Cara Membuat Booklet Yang Bagus


Membuat Booklet – Untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari menggunakan media online hingga media cetak. Adapun salah satu media cetak yang lebih dipilih oleh kebanyakan orang sebagai media promosi adalah booklet.

Booklet memiliki tampilan yang hampir sama dengan brosur. Jika brosur merupakan sebuah alat promosi berupa lembaran kertas dengan 2 atau 3 lipatan maka booklet memiliki bentuk seperti buku tipis yang memuat banyak informasi.

Booklet adalah buku yang biasa digunakan oleh staff marketing sebagai alat promosi untuk menampikan berbagai keunggulan atau mengenalkan suatu produk atau jasa yang telah ditawarkan oleh perusahaan.

Cara Membuat Booklet

Dalam brooklet berisi informasi secara lengkap dan detail mengenai produk atau jasa perusahaan yang akan diberikan langsung kepada pelanggan. Dengan demikian booklet nantinya akan memudahkan marketing atau sales saat memperkenalkan produk kepada pelanggan.

Nah, jika Anda merupakan salah satu dari divisi marketing, membuat brooklet merupakan kegiatan yanhg sering dilakukan. Namun jika Anda merupakan seorang pembisnis yang masih awam dan berencana untuk memperkenalkan produk yang Anda jual tentunya Anda harus paham bagaimana cara membuat booklet.

Sebenarnya cara membuatnya tidak terlalu rumit tetapi harus tetap menarik dan unik supaya konsumen nantinya mengenal produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word

Anda bisa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop untuk membuat booklet. Namun sayangnya, aplikasi ini sangat sulit dan membutuhkan skill mumpuni untuk menjalankannya.  Jika Anda merasa kesulitan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop maka Anda bisa menggunakan Microsoft Word.

Meskipun Microsoft Word selama ini terkenal sebagai program pengolah kata, ternyata aplikasi juga bisa membantu Anda untuk membuat desain booklet yang unik dan menarik.

Kali ini kami akan menjelaskan secara detail bagaimana cara membuat desain booklet dengan menggunakan Microsoft Word. Namun sebelum membahas lebih jauh, berikut ini kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai berbagai fungsi booklet yang perlu Anda ketahui!

Fungsi Booklet

Cara Membuat Booklet

Booklet memiliki beberapa fungsi penting bagi suatu perusahaan, diantaranya:

  • Berisi Informasi Secara Lengkap

Ukuran booklet bisa dibilang relatif sangatkecil, tidak seperti majalah. Untuk penulisan informasi yang ada di dalam booklet umumnya akan dijelaskan secara detail sesuai yang diinginkan. Anda juga bisa menuliskan berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh produk hingga spesifikasinya secara lengkap.

Dengan memanfaatkan booklet maka pelanggan bisa semakin mudah untuk memahami serta mendapatkan informasi secara lengkap atas produk yang diinginkan. Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa hal ini juga akan memudahkan marketing dalam memperkenalkan produk yang mereka jual.

  • Desain yang Menarik

Menggunakan booklet bisa semakin menarik perhatian calon pelanggan karena memiliki desain yang sangat unik dan menarik. Ada banyak sekali warna dan desain yang bisa dipilih untuk menarik konsumen agar membeli produk. Desain sendiri bisa dibilang merupaka jurus andalan untuk bisa semakin menarik perhatian calon pembeli.

Apabila booklet memiliki tampilan yang unik maka sudah pasti calon pelanggan akan tertarik untuk membaca booklet tersebut. Jika sudah demikian kemungkinan besar akan membeli produk yang dipasarkan.

  • Harga Terjangkau

Booklet merupakan media cetak sehingga biaya yang akan dikeluarkan akan lebih murah jika dibandingkan dengan media yang lainnya. Bahkan Anda bisa mencetak booklet di percetakan online dengan harga yang jauh lebih murah. Dengan harga yang terjangkau dan ekonomis pastinya Anda bisa mencetak booklet dalam jumlah yang cukup banyak.

  • Informasi yang Mudah Dipahami

Sudah kami singgung sebelumnya bahwa informasi yang ditampilkan booklet sangatlah rinci. Calon pelanggan pun akan semakin mudah untuk memahami tentang produk atau jasa yang telah ditawarkan. Dalam hal ini sangat disarankan untuk menggunakan kata-kata atau kalimat sederhana sehingga nantinya bisa semakin mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Cara Membuat Booklet Menggunakan Microsoft Word

Membuat booklet atau buku memang tidak begitu sulit, Microsoft Word pun juga sudah menyediakan fitur ini. Dengan adanya fitur yang lengkap di dalamnya Anda sudah bisa membuat booklet di Microsoft Word dengan cepat dan nyaman.

Sebagai catatan: Apapun itu tujuan Anda dalam membuat booklet baik itu untuk projek, event ataupun lainnya maka sangat disarankan untuk menggunakan pengaturan halaman (margin dll) yang sudah ada. Baiklah mari langsung saja tutorial cara membuat buku atau booklet dengan menggunakan Microsoft Word yang bisa Anda ikuti dengan mudah berikut ini:

  • Pertama silahkan Anda buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft Word yang ada di komputer atau laptop Anda. Pilih tab Page Layout kemudian klik langsung ikon yang di sudut Page Seteup untuk meluncurkan dialog Pengaturan Halaman. Hal ini penting untuk dilakukan sebelum membuat dokumen. Sebab Anda bisa mendapatkan gambar yang lebih jelas mengenai tata latak yang akan terlihat. Tetapi Anda juga bisa membuat dokumen terlebih dahulu lalu membuat tata letak booklet dan mengeditnya dari sana.
    Cara Membuat Booklet Menggunakan Microsoft Word
  • Pada layar Page Setup atau lebih tepatnya di bagian Pages, silahkan Anda ubah beberapa halaman ke Book Fold dari dropdown.
    Cara Membuat Booklet Menggunakan Microsoft Word
  • Mungkin Anda ingin mengubah pengaturan Gutter yang berada di bawah Margin mulai dari 0 ke 1. Namun jika tidak maka kemungkinan besar nantinya kata-kata akan campur aduk dalam pengikatan atau lipatan buku Anda. Jika sudah memilih Lipatan Buku Word maka secara tidak langsung akan berubah menjadi orientasi Landscape.
    Cara Membuat Booklet Menggunakan Microsoft Word
  • Klik OK jika Anda sudah melakukan penyesuaian, kemudian Anda akan mendapatkan sedikit gambaran mengenai tampilan booklet Anda.
    Cara Membuat Booklet Menggunakan Microsoft Word
  • Anda bisa menggunakan fitur pengeditan Word sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan. Sebagai contoh kami disini hanya membuat sebuah buku uji sederhana, menambahkan header dan juga nomor halaman untuk footer.
    Cara Membuat Booklet Menggunakan Microsoft Word
  • Selanjutnya setelah menyiapkan booket dalam kata maka Anda sudah bisa menavigasi ke setiap halaman. Setelah itu bisa langsung melakukan pengeditan atau perubahan yang sesuai keinginan.
    membuat booklet

Baca juga: Cara Membuat Daftar Gambar Otomatis Di Word

Pengaturan Print untuk Bookled di Microsoft Word
Pengaturan Print untuk Booklet di Word

Apabila Anda ingin membuat atau mencetak booklet melalui Microsoft Word. Anda harus pastikan terlebih dahulu untuk memilih Print on Both Side.

  • Silahkan Anda klik tab File kemudian Print.
  • Pada kolom Settings silahkan Anda ubah Print One Sided menjadi Print on Both Sides.
  • Apabila printer Anda tidak support untuk print dua sisi, silhkan pilih Manually Print on Both Sides untuk bisa mencetak bolak balik.
  • Jika sudah selesai maka bisa langsung cetak dokumen.

Supaya terlihat semakin professional, jangan sampai lupa untuk menambahkan Page Number atau Nomor Halaman tepat di bagian footer ataupun header.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai cara membuat buku atau booklet. Tutorial yang kami sampaikan diatas sudah sangat jelas dan detail sehingga diharapkan bisa Anda ikuti dengan mudah.

Semoga blog ini caraharian.com ini bermanfaat bagi Anda semua terutama bagi Anda yang sedang bingung  bagaimana cara membuat buku atau booklet untuk menawarkan produk Anda. Selamat Mencoba!



Loading...

Leave a Comment