Cara Menghitung Umur Di Excel Dengan Rumus Umur

Monday, May 8th, 2017 - Kuliah

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan cara menghitung dari berbagai disiplin ilmu yang mungkin Anda butuhkan, Cara Menghitung Umur Di Excel Dengan Rumus Umur.

Menghitung Umur – Dalam beberapa pekerjaan yang membutuhkan sebuah data mengenai umur dari seorang pekerja seperti misalnya HRD dan untuk menentukan bonus THR, pensiun atau lain sebagainya maka dibutuhkan yang namanya pengetahuan lebih banyak mengenai bagaimana cara menghitung umur di excel atau usia seorang pekerja menggunakan format YY tahun, MM Bulan dan DD hari.

Fungsi DATEDIF

Fungsi utama dari menghitung umur atau usia kerja dengan Excel yaitu bisa membandingkan dua buah tanggal, antara tanggal lahir atau tanggal hari pertama kerja dengan tanggal sekarang.

Rumus Excel memiliki fungsi untuk menghitung umur atau usia kerja yaitu DATEDIF jumlah tahun, bulan dan hari antara dua tanggal adalah dengan menggunakan DATEDIF().
Syntax:

DATEDIF(start_date,end_date,unit)

Keterangan:
• start_date yaitu tanggal awal dalam hal ini adalah Tanggal Lahir atau Tanggal Hari Pertama Kerja.
• end_date yaitu tanggal akhir dalam hal ini adalah tanggal sekarang yang bisa kita ganti dengan TODAY() atau NOW()
• unit yaitu tipe unit informasi yang dibutuhkan apakah dalam tahun (Y), bulan (M), hari (D), bulan pada tahun yang sama (YM), atau hari pada bulan yang sama (MD).

Seperti contoh dibawah ini misalnya tanggal lahir atau tanggal hari pertama kerja dapat dibuat konstan atau tetap, sedangkan untuk Tanggal Sekarang atau Tanggal Hari Pertama Kerja bisa anda dibuat relatif dengan fungsi TODAY() atau NOW(). Unit yang digunakan untuk tujuan ini adalah Y Tahun YM Bulan dan MD Hari.

Cara menghitung Rumus Excel umur atau usia kerja pada cell C6 bisa memakai cara dibawah ini :

=+DATEDIF(B6,NOW(),”Y”)&” Tahun, “&DATEDIF(B6,NOW(),”YM”)&” Bulan, “&DATEDIF(B6,NOW(),”MD”)&” Hari”

Cara Lain Rumus Excel untuk menghitung umur

Anda bisa juga menggunakan alternative menghitung rumus Excel lain untuk menghitung umur atau usia kerja yaitu dengan mengurangkan tanggal sekarang dengan tanggal lahir atau tanggal pertama kerja dengan rumus :

NOW()-tanggal_lahir atau NOW()-tanggal_join

Output dari rumus ini akan menunjukkan sebuah tanggal yang merupakan usia dari orang tersebut dikurangi sebulan dari tahun 0.

Misalnya apabila anda mengurangkan tanggal hari ini (22-Mar-2016) dengan tanggal lahir seseorang bernama James Sunarto yang lahir pada 18-Aug-1986, maka akan menghasilkan tanggal 4-Aug-1929. Tanggal tersebut menunjukkan usia James Sunarto (dibaca dari belakang) yaitu 29 Tahun, 7 Bulan, 4 Hari.

Rumus Excel metode tersebut pada cell D6 adalah sebagai berikut:

=+TEXT(NOW()-B6,”yy “)&” Tahun, “&TEXT(NOW()-B6,”mm “)&” Bulan, “&TEXT(NOW()-B6,”dd “)&” Hari “

Walaupun pada akhirnya seperti bisa menghasilkan output yang kita inginkan namun metode ini kita terlebih dahulu harus memodifikasi rumusnya dengan mengurangi sebulan.

Baca juga : Cara Menghitung Weton Kelahiran Yang Benar

Kelemahannya adalah jumlah bulan bervariasi dari 28, 29, 30 dan 31 sehingga rumusnya akan menjadi lebih panjang dan rumit. Padahal sebenarnya Excel memiliki fungsi DATEDIF yang lebih efisien.

Source:

cara menghitung umur,menghitung umur,rumus menghitung umur,rumus umur,menghitung usia,rumus excel mencari umur,cara menghitung umur di excel,cara hitung umur,rumus excel menghitung umur,cara menghitung usia

Cara Menghitung Umur Di Excel Dengan Rumus Umur | caraharian | 4.5