Cara Cepat Menyelesaikan Soal Logaritma


Cara Menyelesaikan Soal Logaritma – Dalam materi matematika bagian eksponen, kalian sudah mempelajari mengenai bagaimana menentukan hasil dari suatu bilangan yang memiliki pangkat. Bilangan pangkat sendiri merupakan suatu bentuk perkalian berulang dari suatu bilangan yang sama. Dengan memahami konsep tersebut, kalian pasti akan bisa mempraktikkannya pada bagian-bagian matematika yang lain.



Salah satu materi yang menggunakan bilangan berpangkat adalah logaritma. Logaritma memiliki bagian dari eksponen pangkat yang digunakan untuk memangkatkan bilangan dasar. Pada logaritma, eksponen pangkat ini memiliki fungsi untuk menghasilkan bilangan tertentu dengan hasil kebalikan dari hitungan pangkat. Misalnya, log 100 = 2 memiliki makna 10 pangkat 2 = 100.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai materi logaritma dengan mempelajari cara menyelesaikan soal-soalnya. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Menghitung Logaritma Dengan Mudah

Baca juga: Diskriminan Persamaan Kuadrat Dan Contoh Soal

Pengertian Logaritma

Pembelajaran logaritma merupakan salah satu materi yang sangat dipergunakan dalam berbagai bidang ilmu, seperti matematika dan kimia. Pada bidang matematika, logaritma dapat berupa deskripsi dengan serangkaian langkah dalam memecahkan perhitungan matematika. Biasanya, logaritma berhubungan dengan mencari besar pangkat. Misalnya, kita sudah mengetahui dari 3 pangkat berapa yang menghasilkan 2 dengan hasil bilangan bulat, namun kita belum tentu dapat menghitung langsung mengetahui jika salah satu dari bilangan itu adalah desimal. Tentu, dengan logaritma masalah perpangkatan yang sulit dapat terpecahkan.

Logaritma dalam bidang matematika dapat dimaknai sebagai suatu operasi invers atau dapat dikatakan sebagai kebalikan dari sebuah perpangkatan. Misalnya, b = c dapat dijadikan bentuk logaritma menjadi alog b = c dengan a > 0 dan  a ≠ 1.Dengan keterangannya sebagai berikut.

a  = basis logaritma



b = bilangan yang dicari nilai logaritmanya atau numerus

c = besar pangkat atau nilai dari logaritma

Dapat kita contohkan apabila menggunaka angka 2log 8 = c jadi c adalah 3 karena 23 adalah 8.

Ingat, logaritma adalah operasi kebalikan dari perpangkatan sehingga tujuannya adalah mencari nilai yang menjadi pangkat pada suatu bilangan. Lalu, dalam logaritma bilangan pokok itu adalah basis yang letaknya sebelum tanda ‘log’ dan bilangan hasil pangkat itu numerus yang letaknya di bawah setelah tanda ‘log’.



Kunci dalam menyelesaikan logaritma sangat mudah, yaitu hanya dengan menghafal persamaan eksponensial atau perpangkatan. Jika sudah familer terhadap materi eksponensial akan memudahkan kalian ketika mengerjakan logaritma karena hanya dengan menuliskan ulang hasilnya.

Baca juga: Materi Soal Logika Matematika Lengkap

Sifat-Sifat Logaritma

Logaritma dalam penerapannya memiliki beberapa sifat. Dari sifat-sifat ini kita dapat menentukan bagaimana operasi logaritma tersebut dapat diselesaikan. Dengan begitu, setiap mengerjakan soal-soal logaritma kita harus mengetahui sifatnya dan perbanyak latihan agar mudah hafal. Berikut adalah sifat-sifat dari logaritma.



Leave a Comment