Cara Menghitung Pecahan Campuran Yang Benar

Monday, June 5th, 2017 - Matematika

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan cara menghitung dari berbagai disiplin ilmu yang mungkin Anda butuhkan, Cara Menghitung Pecahan Campuran Yang Benar.

Pecahan Campuran – Dalam setiap pelajaran matematika baik itu mulai dari SD sampai SMA ada yang namanya bilangan pecahan. Bilangan pecahan sendiri memiliki beberapa jenis termasuk bilangan pecahan campuran.

Untuk itu di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara menghitung bilangan pecahan campuran dan juga contoh soalnya secara lengkap seperti cara menambah bilangan pecahan campuran, cara mengurangi bilangan pecahan campuran, cara membagi pecahan campuran, cara mengalikan pecahan campuran dan lain sebagainya.

Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan adalah suatu bilangan yang terdiri atas pembilang dan penyebut. Pembilang ini merupakan bilangan yang terdapat di atas penyebut atau merupakan bilangan yang akan di bagi oleh penyebut.

Penyebut adalah bilangan yang terdapat di bawah pembilang atau merupakan bilangan yang akan membagi penyebut. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca dibawah ini

• Pembilang  = bilangan yang di bagi
• Penyebut   = bilangan yang membagi

Perhatikan :

2

3

Keterangan:
2 merupakan pembilang
3 merupakan penyebut

Jika pada pecahan campuran, terdiri atas bilangan bulat dan pecahan biasa. Perhatikan bentuk pecahan campuran berikut ini :

Keterangan :
3 merupakan bilangan biasa
1/2 merupakan pecahan biasa

Menghitung Bilangan Pecahan Campuran

Untuk bisa menghitung bilangan pecahan campuran maka harus mencari ubahan pecahan campuran ke pecahan biasa. Setelah itu baru melakukan
operasi hitung sesuai dengan perhitungan pecahan biasa, kemudian ubah pecahan biasa ke pecahan campuran untuk di sederhanakan.

1. Cara Menambahkan Bilangan Pecahan Campuran

Menambahkan bilangan pecahan campuran adalah proses perhitungan dengan operator tambah. Untuk itu terlebih dahulu anda harus mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa lalu baru lakukan proses penambahan seperti penambahan bilangan pecahan biasa. Jika masih bingung silahkan dilihat contoh soal dibawah ini.


Pertama, ubah masing-masing pecahan campuran tersebut ke pecahan biasa secara terpisah:


Setelah masing-masing pecahan campuran di ubah ke dalam pecahan biasa, lakukan proses penambahan sesuai dengan penambahan pecahan biasa.

Jadi, hasil yang di dapatkan :

Jika penyebutnya sama, maka langsung saja di tambahkan pembilangnya. Jika tidak, maka samakan dulu penyebutnya kemudian tambahkan pembilangnya jika sudah sama.

2. Cara Mengurangkan Bilangan Pecahan Campuran

Untuk cara mengurangkan bilangan pecahan ini terlebih dahulu ubah pecahan campuran ke pecahan biasa lalu dikurangi pecahan sesuai dengan cara sebelumnya. Lihat contoh dibawah ini :

Ubah masing-masing pecahan campuran tersebut ke dalam pecahan biasa secara terpisah,


Setelah itu, lakukan proses pengurangan (jika penyebutnya sama maka pembilang langsung di kurangkan, jika tidak samakan terlebih dahulu penyebutnya),

Jadi, hasil yang di dapatkan :

3. Cara Mengalikan Bilangan Pecahan Campuran

Caranya ubah terlebih dahulu pecahan campuran ke dalam pecahan biasa. Lalu lakukan proses perkalian sesuai dengan cara mengalikan pecahan biasa (pembilang di kalikan dengan pembilan dan penyebut dikalikan dengan penyebut). Lihat contoh dibawah ini :

Ubah terlebih dahulu pecahan campuran tersebut ke dalam pecahan biasa secara terpisah,

Kemudian, kalikan pecahan yang telah di ubah tadi dan kemudian sederhanakan jika di butuhkan.

Jadi, hasil yang didapatkan :

4. Cara Membagi Bilangan Pecahan Campuran

Caranya harus mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, lalu operasi pembagian ke pecahan yang sudah diubah dengan membalikkan pecahan sebagai pembagi (pembilang menjadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang). Setelah itu baru pengalian seperti hal yang telah dilakukan di atas.Lihat contoh soal dibawah ini

Pertama, ubah pecahan campuran ke pecahan biasa secara terpisah.

Kemudian lakukan pembagian dengan membalikkan pembaginya (pembilang jadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang). Setelah itu lakukan pengalian seperti pengalian sebelumnya.


Jadi, didapatkan hasil.


Kesimpulan :

1. Bilangan pecahan didefinisikan sebagai bilangan a/b. Dimana a merupakan bilangan bulat dan b merupakan bilangan buat (b tidak boleh sama dengan 0).

2. Bilangan pecahan campuran terdiri atas bilangan bulat dan pecahan biasa.

3. Cara menghitung bilangan pecahan campuran yaitu dengan 4 metode diantaranya penambahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian.

4. Perhitungan pecahan campuran hampir sama dengan perhitungan pecahan biasa, tetapi pada pecahan campuran terlebih dahulu diubah menjadi pecahan biasa.

Baca juga : Cara Menghitung Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai

Itulah sedikit informasi yang sudah saya berikan beserta contohnya bagaimana cara menghitung bilangan pecahan campuran.

Source:

pecahan campuran,cara menghitung pecahan campuran,cara menghitung pecahan,pecahan,contoh pecahan campuran,cara menghitung bilangan pecahan,Bilangan pecahan campuran,menghitung pecahan campuran,menghitung pecahan,contoh soal bilangan pecahan campuran

Cara Menghitung Pecahan Campuran Yang Benar | caraharian | 4.5