Cara Menghitung Matematika Dengan Cepat

Monday, May 29th, 2017 - Matematika

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan cara menghitung dari berbagai disiplin ilmu yang mungkin Anda butuhkan, Cara Menghitung Matematika Dengan Cepat.

Berhitung Cepat – Mungkin bagi sebagian orang untuk menghitung perkalian, tambahan, pengurangan dan lain sebagainya biasanya lebih memilih memakai kalkulator karena dianggap paling cepat, praktis dan akurat.

Lalu bagaimana jadinya kalau kita lupa tidak membawa kalkulator sedangkan ingatan kita sudah semakin lupa mengenai hasil hitung-hitungan tersebut. Sebenarnya saat di SD dulu kita sering diajarkan tentang bagaimana cara menghitung dengan bantuan tangan yang tentu lebih mudah dan bisa kita ajarkan ke adik dan anak kita nantinya.

1. Berhitung pengalian 6,7,8,9 dengan menggunakan jari tangan
Ini merupakan salah satu metode yang paling terkena dan banyak digunakan oleh semua orang, cara menghitung cepat perkalian menggunakan tangan ini sudah diajarkan sejak sekolah dasar dan dianggap paling akurat.

Caranya bisa anda lakukan mulai dari tandai dengan nomor imajinatif setiap jari kedua telapak tangan Anda, dimulai dengan jari manis dengan nomor 6 hingga jempol menjadi nomor 10.

Sebagai contoh misalnya apabila anda ingin menghitung perkalian 7 x 8 (gambar dibawah), maka cukup satukan kedua jari yang ditandai tersebut.

Angka dibagian bawah, termasuk jari yang dipertemukan adalah puluhan. (lihat gambar dibawah, 5 jari = 50)

Sekarang, kalikan sisa jari dibagian atas untuk mendapatkan angka satuan. (pada contoh, 3 jari tangan kiri dikalikan 2 jari tangan kanan = 3 x 2 = 6)

Gabungkan angka puluhan dengan satuan, 50 ditambah 6, hasilnya = 56

2. Berhitung cepat pengalian 9 versi pertama

Cara menghitung perkalian 9 yang perlu dicatat adalah untuk puluhan nilai angka semakin banyak maka untuk satuan nilai angka semakin menurun dan jumlah dari total puluhan ditambah satuan sama dengan sembilan.

3. Berhitung cepat pengalian 9 versi kedua

Apabila mengalami kesulitan dari cara pertama maka anda bisa mencoba melakukan metode yang kedua ini. Caranya beri nomor setiap jari di kedua tangan mulai dari jempol kiri nomor 1 sampai nomor 10 di jempol tangan kanan.

Sebagai contoh misalnya anda ingin menghitung perkalian 3×9 maka tinggak tekuk jari nomor tiga seperti gambar dibawah ini :

Kemudian lihat sisi jari di sebelah kiri jari yang ditekuk itu adalah puluhan, untuk contoh perkalian ini jumlah jari disebelah kiri adalah 2 = 20

Selanjutnya jumlah jari yang terdapat di sebelah kanan jari yang ditekuk adalah satuan, artinya untuk perkalian 3 x 9, jumlah jari sebelah kanan adalah 7.
sekarang gabungkan angka puluhan 20 ditambah angka satuan 7 = 20 + 7 = 27
Jadi 3 x 9 = 27

Sekarang coba lakukan perkalian 7 x 9

Tekuk jari ke 7, nilai puluhan adalah 6 = 60, dan nilai satuan adalah 3. Jadi 60 + 3 = 63
Hasilnya 7 x 9 = 63. Sangat mudah bukan?

4. Berhitung perkalian 11 dengan angka dua digit

Perhitungan ini perlu dua langkah mudah :
Yang pertama yaitu pisahkan kedua angka misalnya untuk angka pertama menjadi ratusan dan angka kedua adalah satuan.

Langkah kedua silahkan jumlahkan kedua angka tersebut dan hasilnya menjadi nilai puluhan. Kemudian gabungkan keduanya.


5. Mengalikan dua nilai puluhan

Metode yang satu ini akan sangat membantu anda dalam melakukan pengalian dua nilai puluhan dengan lebih cepat. Semakin besar nilai puluhannya maka semakin mudah mengalikannya. Cara ini ternyata cukup efektif untuk pengalian antara nilai 90 hingga 99.

Kurangkan setiap nilai dengan angka 100, misal 97 x 96, maka 100 – 97 = 3 dan 100 – 96 = 4

Tambahkan hasil pengurangan 3 + 4 = 7, lalu kurangkan hasil tadi dengan angka 100, menjadi 100 – 7 = 93.┬áHasil ini akan menjadi nilai ribuan (9) dan ratusan (3).

Kini kalikan dua angka pertama 3 x 4 = 12. Angka 12 menjadi puluhan dan satuan.
Satukan hasil akhirnya menjadi 9312. atau 97 x 96 = 9312


6. Pengalian double dan triple digit angka

Untuk cara lainnya adalah menggunakan metode garis dimana ini bisa dilakukan dengan 3 digit angka. Namun yang paling penting adalah ingat arah penulisan garis dari kiri ke kanan.

Mulai dengan menggambar garis diagonal yang mewakili setiap digit angka. Untuk mengalikan nilai lainnya gambarkan garis memotong seperti dibawah ini.

Pisahkan gambar garis menjadi tiga bagian/ area. Setiap area mewakili nilai ratusan, puluhan, dan satuan.


Hitung setiap titik pertemuan garis di tiap bagian lalu tulis satu demi satu. (kiri = 1, tengah = 6, kanan = 8).

Hasil dari perkalian 14 x 12 = 168.

Lakukan hal yang sama untuk menghitung angka 3 digit, ikuti metode diatas, tapi perhatikan kini Anda tidak memiliki 3 bagian tapi memiliki 4 bagian area yang harus dilingkari.

7. Membedakan tanda “lebih besar dari” dan “lebih kecil dari”

Cara membedakan dua tanda ini adalah dengan menambahkan garis melintang di awal tanda. |< akan menyerupai huruf “k” yang berarti “lebih kecil dari”. dan |> akan menyerupai huruh ‘b’ yang berarti “lebih besar dari”.

Cara lain yang lebih mudah adalah dengan metode garis dimana untuk mulut monster besar adalah “kurang dari” sedangkan untuk yang menutup berarti “lebih dari.”

Baca juga : Cara Menghitung Akar Pangkat 3 Dengan Cepat

Demikian tadi cara menghitung menggunakan metode mudah yang bisa kita berikan kepada anak ataupun adik kita. Metode-metode diatas sebagian belum pernah diajarkan di sekolah sehingga ini bisa menjadi tambahan wawasan bagi anda.

Source:

cara membedakan lebih besar dan lebih kecil,cara menggambar tangan dan jari,cara menghitung tambahan puluhan,perkalian cepat imajinasi

Cara Menghitung Matematika Dengan Cepat | caraharian | 4.5