Cara Menghitung Skala Peta Yang Benar

Wednesday, April 19th, 2017 - Matematika

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan cara menghitung dari berbagai disiplin ilmu yang mungkin Anda butuhkan, Cara Menghitung Skala Peta Yang Benar.

Rumus Skala – Di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara menghitung serta rumus skala peta. Mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menghitung skala tersebut karena dianggap rumit. Namun sebenarnya tidaklah mudah dan bahkan bisa dilakukan oleh anak SD sekalipun asalkan tahu rumus-rumusnya.

Perlu diketahui setiap peta pasti memiliki skala atau perbandingan antara yang ada di kertas peta dengan aslinya. Biasanya skala tersebut untuk menentukan jarak dan lain sebagainya sehingga bisa menjadi tambahan informasi.

Cara menghitung skala peta

a. Perhitungan dengan skala angka, anda bisa menggunakan rumus dibawah ini.

Berikut contoh menghitung jarak sebenarnya.

Pada sebuah peta berskala 1:10.000.000, jarak antara kota A dan kota B adalah 5 cm. Berapakah jarak sebenarnya antara kota A dan kota B?

Jawab:
Jarak sesungguhnya = 5 cm / 1 : 10.000.000
= 5 cm × 10.000.000 / 1
= 50.000.000 cm
Jadi, jarak sesungguhnya antara kota A dan B adalah 50.000.000 cm atau 500 km.

Dan berikut cara menghitung skala peta lengkap

Contohnya bisa anda ketahui seperti berikut.

Jarak antara kota C dan kota D pada suatu peta adalah 8 cm. Jarak sebenarnya antara kota C dan kota D adalah 160 km. Berapakah skala peta tersebut berdasarkan satuan cm?

Jawab:
Skala = Jarak pada Peta : Jarak Sesungguhnya
= 8 cm : 160 km
= 8 cm : 160.000.000 cm
= 1 : 2.000.000

Jadi, skala peta tersebut adalah 1 : 2.000.000

Baca juga : Cara Membaca jangka Sorong Yang Benar

b. Perhitungan dengan skala batang

Untuk menghitung cara ini kita harus menggunakan ukuran pada batang grafis atau garis tegak lurus yang terdapat pada gambar peta, biasanya masing-masing ruas mewakili jarak tertentu. Sebagai contoh misalnya :

Jarak antara Desa Tambakboyo dengan Desa Majasto pada peta dengan skala batang adalah 4 ruas. Satu ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka berapa jarak kedua desa sesungguhnya?

Karena setiap ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka jarak kedua desa adalah: 4 × 1 km = 4 km.

Source:

rumus skala,cara menghitung skala peta,rumus mencari skala,cara mencari skala,cara mencari skala peta,menghitung skala peta,menghitung skala,mengukur skala jarak peta,rumus skala peta,cara menghitung skala pada peta

Cara Menghitung Skala Peta Yang Benar | caraharian | 4.5