Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yang Benar

Wednesday, April 12th, 2017 - Medis

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan cara menghitung dari berbagai disiplin ilmu yang mungkin Anda butuhkan, Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yang Benar.

Menghitung Masa Subur – Bagi wanita yang sudah berkeluarga tentu menginginkan segera memiliki momongan, tapi yang paling penting adalah harus tahu kapan masa subur sehingga bisa lebih cepat untuk memiliki keturunan. Sebenarnya cara menghitung masa subur wanita supaya cepat hamil tidak begitu sulit asalkan bisa memperkirakannya.

Masa subur merupakan salah satu proses dimana sel telur dilepaskan dari ovarium menuju saluran indung telur. Pembuahan sendiri hanya bisa terjadi setelah ovulasi, jadi pada intinya anda harus tahu kapan masa subur terjadi.

Perlu diketahui bahwa masa subur juga bergantung pada sirkulasi haid dan tentu setiap wanita tidaklah sama karena ada yang teratur namun ada juga yang terlambat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara mengetahui masa subur wanita

Menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya teratur 28 hari

Apabila anda adalah wanita yang siklus haidnya teratur yaitu 28 hari maka cukup mengurangi hari pertama haid yang berikutnya dengan 14 hari dan sudah bisa anda dapatkan masa suburnya.

Sebagai contoh misalnya saja hari pertama anda haid adalah tanggal 3 Mei. Berikutnya tambahkan dengan 28 dan itu adalah hari pertama haid anda selanjutnya.

Contoh 3 + 28 = 31.

Itu artinya hari pertama haid anda berikutnya adalah tanggal 31 bulan Mei tersebut.

Untuk mengetahui masa subur cukup kurangi saja 31 dengan 14 dan ketemulah masa subur anda. 31 – 14 = 17 sehingga didapatlah hari di mana anda berada dalam keadaan subur yakni tanggal 17 bulan Mei.

Gambar masa subur

Pada tanggal 17 tersebut adalah puncak masa subur karena pada waktu itulah anda berada dalam keadaan yang paling subur. Sedangkan pada 3 hari sebelum dan sesudah puncak masa subur tersebut adalah masa subur biasa.

Dengan demikian masa subur anda dalam seminggu adalah 14, 15, 16, 17, 18, 19 dan 20. Khusus untuk tanggal 17 adalah puncak masa subur.

Baca juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita

Menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur

Sementara itu untuk menghitung masa subur bagi wanita yang siklus haid tidak teratur sedikit susah karena harus tahu siklus haid selama 6 bulan terakhir. Kemudian tinggal kurangi siklus haid terpendeknya dengan 18 dan hasilnya yaitu hari pertama masa suburnya dan kemudian kurangi siklus haid terpanjangnya dengan 11 dan hasilnya adalah hari terakhir masa suburnya.

Sebagai contoh misalnya selama 6 bulan terakhir berturut-turut yaitu 27, 31, 28, 29, 30 dan 26. dalam siklus haid selama 6 bulan terakhir tersebut maka masa subur anda adalah :

Hari pertama masa subur anda: 26 – 18 = 8
Hari terakhir masa subur anda: 31 – 11 = 20

Itu artinya masa subur anda adalah pada tanggal hari ke-8 dihitung dari hari pertama anda haid sampai dengan hari ke-20. Dengan begitu apabila anda haid pada tanggal 3 Maret, maka hari pertama masa subur anda adalah pada tanggal: 3 + 8 = 11 dan hari terakhir masa subur anda adalah tanggal: 3 + 20 = 23.


Demikian informasi yang sudah saya sampaikan mengenai cara menghitung masa subur wanita baik bagi yang siklus haid teratur dan tidak teratur.

Menentukan masa subur wanita dengan alat Test Pack Kesuburan

Anda juga bisa mengetahui masa subur bagi wanita dengan siklus haid tidak teratur menggunakan test pack.

Keakuratan dalam cara ini bisa mencapai 95 persen dibandingkan cara sebelumnya. Cara menggunakannya cukup mudah anda tinggal mencelupkan alat test pack ini ke dalam air seni anda dan tunggu sekitar 5 menit.

Jika hasilnya positif (+) itu artinya anda sedang berada dalam keadaan subur, namun jika negatif (–) artinya anda belum berada dalam masa subur.

Source:

cara mengetahui masa subur wanita,cara menghitung masa subur wanita,cara menghitung masa tidak subur pada wanita

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yang Benar | caraharian | 4.5