Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Simetri Putar Bangun Datar pada Matematika


Simetri Putar Bangun Datar pada Matematika – Geometri merupakan salah satu penerapan ilmu matematika yang membahas bidang datar. Geometri menjadi materi penting dalam matematika karena penerapannya dapat berguna untuk kehidupan, seperti bentuk penggunaan alat-alat rumah tangga mulai dari bentuk persegi, segitiga, dan lain sebagainya. Dalam pembelajaran geometri, kita akan mengetahui aspek-aspek dari bangun datar sendiri, salah satunya mengenai aspek kesimetrian bangun datar.

Salah satu hal yang dijadikan sebuah bangunan termasuk bagian dari bangun datar adalah aspek simetri. Simetri berhubungan dengan sesuatu yang selaras dan memiliki beberapa macam dalam penerapannya. Salah satu simetri yang dapat dikategorikan sebagai sebuah bangun datar adalah simetri putar. Simetri putar dari setiap bangun datar memiliki macam yang berbeda-beda sehingga diperlukan pemahaman lebih lanjut.



Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai aspek bangun datar berupa simetri putar. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Perbedaan Simetri Lipat dan Simetri Putar

Pengertian Simetri Putar

Simetri putar merupakan bagian dari suatu bangun datar yang berhubungan tentang putaran yang dapat dilakukan bangun datar untuk mementuk pola. Sebuah bangun datar dapat memiliki simetri putar jika bangun datar tersebut memiliki titik pusat dan ketika diputar kurang dari satu putaran dapat kembali ke bentuk semula. Dengan begitu, dapat dipahami bahwa tidak semua bangun datar dapat memiliki sifat simetri putar.