Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Cara Membuat Bagan Di Word Dengan Mudah


Metode untuk membuat bagan atau struktur organisasi ataupun perusahaan di Microsoft Word yang akan kami sampaikan kali ini, yaitu menggunakan Shapes Text Box dan Line. Berikut ini adalah tahapan caranya yang bisa Anda ikuti:

  • Pertama silahkan buka program Microsoft Word terlebih dahulu, Anda bisa membuat file baru atau menyisipkan di dalam halaman file yang telah disedikan.
  • Lalu di bagian atas tampilan program Microsoft Word, silahkan Anda klik menu “insert” kemudian klik “Shapes”.
    Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line
  • Selanjutnya pilih “text box” yang berada di dalam menu “Shapes”.
    Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line
  • Drag langsung ke dalam lembar kerja Microsoft Word. Anda bisa mengatur ukuran text box sesuai ukuran, kemudian variasikan warna, otline, dan tambahkan next. Sebagai contoh, Anda bisa membuat dua text box supaya terlihat cantik seperti gambar berikut ini.
    Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line
  • Anda bisa membuat text box seperti di atas sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Untuk lebih mudahnya Anda bisa langsung copy paste kemudian edit isi text dalam box tersebut. Jika sudah silahkan Anda atur penempatan text box sesuai yang Anda inginkan.Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line
  • Tahapan cara berikutnya, silahkan Anda hubungkan langsung setiap bagan dari bagan tersebut. Adapun untuk cara menghubungkannya adalah dengan klik “Shape” kemudian pilih “line”.
    Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line
  • Setelah itu, Anda tinggal drag line tersebut kemudian gabungkan langsung setiap bagian dari bagan tersebut.
    Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line

Terakhir, bagan atau struktur yang dibuat sudah jadi. Dari kedua cara yang kami sampaikan diatas, cara membuat bagan atau struktur di Microsoft Word dengan shapes text box dan line memang jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan SmartArt.



Meskipun jauh lebih rumit tetapi Anda lebih bisa berkreasi sesuai dengan keinginan Anda sendiri dan bisa membuat template sendiri tanpa perlu mengikuti apa yang sudah ada di Microsoft Word.