Tabel Konversi 1 Hektar Berapa Meter Persegi


Tabel Konversi 1 Hektar Berapa Meter Persegi – Dalam matematika kita mengenal begitu banyak satuan ukuran. Masing-masing satuan ini mempunyai fungsi yang beragam. Pengoperasiannya pun juga bisa berbeda-beda. Sehingga kita perlu mengenal dan mempelajarinya sehingga tidak kesulitan jika suatu ketika diminta untuk menghitung data-data yang berhubungan dengan satuan ukuran.



Salah satu yang paling sering kita jumpai adalah hektar dan meter persegi. Mungkin pembaca sering menjumpainya saat melihat atau membaca segala hal yang berkaitan dengan luas tanah atau bangunan. Sebenarnya satuan untuk menyatakan ukuran luas ada cukup banyak. Akan tetapi hektar dan meter menjadi yang paling sering digunakan. Maka dari itu pada artikel ini kami bahas bagaimana cara mengkonversi dari satuan hektar ke meter persegi.

Apa itu Hektar?

Pertama-tama mari kita bahas sekilas tentang pengertian hektar. Hektar berasal dari bahasa Belanda, hectare, yang merupakan gabungan dari kata hekto dan are. Hektar digunakan oleh banyak orang karena satuan ini merupakan salah satu standar ukur pada sistem Satuan Internasional (SI). Hektar dipakai untuk menyederhanakan penyebutan 100 kali ukuran meter.

Hektar dipakai untuk mengukur luas. Misalnya untuk mengukur luas tanah, ladang, hutan, dan lain sebagainya. Di samping itu hektar juga biasa digunakan untuk menyatakan suatu bidang berbentuk persegi yang mempunyai panjang sisi 100 m x 100 m, sehingga untuk mengetahui luasnya tinggal dikalikan saja. Di Indonesia hektar sering digunakan untuk menyatakan luas sebidang tanah pada pemakaian satuan kilometer persegi atau km². 

Baca juga: Konversi Satuan Kubik Ke Liter

Apa itu Meter?

Pembaca sudah pasti tidak asing dengan satuan yang satu ini. Sama halnya dengan hektar, meter menjadi salah satu satuan ukur yang disepakati secara internasional. Bedanya meter digunakan untuk menggambarkan satuan ukur yang lebih kecil. Apabila dihubungkan dengan waktu satuan meter mewakili perjalanan cahaya selama 1/299.792.458 detik pada ruang hampa.

Satuan meter digunakan untuk banyak hal. Contohnya untuk mengukur panjang suatu benda, tinggi badan seseorang, hingga jarak benda.



Konversi 1 Hektar ke Meter Persegi

Banyak yang masih belum paham mengenai konversi dari 1 hektar ke satuan meter. Jadi sebenarnya 1 hektar berapa meter? Pertama-tama silakan simak gambar berikut.

Untuk diketahui, satuan dasar hektar adalah area, sedangkan 1 are sama dengan 100 meter persegi. Hekto sendiri bermakna 100 kali. Maka dari itu dapat kita ketahui bahwa 1 hektar sama dengan 10.000 meter persegi.

1 ha = 1 hm² = 10.000 m²





Leave a Comment