Cara Menghitung BMI (Body Mass Index)

Monday, May 8th, 2017 - Matematika

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan cara menghitung dari berbagai disiplin ilmu yang mungkin Anda butuhkan, Cara Menghitung BMI (Body Mass Index).

Menghitung BMI – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara menghitung BMI (Body Mass Index ) yang merupakan perhitungan kalkulasi berdasarkan tinggi dan berat badan seseorang untuk menentukan apakah orang tersebut punya tubuh yang ideal, gemuk, atau terlalu kurus.

Perlu diketahui apabila anda memiliki nilai BMI di angka 25 atau lebih maka harus lebih berhati-hati karena punya resiko berbagai penyakit yang lebih besar seperti jantung, obesitas, kanker, dan masih banyak lagi. Namun jika anda memiliki nilai BMI dibawah 18 itu artinya anda terlalu kurus dan sangat rentang sekali terhadap osteoporosis atau keroposan tulang.

Nilai BMI yang ideal adalah berada di angka 18 keatas sampai 27 kebawah. Jika anda bingung untuk bisa memperoleh tubuh yang ideal bisa berkonsultasi ke dokter gizi supaya lebih mengerti apa saja makanan yang bagus untuk tubuh dan bagaimana cara menjaga tubuh ideal yang sehat dan benar.

Menghitung BMI untuk wanita dan pria dengan usia diatas 20 tahun sebenarnya sama saja, sedangkan untuk dibawah usia tersebut sedikit berbeda. Untuk wanita angka BMI yang paling ideal adalah di angka 20 dan 25, sedangkan pada pria sangat dianjurkan memiliki BMI antara 23 sampai 25.

Rumus untuk menghitung BMI juga sangat sederhana dan mudah. Berikut ini adalah rumus untuk menghitung BMI :

BMI = Berat Badan / (Tinggi Badan * Tinggi Badan)

Keterangan :
-Satuan Berat Badan adalah Kilogram (kg)
-Satuan Tinggi Badan adalah Meter (m)

Baca juga : Cara Menghitung IMT ( Indeks Massa Tubuh )

Contoh cara untuk menghitung BMI (Body Mass Index)

Contoh 1:

Berat badan anda adalah 65 kg dan Tinggi Badan anda adalah 1,70 (170cm). Berapakah Indeks Massa Tubuh atau BMI anda ?

BMI = 65kg / (1,70 x 1,70)
BMI = 22,49 → Normal

Contoh 2 :

Berat badan anda adalah 75 kg dan Tinggi Badan anda 1,65 (165cm). Berapakah Indeks Massa Tubuh atau BMI anda ?

BMI = 75kg / (1,65 x 1,65)
BMI = 27,55 → Obesitas

Kategori BMI (Body Mass Index)

Berikut ini adalah Tabel Indeks Massa Tubuh atau BMI berdasarkan Departemen Kesehatan RI yang dibagi menjadi 2 Kategori yaitu kategori BMI untuk Laki-laki dan kategori BMI untuk Perempuan.

Kategori BMI untuk Laki-laki

Nilai BMI Kategori
< 17 Kurus
17 – 23 Normal
23 – 27 Kegemukan
> 27 Obesitas

Kategori BMI untuk Perempuan

Nilai BMI Kategori
< 18 Kurus
18 – 25 Normal
25 – 27 Kegemukan
> 27 Obesitas

Apabila Anda bingung bagaimana cara menghitung BMI bisa memakai kalkulator BMI yang tentu sudah disesuaikan dan pasti lebih akurat. Ini merupakan pengukuran standar dari International standard dan Singapore standard untuk orang Asia termasuk Indonesia.

Source:

menghitung bmi,cara menghitung bmi,rumus menghitung bmi,rumus body index international dan asia,perhitungan mass body kategori kalkulator,nilai bmi,cara kenghitung bmi,contoh dan rumus menghitung BMI,Cara menghitung Body Mass Index,cara menghitung BMI[body mass index)

Cara Menghitung BMI (Body Mass Index) | caraharian | 4.5