Cara Mencari Mean, Modus, Dan Median Dalam Data Kelompok

Monday, May 29th, 2017 - Matematika

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan cara menghitung dari berbagai disiplin ilmu yang mungkin Anda butuhkan, Cara Mencari Mean, Modus, Dan Median Dalam Data Kelompok.

Median Data Kelompok – Apa itu Mean, Modus dan Median? Perlu diakui ini merupakan perhitungan matematika yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Nah pada kesempatan kai ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara menemukan atau menghitung Mean, Modus dan Median yang paling mudah seperti data dibawah ini.

1. Mean

Mean merupakan nilai rata-rata dari beberapa buah data. Nilai mean dapat ditentukan dengan cara membagi jumlah data dengan banyaknya data.

Untuk mendapatkan nilai dari Mean maka anda harus mencari tahu nilai tengah dan nilai hasil kali nilai tengah dengan frekuensi.

F1x1 adalah  jumlah hasil dari nilai tengah di kali dengan frekuensi.
F1     adalah  jumlah frekuensi.

2. Modus

Modus merupakan nilai yang paling sering muncul. Apabila ada data data frekuensi, jumlah dari suatu nilai dari kumpulan data, maka bisa memakai modus.

Untuk bisa melihat hasil akhir dari modus maka kita harus menentukan
kelas pada tabel dengan memilih frekuensi yang paling banyak. Lihat detail rumusnya dibawah ini

3. Median

Median adalah cara untuk menentukan letak tengah data setelah data disusun menurut urutan nilainya. Simbol untuk median ini yaitu Me.

Median adalah nilai data tengah, dalam data kelompok memiliki rumus yang sama dengan mencari Q2 ( Kuartil 2 ) seperti misalnya bisa anda lihat dibawah ini :

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh soal dibawah ini :

Diketahui data sebagai berikut, hitunglah Mean, Median dan Modusnya !

Untuk mencari Mean, kita diperlukan mencari nilai tengah dan jumlah hasil dari nilai tengah di kali dengan frekuensi. Berikut tabel setelah dicari :

Jawab :

Contoh Mencari Median Dalam Data Kelompok :

Dari lima kali kuis statistika, seorang mahasiswa memperoleh nilai 82, 93, 86, 92, dan 79. Tentukan median populasi ini !

Jawab : Setelah data disusun dari yang terkecil sampai terbesar, diperoleh  79 82 86 92 93

Oleh karena itu mediannya adalah 86

Baca juga : Cara Menghitung Persentase Dalam Matematika

Itulah sedikit informasi yang saya berikan mengenai bagaimana mencari Mean, Modus dan Media pada data kelompok, semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Source:

mean median modus,cara mencari mean,cara mencari modus,rumus median,rumus mencari modus,cara menghitung modus,rumus mean median modus,modus median mean,mean modus median,rumus mean

Cara Mencari Mean, Modus, Dan Median Dalam Data Kelompok | caraharian | 4.5