMS) yang banyak digunakan oleh developer.

Bukan tanpa alasan, MySQL menawarkan kemudahan kepada para penggunanya. Selain itu MySQL juga bisa digunakan secara gratis. MySQL sendiri diciptakan oleh Michael Widenius yang pada akhirnya diakuisisi oleh Oracle.

MySQL menjadi salah satu sistem manajemen basis data relasional open source yang bisa berjalan di hampir semua jenis platform, baik Windows, UNIX maupun Linux. MySQL sebenarnya lebih dikenal sebagai manajemen basis data untuk aplikasi berbasis web.

Karena menjadi salah satu RDBMS yang populer, maka kami bahas tentang bagaimana cara create database MySQL. Perlu diketahui, membuat database di MySQL bisa dilakukan dalam beberapa cara yang berbeda. Seperti lewat cPanel hosting, localhost dengan command prompt atau lewat phpMyAdmin.

Baca juga: Cara Membuat Foreign Key Di MySQL

Cara Membuat Database di MySQL

Seperti yang sudah disinggung di atas, membuat database di MySQL bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut kami jelaskan satu per satu.

Membuat Database MySQL lewat cPanel

Anda pastinya sudah tidak asing dengan cPanel. cPanel merupakan sebuah kontrol panel web hosting yang disediakan oleh layanan web hosting. Tujuannya untuk memudahkan pemilik website untuk melakukan pengaturan lewat tampilan web.

Jika memakai hosting unlimited dengan cPanel, kita bisa membuat database lewat menu yang tersedia untuk melakukan pengaturan database. Lebih jelasnya berikut langkah-langkah membuat database lewat cPanel:

  • Login terlebih dahulu ke cPanel
  • Klik menu MySQL Databases yang ada di kolom Databases

  • Muncul menu Create New Database. Masukkan nama database yang ingin dibuat pada kolom New Database dan klik tombol Create Database.

  • Berikutnya kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan cara menekan tombol Go Back.
  • Tahap selanjutnya adalah membuat user baru dengan mengakses Add New User. Isi nama user di bagian Username, lalu password di kolom Password dan akhiri dengan menekan tombol Create User.

  • Untuk kembali ke halaman sebelumnya silakan klik tombol Go Back seperti langkah di atas.
  • Setelah database dan user selesai dibuat, berikutnya adalah menambahkan user pada database. Di bagian Add User to Database pilih user dan database lewat menu drop down yang sudah dibuat. Lalu klik tombol Add untuk menyimpan perubahan.

  • Kemudian centang pilihan ALL PRIVILEGES dan tekan tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan yang sudah dibuat.

Langkah selesai, Anda sudah membuat database baru lewat cPanel.

Membuat Database MySQL lewat Command Prompt

Tidak hanya lewat cPanel, membuat database MySQL juga bisa dilakukan dengan bantuan Command Prompt di localhost. Hal ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengembangkan website namun tidak selalu terhubung ke internet.

Yang perlu Anda lakukan hanya meng-install MySQL di komputer yang Anda gunakan. Setelah itu jalankan perintah lewat Command Prompt untuk membuat database baru.

Pada cara kedua ini ada dua program yang biasa digunakan. Yakni XAMPP dan WAMPServer. Berikut akan dijelaskan satu per satu.

XAMPP

Untuk aplikasi XAMPP, database yang digunakan bisa MariaDB atau MySQL. MariaDB sendiri merupakan database yang dikembangkan dari MySQL. Oleh karenanya cara pembuatan database keduanya sama persis.

Pastikan sebelum mengikuti langkah di bawah ini Anda sudah meng-install XAMPP pada komputer yang Anda gunakan. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Sesudah selesai meng-install XAMPP, jalankan program ini dengan klik tombol Start pada baris MySQL.

  • Lalu buka Command Prompt yang bisa Anda akses lewat tekan tombol Windows + R dan mengetikkan cmd atau lewat fitur search.
  • Ketikkan perintah cd c:\xampp\mysql\bin dan tekan tombol Enter, dengan asumsi XAMPP ter-install di drive c:\.

  • Setelah itu ketikkan mysql -u root.

  • Langkah berikutnya adalah membuat database. Caranya ketik perintah create database (nama database); dan tekan Enter. Ketikkan nama database sesuai keinginan tanpa tanda kurung.
  • Untuk mengecek database yang baru saja kita buat, ketikkan perintah show databases; dan tekan Enter.

WAMPServer

Sama halnya dengan XAMPP, sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah pastikan Anda sudah memasang WAMPServer pada PC Anda. File instalasi WAMPServer bisa diunduh secara gratis pada website resminya. Jika sudah ter-install, silakan ikuti tahapan berikut:

  • Buka Command Prompt dengan cara serupa di atas.
  • Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan perintah cd c:\wamp64\bin\mysql\mysql5.7.19\bin. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu di mana software ini ter-install, berikut versi MySQL yang terpasang.

  • Berikutnya ketikkan perintah mysql -u root dan tekan Enter.
  • Sama seperti langkah di atas, untuk membuat database masukkan perintah create database (nama database); lalu tekan Enter. Misalnya adalah create database contohdatabase;.
  • Sedangkan untuk melihat daftar database ketikkan perintah show databases; dan tekan tombol Enter pada keyboard.

Membuat Database MySQL Lewat phpMyAdmin

Anda juga bisa membuat database MySQL di localhost dengan bantuan phpMyAdmin jika cara kedua di atas terasa lebih rumit. Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa phpMyAdmin adalah sebuah software yang dibuat dengan PHP yang berfungsi untuk mengatur administrasi MySQL lewat web.

Ada banyak operasi MySQL dan MariaDB yang didukung phpMyAdmin. Mulai dari pengelolaan database, tabel, kolom, relasi, pengguna dan lain sebagainya.

Sebelum bisa membuat database lewat phpMyAdmin, pastikan PC Anda sudah ter-install software XAMPP atau WAMPServer terlebih dahulu. Jika sudah silakan ikuti langkah di bawah ini:

  • Pada contoh ini kita gunakan software XAMPP. Buka program ini dan jalankan service Apache dan MySQL dengan cara menekan tombol Start di sebelah kanan.

  • Sesudah itu buka localhost/phpmyadmin pada web browser Anda.
  • Untuk membuat database, klik New dan masukkan nama database pada menu Create database. Sesudah itu tekan tombol Create.

  • Jika berhasil database bisa Anda lihat pada menu sisi kiri.

Baca juga: Cara Membuat CRUD Dengan PHP Dan MySQL

Demikian tutorial sederhana yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Perlu dipahami bahwa cara membuat database MySQL di atas merupakan cara sederhana. Anda bisa mengembangkannya lagi sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya Anda bisa membuat user dan password database. Selain itu Anda juga bisa mengatur hak akses pengguna ataupun membuat user database baru dan menghubungkan database dan user.

Semoga cara membuat database MySQL di caraharian.com ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terutama Anda yang sedang belajar tentang database MySQL.



Loading...

Leave a Comment