Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Hukum Gas Ideal dalam Jumlah Mol Kelas 11 SMA dan Contoh Soal Lengkap


Caraharian.com – Pembahasan Fisika mengenai gas ideal akan dapat kita pahami secara langsung dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada penggunaan gas ketika bernapas. Gas ideal juga memiliki beberapa teori khusus yang didasarkan dari hukum-hukum pada gas ideal sendiri.

Gas ideal sendiri dapat ditelaah jumlah mol-nya. Selanjutnya, pada pembahasan gas ideal yang didasari dari jumlah mol akan memiliki beberapa hukum tertentu dengan dilengkapi rumus persamaan yang terkait. Hal ini akan mempermudah kita dalam klasifikasi hukum-hukum pada gas ideal sendiri yang salah satunya dapat ditelaah dengan adanya jumlah mol dalam suatu zat gas.



Baca Juga: Rumus Gas Ideal, Pembahasan dan Contoh Soal

Baca Juga: Bunyi Hukum Gauss, Materi dan Contoh Soal

Baca Juga: Rumus Pegas Hukum Hooke dan Contoh Soal

Apa itu Gas Ideal

Gas ideal merupakan kumpulan partikel gas yang tidak saling berhubungan atau berinteraksi antar satu dengan yang lainnya. Artinya adalah, jarak antar partikel pada gas ideal sangat berjauhan dan bergerak sendiri-sendiri secara acak. Contoh gas ideal dalam kehidupan sehari hari yaitu kejadian ban kempes, ban bisa mengalami kempes karena udara di dalamnya mengalami penyusutan. Penyusutan itu biasanya dipengaruhi oleh suhu. Saat suhu di dalam ban naik, tekanannya juga akan naik. Karena peningkatan tekanan tersebut, volume udara di dalam ban akan semakin berkurang. Tak heran jika ban akhirnya menyusut atau kempes.

Pada kesempatan kali ini kalian akan mempelajari mengenai hukum gas ideal dalam jumlah mol yang disertai dengan pembahasan beberapa contoh soalnya. Berikut penjelasannya.

Hukum gas ideal dalam jumlah mol

Perbandingan pada persamaan gas ideal dapat diubah menjadi persamaan dengan memasukkan jumlah mol (n) dan konstanta gas universal (R). Persamaan ini disebut hukum gas ideal atau persamaan keadaan gas ideal yang dapat dipahami sebagai berikut.

PV = nRT

Keterangan :

P = tekanan gas (N/m2)

V = volume gas (m3)

n = jumlah mol (mol)

R = konstanta gas universal (R = 8,315 J/mol.K)

T = suhu mutlak gas (K )

Suatu zat gas yang ditelaah berdasarkan jumlah mol-nya akan mempelajari istilah STP. STP adalah Standard Temperature and Pressure atau temperatur dan tekanan standar.