Cara Menghitung Zakat Mal Yang Benar

Saturday, May 13th, 2017 - Ekonomi, Lain-Lain

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan cara menghitung dari berbagai disiplin ilmu yang mungkin Anda butuhkan, Cara Menghitung Zakat Mal Yang Benar.

Zakat Mal – Bagi sebagian besar umat muslim pasti tahu apa saja rukun-rukun islam yang harus dilakukan, salah satunya yaitu membayar zakat yang merupakan kewajiban seseorang khususnya muslim yang sudah memiliki penghasilan.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai rumus dan contoh cara menghitung zakat mal dan zakat fitrah yang harus anda lakukan. Untuk cara menghitungnya sendiri bisa melalui manual atau bisa juga dengan cara kalkulator. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pembahasannya dibawah ini.

A. Rumus Perhitungan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah Perorang = 3,5 x harga beras di pasaran perliter

Sebagai contoh misalnya harga beras atau makanan pokok lokal yang sering kita konsumsi Rp 10.000 itu artinya zakat fitrah yang harus dibayar adalah sebesar Rp 35.000. Atau bisa juga dengan menghitung dari segi berat pengalian yaitu 2,5 x harga beras atau makanan pokok per kilogram.

B. Rumus Perhitungan Zakat Profesi / Pekerjaan

Zakat Profesi = 2,5% x (Penghasilan Total – Pembayaran Hutang / Cicilan)

Menghitung Nisab Zakat Profesi = 520 x harga beras pasaran per kg

Sebagai contoh misalnya Anda memiliki gaji 2 juta perbulan dan penghasilan tambahan sebesar 8 juta perbulan jadi totalnya 10 juta tiap bulan. Lalu untuk membayar cicilan kredit apartemen tidak bersubsidi pemerintah sebesar 5 juta perbulan.

Sedangkan harga beras sekilo yaitu Rp 8.000 per kilogram, maka nisab zakat yang harus anda bayar adalah adalah Rp 4.160.000 karena anda memiliki penghasilan bersih sekitar 5 juta dan ada di atas nisab, maka harus membayar zakat profesi sebesar Rp 5 juta x 2,5% = Rp 125.000 di bulan itu dan untuk bulan berikutnya menyesuaikan dengan pendapatan.

Memang tidak ada dalil ataupun peraturan tetap mengenai hal tersebut, namun biasanya pemerintah menetapkan penghasilan otomatis dipotong 2,5% (penuh) untuk zakat profesi. Jadi karena belum ada peraturan resmi maka anda bisa memberikan zakat tersebut melebihi batas atau anggap saja sebagai sodakoh.

C. Menghitung Zakat Mal / Harta Kekayaan

Zakat Mal = 2,5% x Jumlah Harta Yang Tersimpan Selama 1 Tahun (tabungan dan investasi)

Menghitung Nisab Zakat Mal = 85 x harga emas pasaran per gram

Contoh Perhitungan Dalam Zakat Mal Harta:

Nyonya Upit Marupit memiliki tabungan di Bank Napi 100 juta rupiah, deposito sebesar 200 juta rupiah, rumah kedua yang dikontrakkan senilai 500 juta rupiah dan emas perak senilai 200 juta. Total harta yaitu 1 milyar rupiah. Semua harta sudah dimiliki sejak satu tahun yang lalu.

Jadi apabila harga 1 gram emas sebesar Rp 250.000 maka batas nisab zakat mal adalah Rp 21.250.000. Karena harta Nyonya Upit Marupit lebih dari limit nisab, maka ia harus membayar zakat mal sebesar Rp. 1 milyar x 2,5% = 25 juta rupiah per tahun.

Baca juga : Cara Menghitung PPH 21/ Pajak Penghasilan

Harta yang wajib dibayarkan zakat mal / zakat harta :

Emas, perak, uang simpanan, hasil pertanian, binatang ternak, benda usaha (uang, barang dagangan, alat usaha yang menghasilkan) dan harta temuan.

Untuk hasil pertanian, peternakan, dan harta temuan ada perhitungan yang berbeda dalam hal nisab.

Source:

cara menghitung zakat mal yang benar,zakat mal,cara menghitung zakat mal,Zakatmal,cara menghitung za,cara menghitung nisab zakat mall,cara penghitungan zakat mal,cara zakat mal,contoh perhitungan za,contoh sederhana dari zakat mal

Cara Menghitung Zakat Mal Yang Benar | caraharian | 4.5