Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Menghitung Volume Prisma


Rumus Volume Prisma

Volume Prisma – Jika membahas bangun ruang memang banyak sekali jenisnya. Namun kali ini kami hanya akan membahas salah satu jenis bangun ruang, yaitu prisma. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi jenis bangun ruang satu ini. Hal ini karena banyak sekali contoh objek atau benda yang menggunakan bentuk prisma. Seperti misalnya tenda perkemahan ataupun atau bangunan rumah. Keduanya mempunyai bentuk yang hampir menyerupai prisma segitiga.

Nah, pada pembahasan kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai cara menghitung volume prisma lengkap beserta pengertian, jenis-jenis, sampai dengan contoh soalnya. Sebenarnya rumus untuk volume bangun ruang prisma ini sangat mudah dan sudah diajarkan sejak di bangku sekolah. Disini kita hanya mengulanginya dengan adanya tambahan soal sehingga akan memudahkan Anda untuk memahami materi ini. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya mengenai bangun ruang prisma berikut ini.



Pengertian Prima

Pengertian Prisma

Prisma merupakan salah satu jenis bangun ruang yang memiliki bidang alas dan bidang atas yang saling sejajar serta kongruen. Lalu mengapa bangun ruang ini dibilang sejajar dan kongruen? Ini karena sisi lainnya merupakan sebuah sisi yang tegak dan memiliki bentuk persegi panjang atau jajargenjang.

Sama halnya dengan bangun ruang limas, prisma juga memiliki banyak sekali macam jenisnya. Beberapa diantaranya adalah bangun ruang prisma segitiga, prisma segiempat, prisma segilima, dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa pengambilan nama dari macam jenis bangun ruang tersebut diambil berdasarkan bentuk alas dan juga atapnya. Jika misalnya memiliki 4 sudut maka disebut dengan prisma segiempat.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun ruang prisma. Namun sebelum itu silahkan Anda perhatikan gambar bangun ruang berikut ini!

Sifat-Sifat Prisma

Bangun ruang prisma memiliki beberapa sifat tertentu yang tidak dimiliki oleh bangun ruang jenis lainnya. Adapun sifat-sifat bangun ruang prisma adalah sebagai berikut ini:

  • Bangun ruang prisma memiliki bentuk alas dan atap kongruennya sama atau sebangun
  • Masing-masing sisi bagian samping memiliki bentuk persegi panjang atau jajargenjang
  • Pada umumnya bangun ruang prisma mempunyai rusuk tegak, namun ada juga yang tidak tegak
  • Masing-masing diagonal bidang pada sisi yang sama, mempunyai ukuran yang sama

Baca Juga: Rumus Bangun Ruang

Jenis-Jenis Prisma

  1. Prisma Segitiga

Prisma Segitiga

Prisma segitiga merupakan jenis prisma yang mempunyai alas segitiga, adapun jenis segitiganya bisa berupa segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga siku-siku, atau segitiga sembarang. Menurut KBBI, prisma merupakan wujud yang tertutup oleh gabungan 2 area yang berupa segitiga dan 3 area berupa persegi panjang.

Sifat Prisma Segitiga:

  • Prisma segitiga memiliki sebanyak 5 buah sisi, 3 diantaraya merupakan sisi samping yang berbentuk persegi panjang. Sedangkan 2 sisinya lagi berada di bagian alas dan atap yang berupa segitiga.
  • Prisma segitiga mempunyai sebanyak 6 titik sudut.
  • Mempunyai sebanyak 9 buah rusuk yang dimana 3 diantaranya merupakan rusuk tegak.
  1. Prisma Segi Empat

Prisma Segi Empat

Prisma segi empat merupakan sebuah ruang 3 dimensi yang memiliki alas dan atap berupa segi empat serta memiliki selimut sisi samping dengan bentuk persegi panjang. Bangun ruang prisma segi empat ini biasa disebut dengan kubus.

Sifat Prisma Segi Empat

  • Prisma segi empat memiliki 6 buah sisi, 4 diantaranya merupakan sisi samping yang berupa persegi panjang dan 2 sisi lainya berada di alas dan atap yang berupa segi empat.
  • Prisma segi empat memiliki sebanyak 8 titik sudut.
  • Prisma segi empat memiliki sebanyak 12 buah rusuk, 4 diantaranya merupakan rusuk tegak.
  1. Prisma Segi Lima

Prisma Segilima

Prisma segi lima merupakan salah satu jenis bangun ruang prisma yang mempunyai atap dan juga alas yang berbentuk segi lima.

Sifat Prisma Segi Lima: