Cara Menghitung Denyut Nadi Normal Yang Benar

Monday, June 5th, 2017 - Medis

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan cara menghitung dari berbagai disiplin ilmu yang mungkin Anda butuhkan, Cara Menghitung Denyut Nadi Normal Yang Benar.

Denyut Nadi – Jantung merupakan bagian yang paling penting bagi tubuh manusia. Nah di kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menghitung berapa jumlah rata-rata detak jantung per menit.

Setiap aktivitas yang dilakukan pasti menghasilkan jumlah denyut jantung yang berbeda-beda seperti misalnya untuk yang sudah berolahraga dengan yang habis beristirahat atau tidur pasti jumlahnya tidak sama.

Detak jantung juga berfungsi untuk mengetahui kesehatan dari si pemilik tubuh tersebut apakah dalam keadaan bugar atau sedang sakit, untuk orang dewasa yang normal detak jantung idealnya adalah 60-100 kali per detik, ada beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah detak jantung tersebut seperti ukuran tubuh, tingkat emosi dan obat yang di konsumsi sebelumnya.

Sebenarnya setiap orang bisa mengukur sendiri detak jantung mereka tanpa menggunakan alat ukur seperti stetoskop. Caranya cukup tempelkan jari telunjuk dan jari tengah di pergelangan tangan atau bisa juga memakai tiga jadi para sisi leher kemudian hitung selama 15 detik dan setelah itu baru dikalikan empat maka itulah hasil akhir dari jumlah denyut jantung anda setiap menitnya.

Jadi jika anda memiliki denyut jantung yang tidak normal alias diluar batas padahal anda tidak melakukan aktivitas apapun lebih baik segera datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut karena dikhawatirkan terdapat masalah kesehatan yang serius. Nah waktu tepat untuk mengukur denyut jantung adalah saat bangun tidur di pagi hari.

Apabila setelah bangun tidur anda memiliki denyut jantung melebihi 100 per menit maka ada kemungkinan anda mengalami gangguan kesehatan seperti sakit tenggorokan, demam, haid atau masalah lain. Sedangkan untuk mengetes denyut jantung saat ingin berolahraga lebih baik pastikan jumlahnya terlebih dulu sebelum memulai aktivitas tersebut.

Apabila sudah diatas 100 lebih baik jangan olahraga dan kalau kurang boleh berolahraga namun di tengah latihan harus tes lebih dulu, kemudian jika sudah melebihi zone latihan maka sebaiknya kurangi intensitas latihan tersebut. Berikut cara menghitung denyut jantung yang mudah dan benar.

Cara Menghitung Denyut Nadi Yang Benar :

1. Tempel dan tekankan (Jangan
terlalu keras) tiga jari (telunjuk, tengah, manis) salah satu tangan
pada pergelangan tagan yang lain. Temukan denyut nadi kita. Setelah itu,
barulah kita mulai menghitung.

2. Hitunglah denyut nadi selama 15 detik. Kemudian, hasilnya dikalikan 4.
Angka-angka itu…

a. Denyut nadi normal     : 60 – 100/menit
b. Denyut nadi maksimal: 220 – umur
c. Zone latihan (training zone; yaitu tingkat intensitas dimana Anda bisa berolahraga) : 70% – 85% dari denyut nadi maksimal

Yang Mudah & Sulit Diukur

1. Olahraga tipe 1 : tidak memerlukan ke-trampilan khusus dan denyut nadi mudah diukur Misalnya: jogging, lari, bersepeda

2. Olahraga tipe 2 : memerlukan ke-trampilan dan denyut nadi sulit diukur Misalnya: senam aerobik, berenang

3. Olahraga tipe 3 : olahraga permainan dan denyut nadi sangat sulit diukur. misalnya: tenis, basket, bulutangkis

Tipe
1. Seperti jogging atau lari. Setelah latihan, kembali denyut nadi
diukur. Kalau sudah kembali ke denyut normal, berarti kita sudah boleh
mandi.

Baca juga : Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Dalam mengukur denyut jantung bisa juga dengan talk test yaitu caranya saat berjalan atau berlari anda bisa sambil ngobrol dan apabila merasa mulai ngos-ngosan maka sudah melewati zone latihan dan lebih baik kurangi intensitas lari tersebut.

Source:

cara menghitung denyut nadi,cara menghitung nadi,menghitung denyut nadi,rumus mencari denyut nadi,saat tepat menghitung denyut nadi,cara menghitung na,contoh cara menghitung nadi,waktu tepat mengukur denyut nadi,cara menghitung denyut nadi maksimal,bagaimana mengukur denyut nadi

Cara Menghitung Denyut Nadi Normal Yang Benar | caraharian | 4.5