Materi Tentang Bangun Ruang Sisi Datar


Selain itu, apabila kita lihat pembagian prisma berdasarkan bentuk alasnya dapat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima, dan prisma-prisma lainnya.



Biasanya, prisma yang alas dan tutupnya berbentuk persegi dapat dikatakan sebagai balok atau kubus. Lalu, untuk prisma yang memiliki alas dan tutup lingkaran dinamakan tabung.

Dari gambar di atas dapat kita ketahui bahwa prisma terdiri atas bidang alas dan bidang atas yang sama dan kongruen dengan dilengkapi adanya sisi tegak, titik sudut, dan tinggi. Tinggi prisma sendiri adalah jarak antara bidang alas dan bidang atas. Biasanya, sebuah prisma memiliki hubungan antara jumlah titik sudut (T), sisi (S), dan rusuk (R) menjadi S + T = R + 2.

Rusuk pada prisma juga dapat membagi prisma dalam menentukan jaring-jaringnya seperti berikut.

 



 

Baca juga: Jaring Jaring Balok Lengkap Dengan Gambar

4. Limas

Limas adalah salah satu bangun ruang tiga dimensi yang tersusun atas alas yang berbentuk segi-n denan bidang sisi tegak yang berbentuk segitiga dan berpotongan di satu titik puncak. Sama seperti prisma, limas juga memiliki beberapa macam ebergantung pada bentuk alasnya. Misalnya, limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima, dan limas-limas lainnya. Limas yang memiliki alas lingkaran dapat disebut kerucut dan limat yang memiliki alas persegi dapat disebut piramida.



Ciri-ciri limas seperti berikut.

  • Jumlah sisi tegaknya sama dengan jumlah sisi alas.
  • Jumlah rusuknya biasanya kelipatan dua dari bentuk alas.
  • Tinggi limas adalah jarak terpendek dari titik puncak limas ke bidang alas dan selalu tegak lurus dengan titik potong sumbu simetri pada bidang alas.
  • Jaring-jaring limas seperti berikut.

 

 



 

Baca juga: Jaring Jaring Kubus Lengkap Dengan Gambar

Demikian pembahasan mengenai bangun ruang sisi datar. Jangan lupa untuk selalu belajar dan tetap semangat, ya.



Leave a Comment