Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Rumus Kerucut Terpancung, Berapa Volume dan Luas Permukaannya


Menghitung Volume dan Luas Permukaan Kerucut Terpancung – Kerucut terpancung adalah bangun ruang berupa kerucut dengan bagian atas dipotong secara horizontal. Volume kerucut terpancung sama dengan selisih antara volume kerucut terpancung (kerucut besar) dan volume kerucut terpancung (kerucut kecil). Total luas permukaan kerucut terpancung sama dengan jumlah luas bagian atas, bawah, dan atas kerucut terpancung.

Kerucut yang terpancung di bagian atas membentuk bentuk sisi melengkung yang disebut kerucut terpancung. Potongan kerucut terpancung adalah kerucut dengan ukuran lebih kecil. Bentuk kerucut terpancung memiliki alas melingkar dan tutup bundar yang lebih kecil. Sedangkan sisi yang menghubungkan alas dan tutupnya berbentuk kerucut terpancung.



Baca juga: Pembahasan Unsur dan Jaring-Jaring Kerucut Kelas 9

Baca juga: Rumus Kerucut Volume dan Luas Permukaan Beserta Contoh Soal Kelas 9 SMP

Bangun Kerucut sendiri pada umumnya diklasifikasikan dalam kategori bangun ruang sisi lengkung. Definisi kerucut ialah bangun ruang sisi lengkung yang memiliki sisi selimut dan sisi alas. Dalam matematika kita menemukan pembahasan tentang materi kerucut terpancung. Banyak siswa yang kesulitan mengerjakan contoh soal kerucut terpancung karena tidak mengetahui gambaran detailnya.

Rumus Luas Selimut Kerucut Terpancung

Pertanyaannya adalah bagaimana menghitung volume kerucut terpancung? apa rumus permukaan kerucut terpancung? Kamu tidak perlu bingung. Karena pada artikel kali ini kami sudah menyiapkan pembahasan rumus kerucut terpancung dalam berbagai macam contoh soal.

Dalam rumus luas kerucut terpancung ini pada umumnya menggunakan konsep kesebangunan. Untuk itu nilai x (garis pelukis kerucut kecil) dapat dicari dengan langkah langkah seperti berikut:

Dari pembahasan di atas, kita bisa menemukan rumus kerucut terpancung untuk menghitung luas selimut . Rumus luas diperoleh dengan mengurangkan luas selimut besar dari luas selimut kecil. Hasilnya bisa terlihat seperti ini:

Baca juga: Cara Menghitung Volume Kerucut Yang Benar

Baca juga: Sifat Sifat Kerucut Dan Gambar Jaring-Jaringnya

Dari penjabaran di atas dapat disimpulkan bahwa rumus luas selimut kerucut terpancung seperti di bawah ini:

Luas Selimut Kerucut Terpancung = π. α (r + R)

Rumus Volume Kerucut Terpancung

Sebuah kerucut yang sebagian dipotong secara horizontal di bagian atas terbelah menjadi dua. Bagian pertama berupa potongan berbentuk kerucut dengan ukuran lebih kecil. Bagian kedua sayatan berbentuk bilik samping yang melengkung berupa kerucut terpancung.

Bagian pertama juga berbentuk kerucut, sehingga volumenya dapat dihitung menggunakan rumus kerucut untuk perhitungan volume. Sedangkan volume kerucut terpancung dapat dihitung dengan menghitung selisih volume antara kerucut sebelum dipotong dengan potongan kerucut.