Penjelasan Bagian-Bagian Lingkaran


Penjelasan BagianBagian Lingkaran – Di kehidupan sehari-hari pasti kita menemui benda-benda yang berbentuk lingkaran. Lingkaran merupakan bentuk dengan lengkungan penuh yang di bagian sisinya dan tidak mempunyai titik sudut. Beberapa contoh lingkaran adalah bentuk dari roda, gelang, dan lain-lain.



Lingkaran dapat dimaknai sebagai sekumpulan titik-titik pada garis yang berbentuk lengkung dan memiliki jarak sama terhadap satu titik di bagian tengahnya. Titik yang ada di tengah-tengah tersebut dinamakan titik pusat lingkaran. Lalu, unsur-unsur jarak dari garis lengkung ke titik pusat dinamakan jari-jari lingkaran.

Baca juga: Jumlah Simetri Putar dan Simetri Lipat Lingkaran

Baca juga: Rumus Luas Juring Lingkaran dan Contoh Soal

Nah, lingkaran sendiri memiliki berbagai macam unsur pembentuknya. Untuk itu, kali ini kalian akan mempelajari mengenai bagian-bagian dari lingkaran. Berikut pembahasannya.

Bagian-bagian Lingkaran

Unsur lingkaran akan dapat membentuk suatu lingkaran penuh dan tentunya memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Dengan memahami bagian dari lingkaran, tentunya akan memudahkan kita dalam mempelajari bangun datar ini.

Bagian dari lingkaran dapat kita lihat pada gambar berikut.



1. Titik pusat lingkaran

Bagian lingkaran yang berupa titik dan terletak di tengah-tengah lingkaran dinamakan titik pusat lingkaran. Titik ini memiliki jarak yang sama dengan titik yang ada di pinggir lingkaran. Jika diperhatikan pada gambar, titik pusat lingkaran dilambangkan O dengan begitu dapat dikatakan lingkaran di atas adalah lingkaran O.

Baca juga: Rumus Tembereng Lingkaran Dan Contoh Soal

Baca juga: Cara Membuat Lingkaran Di Photoshop



2. Jari-jari lingkaran

Jari-jari lingkaran adalah garis yang terbentuk dari titik pusat hingga titik-titik yang berada pada lengkungan di tepi lingkaran. Jari-jari dapat disebut dengan r dan memiliki panjang yang selalu sama antara satu dengan yang lainnya. Pada gambar di atas, jari-jari lingkaran ditunjukkan oleh garis OA, OB, OC, dan OD.

3. Diameter lingkaran

Diameter adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran dan melewati titik pusat. . Perhatikan bahwa AB terbentuk oleh AO dan OB. Dengan kata lain, nilai diameter merupakan dua kali nilai jari-jari lingkaran dan biasa ditulis dengan d = 2r.

4. Busur

Busur lingkaran merupakan unsur lingkaran berupa potongan garis lengkung yang terletak pada tepi lingkaran. Pada gambar di atas, garis lengkung AC, garis lengkung CB, garis lengkung BD, dan garis lengkung DA merupakan busur dari lingkaran O.

5. Tali busur

Tali busur berbeda dengan diameter karena garis lurusnya menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran. Pada gambar di atas, tali busur lingkaran tersebut ditunjukkan oleh garis DE dan AC yang tidak melalui titik pusat.



Leave a Comment