Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Pengertian Angka Ganjil Dan Angka Genap


Pengertian Bilangan Ganjil Dan Bilangan Genap – Dalam perhitungan kita mengenal begitu banyak jenis bilangan. Macam-macam bilangan ini juga sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya di blog ini. Dari sederet jenis bilangan, yang sudah pasti familiar dan mungkin sudah dikenalkan sejak masih kecil adalah bilangan ganjil dan genap.

Bilangan ini cukup mudah untuk dikenali. Oleh karenanya angka ganjil dan angka genap ini sudah masuk dalam pelajaran matematika untuk sekolah dasar. Dan untuk itu pada kesempatan ini kami bahas lebih lanjut mengenai angka ganjil dan genap. Supaya kalian, terutama yang sedang mencari materi ini bisa mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan bilangan genap dan ganjil dengan lebih baik.



Pertama-tama perlu kalian ketahui bahwa dalam istilah matematika ada istilah khusus untuk mengartikan penggolongan bilangan ganjil dan genap, yakni paritas. Jika didefinisikan paritas adalah bilangan bulat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bilangan genap dan ganjil adalah bagian atau subset dari bilangan bulat.

Seperti yang diketahui, bilangan bulat merupakan bilangan yang tidak memuat komponen desimal atau pecahan. Selain itu bilangan bulat ini terdiri dari beberapa macam, yakni bilangan nol, bilangan bulat negatif, dan bilangan bulat positif. Akan tetapi pada pembahasan di bawah cukup kita bahas tentang bilangan genap dan ganjil saja.

Baca juga: Macam Macam Bilangan Dan Contohnya

Apa itu Bilangan Ganjil

Kita awali dari penjelasan bilangan atau angka ganjil. Bilangan ganjil adalah semua bilangan bulat yang tidak habis dibagi 2. Atau pengertian lain dari bilangan ganjil adalah suatu bilangan yang jika dibagi 2 akan menyisakan 1. Seperti apa contoh bilangan ganjil?

Contoh paling mudah adalah angka 3, 5, 7, 9, dan seterusnya. Angka-angka tersebut tidak akan habis jika dibagi 2. Contohnya 3 dibagi 2 hasilnya 1,5 dan ini merupakan bilangan desimal, bukan bilangan bulat. Seperti yang sudah dijelaskan dari definisi di atas, semua bilangan ganjil adalah bilangan bulat.

Atau bilangan 15 jika dibagi 2 akan sisa 1. Karena hasil yang mendekati dari pembagian tersebut adalah 7, sedangkan 7 x 2 = 14, dan 15 – 14 = 1 (sisa 1).

Ciri-ciri Bilangan Ganjil

Sama seperti bilangan-bilangan lainnya, bilangan ganjil mempunyai beberapa ciri yang menjadi pembeda antara bilangan ini dengan jenis bilangan lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri tersebut:

  1. Merupakan bilangan bulat
  2. Tidak habis dibagi 2
  3. Berakhiran dengan angka 1, 3, 5, 7, 9

Baca juga: Barisan Dan Deret Geometri

Contoh Soal Dan Pembahasan

Soal 1

Angka 21 ganjil apa genap?

Pembahasan:

21 : 2 = 10,5 (tidak habis dibagi 2, karenan menghasilkan angka pecahan desimal)

21 berakhiran dengan angka 1

Jadi, angka 21 adalah bilangan ganjil

Soal 2

Angka 12 ganjil apa genap?

Pembahasan:

12 : 2 = 6 (habis dibagi 2)

12 tidak berakhiran dengan angka 1, 3, 5, 7, 9

Jadi, angka 12 bukan bilangan ganjil (adalah bilangan genap)

Contoh Bilangan Ganjil

Bilangan ganjil antara 1 dan 10 = {3, 5, 7, 9}

Bilangan ganjil positif kurang dari 15 = {1, 3, 5, 7, 9, 11, 13}