Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Sifat Limas Segi Empat Dan Gambar Jaring-Jaringnya


Sifat Limas Segi Empat Dan Gambar Jaring-Jaring Limas – Dalam materi geometri yang kita jumpai pada mata pelajaran matematika kita mengenal ada banyak sekali bangun ruang. Bahkan kebanyakan dari bangun ruang tersebut bisa kita jumpai dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu dari sekian banyak bangun ruang yang familiar di telinga adalah limas segi empat. Akan tetapi pada kesempatan ini kita tidak akan bahas soal rumus limas segi empat .Kita hanya bahas sifatnya dan seperti apa jaring-jaringnya.



Pengertian Limas Segi Empat

Limas merupakan salah satu jenis bangun ruang yang memiliki sisi alas berbentuk segi-n dan mengerucut ke satu titik dan pada akhirnya terbentuk sisi-sisi tegak berbentuk segitiga. Limas bisa dikelompokkan menjadi beberapa macam berdasarkan bentuk alasnya. Di antaranya limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima, hingga limas segi enam. Sesuai dengan judul di atas, kita akan fokus membahas tentang limas segi empat.

Limas segi empat adalah sebuah bangun ruang yang memiliki alas berbentuk segi empat. Bentuk segi empat tentu saja tidak terbatas hanya persegi saja. Akan tetapi juga bisa berupa sebuah persegi empat, jajar genjang, belah ketupat, jajar genjang, maupun trapesium. Lantaran mempunyai bentuk segi empat maka ada beberapa hal yang bisa diketahui, antara lain:

  1. Jumlah sisi limas segitiga = n + 1 = 4 + 1 = 5 sisi
  2. Jumlah rusuk limas segitiga = 2 × n = 2 × 4 = 8 rusuk
  3. Jumlah titik sudut limas segitiga = = n + 1 = 4 + 1 = 5 titik sudut

Baca juga: Rumus Volume Limas Segi Empat Dan Segitiga

Sifat-sifat Limas Segi Empat