Membuat Cover Buku Di Word Dengan Mudah


Cara Membuat Cover Buku – Menyusun sebuah dokumen, baik karya tulis ilmiah, cerita pendek, tugas sekolah, atau surat dengan bantuan Microsoft Word. Akan tetapi pernahkah Anda membuat cover buku dengan aplikasi tersebut?

Mungkin tidak banyak yang pernah membuatnya. Sehingga tidak mengherankan jika banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat cover untuk buku, skripsi, karya tulis ilmiah, ataupun cover lainnya.

Membuat sampul buku di Microsoft Word sebenarnya tidak rumit. Bahkan Microsoft telah menyediakan tool khusus yang bisa kita manfaatkan untuk membuat cover. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut kami sampaikan tutorial yang bisa Anda praktekkan sendiri. Ada beberapa metode yang bisa Anda coba sehingga Anda bisa menentukan mana yang lebih Anda sukai.

Dengan Tool Cover Page

Cara pertama yang bisa kita gunakan adalah dengan tool Cover Page. Cara ini tergolong mudah dan cepat, sehingga cocok untuk Anda yang ingin membuat cover buku atau dokumen dalam waktu singkat.

Perlu diketahui, tool ini baru bisa digunakan pada Microsoft Word versi 2007 ke atas. Pastikan pada PC Anda sudah terinstal Microsoft Office dengan versi tersebut. Jika sudah silakan simak panduan di bawah ini.

  • Buka program Word atau dokumen Anda yang ingin ditambahkan cover.
  • Setelah aplikasi terbuka, klik tab Insert dan pilih menu Cover Page yang ada di sisi kiri.

  • Anda akan menjumpai beberapa template cover yang dapat digunakan. Silakan pilih salah satu cover sesuai keinginan.

  • Juga terdapat menu More Cover Pages from Office.com untuk menampilkan beberapa cover tambahan yang diambil dari situs resmi Microsoft Office. Selain itu ada menu Remove Current Cover Page untuk menghapus cover yang ada pada dokumen Anda.
  • Setelah Anda memilih salah satu cover yang ada, maka cover tersebut secara otomatis diterapkan pada dokumen Anda. Anda tinggal mengganti isian yang ada dengan tulisan Anda.

  • Anda bisa menyesuaikan jenis font, warna font, hingga warna elemen yang ada pada cover. Anda juga bisa menambahkan elemen tambahan sesuai keinginan.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Melengkung Di Word

Cara Kedua

Cara kedua ini berbeda dengan cara pertama. Sebab dalam cara ini kita mengubah ukuran kertas menjadi ukuran tertentu sehingga nantinya bisa menjadi cover depan dan juga belakang.

Misalnya pada contoh ini kita buat cover untuk kertas ukuran A4. Sehingga kita akan mengubah ukuran kertas menjadi A3. Mengapa harus ukuran A3? Sebab ukuran kertas ini pada dasarnya adalah dua kali ukuran kertas A4. Simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Jangan lupa untuk menyiapkan berkas yang dibutuhkan. Seperti gambar, background, atau teks yang akan dimasukkan ke dalam cover.
  • Buat dokumen baru di Microsoft Word. Kemudian atur ukuran kertas menjadi A5. Caranya silakan klik menu Layout pada Word 2019, klik menu Size pada grup Page Layout dan pilih A3.

  • Langkah selanjutnya buat halaman menjadi dua kolom. Untuk membaginya klik tab Layout atau Page Layout pada Office versi lama, pilih menu Column lalu pilih More Columns. Ingat, yang dipilih bukan opsi Two, sebab kita akan mengatur adanya garis di antar halaman.

  • Sebuah jendela baru akan muncul. Klik Presets Two, lalu ceklis Line between dan akhiri dengan klik tombol OK.

  • Mungkin sekilas tidak ada yang berbeda. Akan tetapi langkah pembuatan cover belum selesai. Silakan klik tombol Enter sampai garis tengahnya muncul. Adanya garis tengah ini sebagai tanda pinggiran atau ketebalan buku.

  • Langkah selanjutnya buat shape rectangle lewat menu Insert > Shapes. Posisikan kotak tersebut di tengah-tengah halaman. Lebarnya dapat disesuaikan dengan ketebalan buku Anda.
  • Anda tinggal mendesain sampul depan dan belakang sesuai keinginan. Untuk dicatat, bagian kanan adalah sampul bagian depan. Lalu bagian tengah adalah punggung buku, dan bagian ketiga atau yang paling kiri merupakan bagian belakang buku.

Cover bagian depan biasanya memuat judul buku, nama pengarang dan beberapa keterangan lainnya. Lalu pada bagian punggung buku umumnya digunakan untuk menuliskan nama atau judul buku, berikut nama pengarang yang disusun secara vertikal. Sedangkan bagian belakang biasanya berisi sinopsis buku, berikut nama penerbit, ISBN buku, atau bahkan kotak dari penerbit buku.

Tips Tambahan

Mengatur Margin

Ketika memutuskan untuk membuat cover secara manual maka Anda perlu mengatur banyak hal. Mulai dari desain dari sampul, menata letak tulisan, hingga mengatur margin. Untuk mengatur margin silakan simak panduan berikut:

  • Pada dokumen Word Anda klik tab Layout kemudian klik tanda panah kecil di samping grup Page Setup. Atau Anda juga bisa klik ganda pada area ruler yang berwarna abu-abu.
  • Kotak dialog Page Setup akan muncul. Silakan tekan tab Margins. Anda akan menjumpai margin atas, bawah, kanan, dan kiri yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Ubah angka pada masing-masing isian tersebut menjadi 0,1 cm. Jika sudah klik tombol OK.
  • Biasanya ada peringatan bahwa standar minimal margin pada Word adalah 0,3 cm. Klik menu Ignore untuk tetap menggunakan ukuran 0,1 cm.

Membuat Elemen

Anda tidak perlu menggunakan aplikasi desain grafis seperti CorelDraw jika ingin membuat bentuk khusus yang nantinya akan dimasukkan ke dalam cover. Anda bisa menggunakan Word saja untuk melakukannya.

Anda dapat menggunakan menu Insert Shapes untuk membuat elemen atau bentuk khusus sebagai pemanis cover Anda. Ada dua opsi yang ditawarkan. Yakni dengan Edit Points dan Freeform.

Misalnya kita buat sebuah persegi panjang lewat menu Insert Shapes. Kotak ini membentang dari kiri sampai kanan kertas. Lalu pada tab Drawing Tools – Format klik menu Edit Shape dan pilih Edit Points.

Kemudian Anda bisa mengubah bentuknya dengan klik dan tahan lalu menggesernya ke mana saja. Anda juga bisa membuat bentuk garis melengkung. Misalnya kami buat bentuk persegi panjang tadi kami ubah sedikit dan menyalinnya menjadi beberapa dan menyusunnya seperti berikut.

Jika sudah selesai, Anda bisa tekan tombol Enter dan melanjutkan pekerjaan Anda.

Di samping tool tersebut Anda juga bisa pilih Freeform yang ada di menu Insert – Shapes.Ada beberapa tool yang bisa dipakai. Seperti Freeform: Shape dan Freeform: Scribble.

Jika bentuk yang diinginkan sudah jadi dan sesuai harapan, Anda bisa mengubah warna pada bentuk tersebut lewat Drawing Tools – Format. Anda bisa memilih warna solid, fill, memasukkan gambar, atau bahkan warna gradasi.

Baca juga: Cara Membuat Stempel Di Word

Anda bisa membuat desain cover buku sesuka hati hanya dengan menggunakan Microsoft Word. Bahkan ada pula yang bisa membuat cover menarik hanya dengan software tersebut. Sehingga dalam proses pembuatannya tidak membutuhkan aplikasi tambahan lagi. Praktis dan mudah bukan?

Perlu kami tekankan kembali bahwa tutorial di atas menggunakan Microsoft Word 2019. Pada versi lain kemungkinan terdapat perbedaan tata letak menu. Akan tetapi pada dasarnya alur untuk membuat cover buku tidak jauh berbeda. Sehingga Anda yang memakai versi lainnya tetap dapat mengikuti panduan-panduan yang kami sampaikan di atas.



Loading...

Leave a Comment