Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Satuan Jumlah untuk Menghitung Kuantitas Barang


Satuan Jumlah untuk Menghitung Kuantitas Barang – Ketika kalian berkunjung ke toko alat tulis, tentunya kalian akan melihat dagangan atau berbagai barang kebutuhan tulis menulis, seperti kertas, bolpoin, atau pensil. Pada beberapa barang, terdapat beberapa satuan ukuran yang berbeda dengan barang lainnya. Hal ini dapat kita lihat dalam membeli kertas dalam jumlah banyak, kita memerlukan perhitungan yang menjadi satuan ukurannya yaitu dengan satuan rim. Lalu, pada pembelian bolpoin dalam jumlah banyak dapat kita ambil pilihan untuk membelinya berdasarkan satuan ukurannya yaitu lusin.

Satuan ukuran jumlah pada sebuah barang di atas merupakan salah satu contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali manfaat yang dapat kita gunakan untuk memanfaatkan satuan ukuran jumlah barang ini, seperti perhitungan menjadi lebih efektif. Tentunya, dalam penghitungan satuan ukuran jumlah akan berlaku ketentuan yang berbeda-beda seperti dalam penerapan perhitungan kertas dan bolpoin pada contoh di atas.



Baca juga: Tangga Satuan Berat Lengkap Dengan Tabel Konversi

Perbedaan penggunaan satuan jumlah dapat kita pahami dengan adanya perbedaan jenis barang, nilai, hingga fungsinya yang berbeda-beda. Namun, dalam perbedaannya pada masing-masing barang akan memiliki satuan jumlah yang berbeda agar dapat dijadikan sebuah patokan. Hal ini pun akan memiliki manfaat dalam sebuah penghitungan jumlah barang atau komoditas pada produk yang ingin diketahui jumlahnya.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai satuan jumlah pada sebuah barang untuk menghitung kuantitasnya. Berikut pembahasannya.

Baca juga: Tangga Satuan Panjang (Konversi Dan Contoh Soal)

Satuan Konversi Kuantitas

Dalam konsep matematika, satuan ukuran merupakan salah satu materi yang penerapannya sangat penting di kehidupan sehari-hari. Hal ini berhubungan dengan jual-beli sebuah barang yang biasanya membutuhkan pembelanjaan skala besar. Adanya satuan ukuran pun akan memberikan kemudahan kita dalam melakukan proses perhitungan dari jumlah sebuah barang.