Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Pidato Perpisahan Kelas 6 Yang Mengharukan


Pidato Perpisahan Kelas 6

Pidato Perpisahan Yang Mengharukan – Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara yang pada umumnya dilakukan di depan umum. Pidato juga biasa disebut dengan orasi yang memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu pendapat atau suatu hal.

Sebenarnya pidato dapat dilakukan oleh siapapun itu, tetapi biasanya pidato akan dibawakan oleh seseorang yang berperan penting untuk menyampaikan sebuah hal pada acara tertentu. Nah, contoh pidato yang akan kami sampaikan pada pembahasan kali hanya khusus untuk anak kelas 6 SD yang tidak lama lagi akan segera lulus.



Pidato Perpisahan Kelas 6

Acara perpisahan sendiri sudah menjadi acara rutin yang selalu diadakan dalam setiap tahunnya. Tidak hanya di tingkat Sekolah Dasar saja, acara perpisahan juga diadakan di tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Acara ini tentunya akan menjadi momen yang paling mengharukan bagi siswa siswi kelas 6, karena mereka akan segera berpisah dengan teman-teman dan juga guru yang mereka cintai di sekolah tersebut, yang sudah bersama selama 6 tahun lamanya baik itu dalam suka ataupun duka.

Pada acara perpisahan tersebut, siswa kelas 6 atau perwakilan yang sudah dipilih diharuskan untuk menyampaikan pidato perpisahan yang ditujukan kepada semua guru dan juga seluruh adik kelas sebagai ucapan rasa terimakasih.

Nah, bagi kalian yang sekarang ini sedang mendapat tugas untuk segera menyampaikan pidato perpisahan maka usahakan untuk membuat pidato tersebut menjadi sesuatu yang berkesan dan mengharukan.

Caranya cukup mudah dan kalian tidak perlu bingung lagi. Untuk bisa berpidato dengan baik maka kalian akan membutuhkan sebuah contoh teks pidato perpisahan sekolah yang bisa disimak pada artikel ini.

Baca juga: Kata Baku Dan Tidak Baku

Pengertian Teks Pidato

Pengertian Teks Pidato

Sebelum membahas lebih jauh, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian teks pidato. Teks pidato merupakan sebuah bentuk komunikasi satu arah berupa pengungkapan sebuah gagasan atau pikiran mengenai beberapa hal kepada khalayak umum dan tidak mendapatkan respon secara langsung dari pendengarnya. Sementara itu, seseorang yang telah melakukan pidato disebut dengan orator.

Pidato yang baik sudah pasti akan memberikan kesan yang positif kepada orang-orang yang telah mendengarnya. Kemampuan melakukan pidato atau berbicara yang baik dan benar di khalayak umum bisa membantu kalian untuk mencapai jenjang karir yang lebih baik.

Karakteristik dari Pidato

Karakteristik dari Pidato

Secara umum, pidato mempunyai beberapa ciri khusus yang bisa digunakan untuk membedakannya dengan proses komunikasi yang lainnya. Adapun ciri-ciri dari pidato adalah sebagai berikut:

  • Setiap pidato yang disampaikan sudah pasti mempunyai tujuan yang jelas, yakni untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, atau hal penting lainnya di khalayak umum.
  • Isi dari pidato yang disampaikan bisa disesuaikan sendiri dengan tema tertentu yang sedang atau akan berlangsung. Untuk menyampaikan isi dari pidato sudah pasti harus menggunakan bahasa yang lebih mudah untuk dipahami oleh para pendengarnya nanti.
  • Untuk cara dalam menyampaikan pidato bisa disesuaikan dengan audiens atau para pendengarnya.
  • Pidato yang ingin disampaikan harus benar-benar jelas, objektif, mengandung kebenaran, dan yang paling penting tidak akan menimbulkan pertentangan.

Tujuan Pidato

Tujuan Pidato

Setiap orang yang membawakan pidato sudah pasti mempunyai tujuan. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari pidato yang perlu diketahui:

  • Untuk memberikan pengaruh kepada orang lain supaya mau mengikuti apa yang telah disampaikan dengan suka rela.
  • Pidato dilakukan untuk memberikan suatu informasi atau pemahaman kepada para pendengar.
  • Untuk membuat para pendengar senang dengan pidato yang telah disampaikan. Dengan demikian pendengar akan lebih mudah untuk memahami apa yang telah disampaikan.

Isi Pokok Pidato Perpisahan

Isi Pokok Pidato Perpisahan