Membuat Cover Buku Di Word Dengan Mudah


Cara Membuat Cover Buku – Menyusun sebuah dokumen, baik karya tulis ilmiah, cerita pendek, tugas sekolah, atau surat dengan bantuan Microsoft Word. Akan tetapi pernahkah Anda membuat cover buku dengan aplikasi tersebut?

Mungkin tidak banyak yang pernah membuatnya. Sehingga tidak mengherankan jika banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat cover untuk buku, skripsi, karya tulis ilmiah, ataupun cover lainnya.



Membuat sampul buku di Microsoft Word sebenarnya tidak rumit. Bahkan Microsoft telah menyediakan tool khusus yang bisa kita manfaatkan untuk membuat cover. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut kami sampaikan tutorial yang bisa Anda praktekkan sendiri. Ada beberapa metode yang bisa Anda coba sehingga Anda bisa menentukan mana yang lebih Anda sukai.

Dengan Tool Cover Page

Cara pertama yang bisa kita gunakan adalah dengan tool Cover Page. Cara ini tergolong mudah dan cepat, sehingga cocok untuk Anda yang ingin membuat cover buku atau dokumen dalam waktu singkat.

Perlu diketahui, tool ini baru bisa digunakan pada Microsoft Word versi 2007 ke atas. Pastikan pada PC Anda sudah terinstal Microsoft Office dengan versi tersebut. Jika sudah silakan simak panduan di bawah ini.

  • Buka program Word atau dokumen Anda yang ingin ditambahkan cover.
  • Setelah aplikasi terbuka, klik tab Insert dan pilih menu Cover Page yang ada di sisi kiri.

  • Anda akan menjumpai beberapa template cover yang dapat digunakan. Silakan pilih salah satu cover sesuai keinginan.

  • Juga terdapat menu More Cover Pages from Office.com untuk menampilkan beberapa cover tambahan yang diambil dari situs resmi Microsoft Office. Selain itu ada menu Remove Current Cover Page untuk menghapus cover yang ada pada dokumen Anda.
  • Setelah Anda memilih salah satu cover yang ada, maka cover tersebut secara otomatis diterapkan pada dokumen Anda. Anda tinggal mengganti isian yang ada dengan tulisan Anda.

  • Anda bisa menyesuaikan jenis font, warna font, hingga warna elemen yang ada pada cover. Anda juga bisa menambahkan elemen tambahan sesuai keinginan.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Melengkung Di Word

Cara Kedua

Cara kedua ini berbeda dengan cara pertama. Sebab dalam cara ini kita mengubah ukuran kertas menjadi ukuran tertentu sehingga nantinya bisa menjadi cover depan dan juga belakang.



Leave a Comment