Cara Enter Di Excel / Line Break


Cara Enter Di Excel / Line Break -Di jaman yang sudah semakin modern seperti sekarang ini semua aktifitas manusia sudah semakin mudah, terutama dalam dunia digital. Perusahaan sudah banyak mengembangkan berbagai software canggih yang bisa membantu atau menunjang semua kebutuhan manusia. Seperti misalnya dalam kegiatan mengolah data, kita sudah semakin dimudahkan dengan adanya perangkat lunak buatan dari Microsoft.

Ada banyak sekali produk yang sudah ditawarkan oleh Microsoft. Untuk software yang digunakan khusus untuk mengolah data biasanya menggunakan Microsoft Word, untuk yang ingin mengolah project presentasi bisa menggunakan Microsoft Point, kemudian untuk menggunakan program pengolah angka bisa menggunakan Microsoft Excel, dan masih banyak program lainnya.

Khusus untuk software Microsoft Excel banyak menawarkan beragam fitur terutama dalam rumus pengolahan angka. Anda bisa melakukan pengurangan, penjumlahan, perkalian, sampai pembagian secara otomatis di Microsoft Excel.

Hal tersebut dikarenakan Microsoft Excel sudah diseting sehingga bisa memasukkan rumus tanpa harus repot-repot melakukan perhitungan dengan menggunakan bantuan seperti kalkulator.

Cara Enter Di Excel / Line Break

Baca juga: Cara Membuat Huruf Besar Otomatis Di Excel

Line Break bisa dibilang merupakan fitur perintah untuk membuat baris baru, namun berbeda dengan Microsoft Word yang dimana cara untuk menggoperasikannya tinggal di tekan “Enter”. Untuk di Microsoft Excel sendiri sedikit berbeda dan cukup rumit.

Fungsi “Enter” di Microsoft Excel hanya untuk pindah ke baris cell yang terdapat di bawahnya, sehingga jika Anda ingin membuat banyak bari yang masih berada di dalam sebuah cell maka bisa menggunakan fitur Line Break ini.

Lalu bagaimana cara enter atau line break di Microsoft Excel? Caranya sebenarnya tidak terlalu sulit dan bisa Anda ikuti dengan mudah di tutorial yang akan kami sampaikan pada pembahasan kali ini.

Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai cara enter di Microsoft Excel , kami akan menjelaskan terlebih dahulu apakah itu Microsoft Excel. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel

Secara umum, pengertian Microsoft Excel adalah suatu program aplikasi lembar spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Corporation khusus untuk sistem operasi Microsoft Windows dan juga Mac OS.

Perangkat lunak ini juga biasa disebut dengan Microsoft Ofiice Excel, Microsoft Excel atau Excel. Maka dari itu, syarat utama supaya bisa menggunakan software yang satu ini maka PC yang digunakan harus diinstal sistem operasi  (operating sistem) Windows atau Mac lebih dahulu.

Microsoft Ofiice Excel merupakan salah satu dari sekian banyaknya Program Aplikasi yang ada dalam paket aplikasi perkantoran Microsoft Office yang hanya digunakan khusus untuk mengolah angka.

Jadi jika misalnya dalam komputer Anda sudah terinstall Microsoft Ofiice Word atau Microsoft Power Point maka kemungkinan besar program Microsoft Excel juga sudah bisa digunakan langsung.

Jika pekerjaan Anda selalu berkaitan dengan pengolahan angka maka program inilah yang paling tepat untuk digunakan. Namun yang pasti tidak hanya itu saja karena Microsoft  Excel menyediakan beragam fitur dan fungsi yang bisa Anda manfaatkan untuk hal-hal lainnya.

Adapun salah satu hal penting yang membuat program Microsoft Excel sangat populer adalah karena kelengkapan fitur formulas dan juga function yang biasa kita sebut dengan istilah rumus Excel.

Formula dan fungsi tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu Anda dalam mengerjakan berbagai proses perhitungan data dengan cepat, tepat dan otomatis. Dengan demikian Anda tidak akan membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakan proses perhitungan data.

Untuk formula exel dapat digunakan dalam perhitungan secara sederhana sampai dengan kalkulasi yang kompleks, baik untuk data dalam bentuk angka, data teks, data tanggal, data waktu, atau kombinasi dari berbagai data tersebut.

Pada Microsoft Excel biasanya pengguna akan berkerja dengan menggunakan system workbook, sementara dalam workbook ada sebuah worksheet atau lembar kerja yang biasa disebut dengan sheet. Jika workbook merupakan sebuah buku maka untuk worksheet merupakan lembaran-lembaran kertas dalam buku tersebut.

Pada worksheet inilah pengguna bisa bekerja dengan menggunakan kolom dan juga baris yang membentuk kotak kecil-kecil berupa sel-sel atau cells yang menjadi tempat untuk memasukkan data. Untuk penjelasan secara detail mengenai istilah-istilah tersebut akan kita bahas pada panduan berikutnya.

Baca juga: Cara Membuat Aplikasi Otomatis Di Excel

Cara “Enter” atau Line Break di Microsoft Excel

  1. Dengan ALT + Enter

Jika Anda sudah paham mengenai pengertian Microsoft Excel maka kita akan langsung masuk ke pembahasan inti, yaitu cara enter atau line break di excel. Cara pertama adalah dengan menggunakan ALT + Enter.

Lalu bagaimanakah cara mengoperasikannya? Anda tidak perlu khawatir karena setelah membaca tutorial berikut ini Anda bisa langsung menggunakan baris dibawahnya tanpa perlu pindah cell.

  • Pertama silahkan Anda buka terlebih dahulu program Microsoft Excel yang ada di komputer atau laptop Anda.
  • Kemudian bisa Anda pilih salah satu cell atau didepan text yang ingin diletakan dibaris baru.
    Dengan ALT + Enter
  • Jika sudah silahkan Anda tekan “ALT + Enter” secara bersamaan.
    Cara Enter di Excel Dengan ALT + Enter
  • Apabila Anda ingin menempatkan text pada baris selanjutnya maka tinggal Anda ulangi cara yang kami sampaikan diatas.
    Cara Enter di Excel Dengan ALT + Enter
  • Jika text sudah tertulis maka tinggal Anda rapikan ukuran cell supaya terlihat secara menyeluruh.
    Cara Enter di Excel Dengan ALT + Enter
  • Silahkan tekan “Enter” untuk bisa melanjutkan ke cell berikutnya.
    Cara Enter di Excel Dengan ALT + Enter
  • Selesai
  1. Dengan Rumus

Selain menggunakan cara yang kami sampaikan diatas, Anda juga bisa menggunakan cara Line Break dengan menambahkan rumus. Cara yang satu ini mungkin jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan cara sebelumnya. Ini karena untuk menggunakan cara yang satu ini dibutuhkan ketelitian. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dengan mudah berikut ini:

  • Silahkan Anda buka project Microsoft Excel Anda.
  • Kemudian klik langsung cell yang ingin Anda jadikan Line Break.
    Cara Enter di Excel Dengan Rumus
  • Jika sudah silahkan Anda masukkan rumus =CHAR(10) atau seperti contoh berikut ini: =B6&CHAR(10)&B7&CHAR(10)&B8&CHAR(10)&B9
    Cara Enter di Excel Dengan Rumus
  • Langkah berikutnya adalah menekan tombol “Enter”.
  • Selanjutnya text akan tergabung seperti ini, dan supaya bisa menjadi Line Break maka Anda bisa memilih menu ribbon “Home” kemudian pilih “Wrap Text”.
    Cara Enter di Excel Dengan Rumus
  • Untuk hasil akhirnya silahkan Anda lihat gambar di bawah ini.
    Cara Enter di Excel Dengan Rumus
  • Selesai

Bagaimana sangat mudah bukan? Langkah-langkah diatas sudah kami sampaikan sejelas mungkin dengan tujuan supaya bisa Anda ikuti dengan mudah. Dari kedua cara diatas silahkan pilih sendiri cara manakah yang sesuai.

Namun jika Anda masih mengalami kebingungan, kami sarankan untuk menggunakan cara yang pertama. Hal ini karena memang cara yang pertama jauh lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan cara yang kedua.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai cara enter atau line break di Microsoft Excel. Semoga informasi yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat atau setidaknya dapat menambah wawasan Anda semua. Terima kasih sudah mengunjungi website kami, sampai jumpa kembali di pembahasan yang menarik selanjutnya.



Loading...

Leave a Comment