Cara Membuat Catatan Kaki / Footnote Di Word


Cara Membuat Catatan Kaki – Dalam menyusun sebuah karya tulis tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah footnote. Hal ini karena memang footnote merupakan komponen vital yang biasa digunakan untuk karya ilmiah atau skripsi.

Footnote atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan kaki, merupakan sebuah daftar catatan atau keterangan yang ditempatkan pada bagian bawah lembar dokumen.

Cara Membuat Footnote di Microsoft Word

Membuat footnote atau catatan kaki ini bisa dibilang cukup sulit jika sebelumnya Anda tidak pernah membuatnya sama sekali. Namun footnote memang menjadi komponen yang paling penting dalam pembuatan berbagai karya tulis ilmiah. Dengan membuat footnote atau catatan kaki Anda tidak akan lagi dicap sebagai plagiat.

Nah, bagi Anda yang sedang menyusun skripsi dan masih belum mengetahui bagaimana cara membuat footnote maka Anda tidak perlu khawatir lagi. Kami disini akan menjelaskan bagaimana cara membuat footnote atau catatan kaki di Microsoft Word yang benar. Namun sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian, fungsi dan juga singkatan dalam footnote.

Baca juga: Cara Menulis Footnote Dari Internet

Pengertian dan Fungsi Catatan Kaki (Footnote)
Pengertian dan Fungsi Catatan Kaki (Footnote)

Dalam teknik penulisan karya tulis, pengertian catatan kaki atau footnote merupakan sebuah catatan terpisah yang ditambahkan dalam karya tulis. Pada umumnya, footnote digunakan khusus untuk menyisipkan tambahan informasi yang berkaitan dengan kata yang ditandai dengan menggunakan nomor catatan kaki di dalam teks.

Secara umum, fungsi catatan kaki adalah sebagai berikut:

  • Untuk menjelaskan referensi yang sudah digunakan untuk pernyataan dalam teks;
  • Untuk menjelaskan komentar penulis terhadap suatu pernyataan yang dianggap cukup penting dalam teks namun (komentar tersebut) tidak bisa dinyatakan bersama teks. Hal ini dikarenakan dianggap akan menganggu alur gagasan;
  • Untuk menunjukkan referensi lain yang membahas hal yang sama, umumnya ditandai dengan kata-kata seperti “Lihat …”, Bandingkan …”, “cf …” dan lain sebagainya.

Singkatan dalam Catatan Kaki (Footnote)

Dalam catatan kaki atau footnote, Anda akan menjumpai beberapa singkatan. Kebanyakan dari singkatan tersebut berkaitan dengan sumber sitasi (citation) atau sumber bahan kutipan. Berikut ini adalah singkatan-singkatan yang kami maksud lengkap beserta pembahasannya:

  1. Ibid, atau ibid

Singkatan ini berasal dari bahasa Latin ibidem yang memiliki arti “sama dengan atas”. Umumnya digunakan jika rujukan yang dikutip referensinya sama seperti sumber pada nomor catatan kaki sebelumnya. Disamping itu, perlu Anda ingat bahwa:

  • Apabila kutipan masih ada pada halaman yang sama dengan catatan sebelumnya maka tidak harus ditambah nomor halaman.
  • Apabila kutipan ada di halaman yang berbeda dari referensi yang masih sama maka bisa diberi nomor halaman.

Contoh:
singkatan footnote Ibid

  1. cit

Singkatan op. cit juga berasal dari bahasa Latin yaitu opere citato yang memiliki arti “dalam karya yang sudah dikutip”. Umumnya singkatan ini digunakan untuk menyebutkan sumber kutipan yang sama seperti yang sudah dibuat pada nomor footnote sebelumnya, namun sudah disela oleh sumber kutipan lain, dan terletak di halaman yang berbeda. Oleh karena itu, penggunaan op. cit. umumnya diikuti dengan nomor halaman.

Contoh:
singkatan footnote Ibid

  1. cit

Sama dengan singkatan sebelumnya, loc. cit berasal dari bahasa Latin yaitu loco citato yang memiliki arti “di tempat yang sudah dikutip”. Umumnya digunakan saat kutipan merujuk pada referensi yang telah disebut sebelumnya dan pada tempat yang sama, tetapi akan disela oleh kutipan dari referensi lain.

Bisa dibilang bahwa loc cit. untuk penggunaannya sama seperti ibid. Namun untuk ibid hanya digunakan apabila sumber yang dirujuk langsung berada sesudah ibid. Sementara loc.cit akan digunakan khusus untuk mengganti ibid. apabila sumber yang dirujuk disela referensi lain.

Supaya Anda tidak bingung, silahkan Anda perhatikan ilustrasi di bawah ini.
singkatan footnote Ibid

  1. al.singkatan footnote Ibid

Singkatan et. al berasal dari bahasa Latin, yaitu et ellii yang memiliki arti “dan kawan-kawan”. Dalam bahasa Indonesia, singkatan yang satu ini digunakan untuk dapat menandai penulis sumber rujukan yang terdiri lebih dari dua orang.

  1. lih. dan cf.
    singkatan footnote Ibid

Singkatan lih. berasal dari kata bahasa Indonesia, lihat. Ini merupakan perintah untuk melihat sumber rujukan pada halaman tertentu yang sudah disebut. Sedangkan cf. Sendiri berasal Latin conferatur yang memiliki arti “bandingkan”. Kedua singkatan ini dapat digunakan untuk menunjukkan sumber lain yang berkaitan dengan kata kunci atau pernyataan yang ditandai dengan footnote.

Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Microsoft Word

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa membuat catatan kaki terkesan cukup sulit bagi Anda yang belum pernah membuatnya. Maka dari itu, kami akan menjelaskan cara membuat catatan kaki atau footnote di Microsoft Word yang bisa Anda coba dengan mudah. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak tahapan cara di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka terlebih dahulu dokumen yang ingin ditambahkan dengan footnote, lalu letakkan kursor atau tandai pada posisi yang Anda inginkan.
  • Selanjutnya langsung saja klik menu References – Insert Footnote.
    Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Microsoft Word
  • Kemudian Anda akan diarahkan menuju footnote yang baru dibuat.
  • Isi dengan referensi atau keterangan yang dibutuhkan.
    Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Microsoft Word
  • Jika Anda ingin membuat footnote lanjutan maka tinggal Anda ulangi langkah di atas.
    Cara Membuat Footnote di Microsoft Word.png
  • Setelah itu, Anda bisa mengisi keterangan pada footnote yang sudah dibuat.Cara Membuat Footnote di Microsoft Word.png

Keyboard Shortcut Membuat Footnote

Membuat Footnote Langsung Menggunakan Alt + Ctrl + F

Selain menggunakan tahapan cara yang kami sampaikan diatas, ternyata Anda juga bisa membuat catatan kaki dengan menggunakan shortcut tombol keyboard, yakni tombol Alt + Ctrl + F dengan posisi dokumen yang harus terbuka. Setelah itu, Anda bisa langsung mengisi catatan kaki dan mengulangi langkah yang sebelumnya untuk membuat catatan kaki lainnya.

Mengelola Footnote

Catatan kaki yang cukup panjang tentunya butuh identitas. Secara default, Microsoft Word akan menggunakan urutan angka untuk dapat membedakan antara satu footnote dengan footnote yang lainnya.

Untuk bisa berpindah di antara footnote, Microsoft Word juga sudah memberikan opsi Next Footnote yang berada di bagian menu Reference. Dengan menu tersebut maka Anda sudah bisa berpindah footnote untuk mengubah footnote yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahan.
Mengelola Footnote

Baca juga: Cara Membuat Tinjauan Pustaka Penelitian

Hal-Hal Penting dalam Membuat Footnote di Microsoft Word

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui saat membuat catatan kaki atau footnote di Microsoft Word, diantaranya:

  • Footnote dapat diedit sesuai dengan kebutuhan, seperti misalnya dicetak miring, tebal, garis bawah atau bisa juga diubah ukurannya.
  • Anda juga bisa melakukan perubahan pada warna, yang dimana warna footnote bisa diubah sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda sendiri. Bahkan Anda juga bisa mengubah posisi footnote mulai dari kiri ke kanan atau tengah.
  • Setiap karya ilmah memiliki standar penulisan footnote yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda harus menyesuaikannya dengan pra syarat yang diminta.

Demikian pembahasan dari kami pada kesempatan kali ini mengenai cara membuat catatan kaki (footnote) di Microsoft Word dengan mudah. Semoga website ini bisa bermanfaat dan sedikit menambah wawasan Anda.



Loading...

Leave a Comment